Home Editorial 3 Mitos yang Dipercaya Gamers Saat Bermain

3 Mitos yang Dipercaya Gamers Saat Bermain

3 Mitos yang Dipercaya Gamers Saat Bermain

Gamers adalah sekumpulan orang yang senang sekali bermain game baik itu online maupun offline. Banyak hal yang mereka sangat butuhkan untuk kenyamanan bermain, akan tetapi karena minimnya informasi dan pemahaman tentang informasi tersebut, maka tak jarang banyak hal yang dipercaya oleh gamer adalah mitos semata. Berikut ini adalah 3 mitos yang dipercaya oleh gamers saat bermain.

 

#1 Upgrade RAM Memperlancar Jalannya Game

Jangan langsung percaya jika teman kamu berkata “Bro, upgrade RAM dong biar gamenya lancar”, karena semua itu hanyalah mitos. Fungsi RAM sebenarnya adalah sebagai wadah bagi program-program yang sedang berjalan layaknya ember yang terisi air jika sudah penuh maka ember tersebut tidak bisa menampung lagi.

Sama seperti RAM jika program yang dibuka semakin banyak maka RAM tidak akan bisa menampung program-program tersebut, jadi jika kamu ingin game kesayangan yang sering kamu gunakan berjalan dengan lebih lancar lagi maka yang terutama adalah upgrade Processor dan VGA, bukan menambah RAM dari PC kamu.

 

#2 Upgrade VGA dengan Kapasitas yang Sangat Besar

Processor bukanlah hardware yang sanggup mengolah grafik dengan baik maka dari itu PC membutuhkan VGA yang memiliki kualitas yang sangat bagus dan dapat menyeimbangkan processor (Baca: 5 Tips membeli hardware PC yang sesuai dengan kebutuhan), namun disini ada pengecualian yang mungkin membuat kamu berpikir apakah VGA 2GB sudah bisa melahap semua grafis yang dibutuhkan.

Kualitas VGA biasanya dapat kita tinjau dari jumlah bit dari VGA, tipe memory yang digunakan VGA, dan kapasitas memori dari VGA tersebut. Untuk itu mari kita kembali ke ember yang berisi air tadi. Ibu ingin memasak nasi, biasanya ibu membutuhkan 1 liter air untuk memasak nasi akan tetapi air yang tersedia hanya setengah liter saja. pertanyaannya adalah bisakah ibu memasak nasi yang enak dengan air setengah liter itu?.

Kejadian tersebut sama seperti memilih VGA yang sesuai dengan layar monitor yang kita miliki, jadi jika kamu memiliki layar 16 inci dengan resolusi maksimal 1366 x 768 pixel maka gunakan saja yang 1GB dengan tipe memori GDDR5 dan jumlah bit 128 atau yang lebih tinggi, namun jika kalian menggunakan LED TV yang biasanya lebih dari 22 inci maka gunakan yang 2GB atau lebih ini diperlukan untuk menghindari gambar yang kekecilan atau kurang kualitasnya saat nge-game di LED TV.

 

#3 Upgrade Kecepatan Internet

Bagi kamu penggemar game offline mungkin tidak akan pernah memiliki masalah dengan koneksi internetnya karena game offline memang tidak menggunakan internet untuk bermain. Namun bagi penggemar game online khususnya yang bersifat real time mungkin akan mendapatkan masalah berkenaan dengan kecepatan internet ini.

Banyak gamers yang berpikiran bahwa internet yang memiliki kecepatan lebih dari 1 Mbps bisa menjalankan game online dengan lancar, tapi tunggu dulu…apakah kecepatan transfer data ISP yang kamu gunakan tersebut sudah cepat? Untuk mengetahuinya kamu bisa ketik pada cmd perintah ping -t google.com

Kasus ini mirip seperti adi yang memiliki sepeda motor yang memiliki daya muat maksimal 10 kg dengan kecepatan mesin 110cc lalu temannya temon memiliki sepeda motor yang memiliki daya muat maksimal 10 kg dengan kecepatan 150cc. jadi pertanyaannya adalah siapakah yang paling cepat sampai jika mereka membawa barang dengan muatan 3 kg?.

Jadi jika kalian memiliki masalah dengan kecepatan transfer data dari sebuah ISP maka solusi paling tepat hanyalah ganti ISP nya, dan melihat kondisi yang ada di Indonesia sebaiknya gunakan internet kabel untuk nge-game. Menggunakan internet nirkabel seringkali bermasalah di kestabilan koneksi dan konsekuensinya game akan macet.

 

Itulah beberapa mitos yang seringkali dipercaya oleh gamer saat bermain. Apakah kamu mengetahui adanya mitos-mitos lain yang banyak beredar di kalangan gamer?

Bagikan penemuant kamu disini.

Seorang Web Designer, Web Developer MyBBID, mempunyai sedikit bakat dalam bidang Multimedia, dan sering berurusan dengan yang namanya PC/Laptop.

  • doblonk

    baru tau ane om, maklum gamer newbie :D

  • Ada mitos bahwa game memiliki bahasa universal. Sebentar lagi akan ada kamus game yang menyertakan istilah umum game seperti “555”, “putang ina moo”, dsb.

    *kabur*

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      wes emangnya DOTA 2?

      “Tang Ina Bobo”

    • Belum lagi game online dengan berbagai mitosnya.
      Jaman RO, hunt di Pyramid map Soldier Skeleton, jam 3 malem arah jam 2 sering dapet drop card.
      Atau kalau mau nempa musti pake skill macem-macem biar afdol.
      Musti ngadep utara selatan bla bla …
      Musti tumbalin item dulu biar ga pecah kalo nempa ….

      Banyak lah…
      Gw cuma geleng-geleng kepala ngeliat orang-orang pada percaya…. :p

      *on the side note, kayaknya kalo ada developer game yang kepikiran bikin algoritma dengan memasukkan kode-kode buat mitos, kayaknya seru kali yah… :D

  • goendoel

    ane rasa ugrade ram penting juga tapi menyesuaikan spek game yang akan dimainkan. misal game hanya jalan di 64bit ane rasa mesti nambahkan ram yg cuma 2GB jadi 4GB ato 6GB misalnya, karena OS 64bit sendiri sudah memakan ram >1GB

    • Rasshid

      betul banget masgun :)

  • ZAY

    :3 mitos yang ram tidak sepenuhnya salah mengapa
    bagi yang VGA APU mungkin perlu RAM Gede untuk membuat VGA semakin Gede

    untuk mendapatkan Dedicated Memory Graphic yang lebih banyak
    misal harus pasang 8 GB agar dapat VGA 2 GB

  • AboebAwanx

    Wkwkwkwk sejak kpan iy satuan kecepatan itu cc ??? Bkan km/j atau mil/h
    Pusing pala berbie

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      ^ Ts nya mabuk tuh.. perasaan cc itu buat satuan volume… kok malah kecepatan???

      • gak, emang bener tuh. kalo om kuliah jurusan mesin pasti ngerti dah.

        • Ida Bagus Anom Sanjaya

          ane masih SMA kelas 10….. bukan kuliahan.

        • AboebAwanx

          Ane jurusan mesin om. cc pda mesin itu satuan volume isi silinder (saat posisi top kompresi)

      • AboebAwanx

        Gpp lahh yg pnting udah brusaha ngejelasin. Itu kn cuma perumpamaan doank :v

      • Ivan Agustian

        walaupun TS sedikit salah, yg penting informasi yg disampaikan ngerti kok. malahan mudah dimengerti. Tetap smangat admin!

    • ZAY

      :v cc gak menjamin kecepatan ini hanya besaran luas volume pembakaran di kompresikan ?

      yang mempengaruhi laju cuman Energi yang di hasilkan dari pembakaran itu lebih besar atau lebih kecil

      kenapa gak pake RPM aja yah :3
      btw om jurusan mesin yah

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Upgrade RAM mungkin ada benarnya kalo spek pas pasan

  • Ane pernah upgrade RAM,
    total video graphics memory nya bertambah jadi: 2048 MB
    eh dedicated nya tetep, cuma : 384 MB
    cuma shared nya yang bertambah : 1664 MB

    gak ada perbedaan rasa waktu main game (tetep nge lag)

    • ZAY

      gak semua bisa om , dedicated nambah bagi yang punya processor APU

      • processor ane juga pas-pasan
        AMD E-300 APU with Radeon HD graphics 1.30 GHz

        btw maksud processor APU gimana ?

        • ZAY

          tergantung BIOSnya om ada opsi ganti VRAMnya gak ada juga beberapa yang otomatis tertambah mengikuti banyaknya RAM seperti punyaku HP14-G008AU AMD A8 With Radeon R5 Beema Dedicated awal 256mb tapi setelah upgrade ke 8GB Jadi 2 GB dedicatednya.

          • kayanknya punya ane emang cuma sharednya yang bertambah.
            selain itu Bios nya gak ada opsi seperti itu.

            btw slot RAM berpengaruh gak ya ? ??
            leptop ane punya dua slot RAM, slot pertama memang ada dudukannya buat si RAM, yang ke dua gak ada. ya udah ade upgrade ram nya dari 2 GB Menjadi 4 GB cuma di satu slot.

          • ZAY

            harusnya gak ngaruh tapi lebih baik di bikin dual chanel dari pada 1 chanel memory :v katanya kalau cuman 1 bisa nurunin peforma IGP apalagi di pake gaming yang berat.

          • oke lah om, thanks buat infonya.

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            di UEFI ada tp berkelipatan
            64
            128
            256
            512

          • masalah nya, gak pake UEFI om.

  • Nurcahya

    Paling sering masalah Ram tuh
    Banyak orang yang beranggapan Ram itu yang paling penting buat ngegame.
    Kayak temen sekelas saya, nanyain laptop saya Ramnya berapa GB, trus saya jawab 8GB. Dia langsung bilang “gila gede amat, semua game pasti bisa”

    • Fran Olnsen

      Wkkowok RAM tnpa VGA bisa apa ? :v Lucu tmen ente :v

  • Nomor tiga variabelnya kurang sip nih. Tambah dengan lewat mana itu motor mau dibawa (ISPnya). Yang tipe 110cc (speed max 80-100kmh) lewat jalan tikus, meliuk-liuk lancar walau ga kenceng (paket biasa, tapi pengguna dikit). Yang tipe 150cc (speed max 150-200kmh) lewat jalan protokol, macet marah karena banyak yang pake (paket advance dari ISP terkenal, tapi pengguna segambreng, congestion level dewa). Ya yang tipe 110cc yang nyampe duluan.

    Itu pun dengan asumsi dua-duanya koneksi stabil yah. Ga tau kalo tiba-tiba jalannya putus tanpa ada sambungannya lagi… :p

  • Ivan Agustian

    Sebelumnya cek dulu system req dr game tersebut. kadang game tersebut butuh vga tinggi tp cpu dan ram (anggap lebih rendah dr vga). ada yg btuh ram gede yg lain rendah, bahkan cuma butuh cpu gede. tp kbanyakan game bertopang pd vga.
    Walaupun tiap game minta tuntutan berbeda2, 3 komponen diatas saling mempengaruhi. sbg contoh mitos no1 kalo ram 2gb tp make game berat ada baiknya up ram minimal jd 4gb biar sdikit mmbantu kinerja game.
    Mitos no 3, game online cuma butuh ping kecil bukan bandwitch besar. kalo kcepatan internet yg dipakai cuma 512 Kbps (kecepatan download kisaran 70KBps) tp ping kecil dan stabil udah cukup buat brmain game online dg nyaman.
    Saran saya spek PC buat gamer pemula
    cpu boleh core i5 dual core (dg fitur HyperTreading) kalo ga core2 duo 2.0Ghz
    vga setidaknya gt640 klo budget sdikit lbih boleh pilih gtx660. Knp? soalnya vga tersebut dg harga cukup murah dapat spek yg cukup mumpuni. (kaya pocin siomay harga kecil dapat spek gede)
    ram min 4gb ddr3
    dengan spek bgitu udah bisa nglahap kbanyakan game2 berat dengan mulus (sett game mid atau bahkan high)
    kalo game online spek segitu dilibas semua dg set high dg catatan jaringan internet ping kecil (kisaran 80ms)

    • Bardan Anies

      bicara ma rumput yng bergoyang ya mas,,,( thanks infox :v )

      • Ivan Agustian

        namanya juga mabok, mau nanggepin apa ngga, ya terserah orang2 mas. Btw mas mabok juga?

    • Nur Rafis

      itu vganya apa ya kira” NVIDIA,INTEL

  • Ukasyah Rahmatullah Zada

    Hahaa luccu deh..

  • Evlan Mars

    Gue suka yang cerita “Ibu Memasak Nasi”!

  • Chris Karras

    awamnya cukup liat requirement nya aja, cuma toko yg bilang vganya gede, bagus..

  • klo saya mah ga msalah soal nya nggame pke console
    pc ya buat browsing dan menunjang krja
    jd ada tugas dan fungsi msing2 hhe

    • war commander

      klo saya memang nge game pakai laptop game jadi kg ada masalah
      pake laptop alienware m17x r4 jadi game seberat apapun lancar aja ….
      emang sih harga nya agak mahal …tapi kan sudah kebutuhan pekerjaan …

      • Rabbil AR

        behhh Alienware
        agan dev game ya?

  • Kazune Kawaii Loli Hunter

    ada jga pengaruhnya kok klo upgrade RAM… dlu pas RAM masih 2GB, maen game Battlefield beranya kebangetan, tapi setelah upgrade RAM jadi 4GB, maen Battlefield lancar full grafik + no LAG

  • war commander

    klo saya memang nge game pakai laptop game jadi kg ada masalah
    pake laptop alienware m17x r4 jadi game seberat apapun lancar aja ….
    emang sih harga nya agak mahal …tapi kan sudah kebutuhan pekerjaan …