3 Mitos yang Dipercaya Gamers Saat Bermain

Gamers adalah sekumpulan orang yang senang sekali bermain game baik itu online maupun offline. Banyak hal yang mereka sangat butuhkan untuk kenyamanan bermain, akan tetapi karena minimnya informasi dan pemahaman tentang informasi tersebut, maka tak jarang banyak hal yang dipercaya oleh gamer adalah mitos semata. Berikut ini adalah 3 mitos yang dipercaya oleh gamers saat bermain.

 

#1 Upgrade RAM Memperlancar Jalannya Game

Jangan langsung percaya jika teman kamu berkata “Bro, upgrade RAM dong biar gamenya lancar”, karena semua itu hanyalah mitos. Fungsi RAM sebenarnya adalah sebagai wadah bagi program-program yang sedang berjalan layaknya ember yang terisi air jika sudah penuh maka ember tersebut tidak bisa menampung lagi.

Sama seperti RAM jika program yang dibuka semakin banyak maka RAM tidak akan bisa menampung program-program tersebut, jadi jika kamu ingin game kesayangan yang sering kamu gunakan berjalan dengan lebih lancar lagi maka yang terutama adalah upgrade Processor dan VGA, bukan menambah RAM dari PC kamu.

 

#2 Upgrade VGA dengan Kapasitas yang Sangat Besar

Processor bukanlah hardware yang sanggup mengolah grafik dengan baik maka dari itu PC membutuhkan VGA yang memiliki kualitas yang sangat bagus dan dapat menyeimbangkan processor (Baca: 5 Tips membeli hardware PC yang sesuai dengan kebutuhan), namun disini ada pengecualian yang mungkin membuat kamu berpikir apakah VGA 2GB sudah bisa melahap semua grafis yang dibutuhkan.

Kualitas VGA biasanya dapat kita tinjau dari jumlah bit dari VGA, tipe memory yang digunakan VGA, dan kapasitas memori dari VGA tersebut. Untuk itu mari kita kembali ke ember yang berisi air tadi. Ibu ingin memasak nasi, biasanya ibu membutuhkan 1 liter air untuk memasak nasi akan tetapi air yang tersedia hanya setengah liter saja. pertanyaannya adalah bisakah ibu memasak nasi yang enak dengan air setengah liter itu?.

Kejadian tersebut sama seperti memilih VGA yang sesuai dengan layar monitor yang kita miliki, jadi jika kamu memiliki layar 16 inci dengan resolusi maksimal 1366 x 768 pixel maka gunakan saja yang 1GB dengan tipe memori GDDR5 dan jumlah bit 128 atau yang lebih tinggi, namun jika kalian menggunakan LED TV yang biasanya lebih dari 22 inci maka gunakan yang 2GB atau lebih ini diperlukan untuk menghindari gambar yang kekecilan atau kurang kualitasnya saat nge-game di LED TV.

 

#3 Upgrade Kecepatan Internet

Bagi kamu penggemar game offline mungkin tidak akan pernah memiliki masalah dengan koneksi internetnya karena game offline memang tidak menggunakan internet untuk bermain. Namun bagi penggemar game online khususnya yang bersifat real time mungkin akan mendapatkan masalah berkenaan dengan kecepatan internet ini.

Banyak gamers yang berpikiran bahwa internet yang memiliki kecepatan lebih dari 1 Mbps bisa menjalankan game online dengan lancar, tapi tunggu dulu…apakah kecepatan transfer data ISP yang kamu gunakan tersebut sudah cepat? Untuk mengetahuinya kamu bisa ketik pada cmd perintah ping -t google.com

Kasus ini mirip seperti adi yang memiliki sepeda motor yang memiliki daya muat maksimal 10 kg dengan kecepatan mesin 110cc lalu temannya temon memiliki sepeda motor yang memiliki daya muat maksimal 10 kg dengan kecepatan 150cc. jadi pertanyaannya adalah siapakah yang paling cepat sampai jika mereka membawa barang dengan muatan 3 kg?.

Jadi jika kalian memiliki masalah dengan kecepatan transfer data dari sebuah ISP maka solusi paling tepat hanyalah ganti ISP nya, dan melihat kondisi yang ada di Indonesia sebaiknya gunakan internet kabel untuk nge-game. Menggunakan internet nirkabel seringkali bermasalah di kestabilan koneksi dan konsekuensinya game akan macet.

 

Itulah beberapa mitos yang seringkali dipercaya oleh gamer saat bermain. Apakah kamu mengetahui adanya mitos-mitos lain yang banyak beredar di kalangan gamer?

Bagikan penemuant kamu disini.

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.