Home Editorial Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Windows 10 Anniversary Update

Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Windows 10 Anniversary Update

Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Anniversary Update_1

Microsoft merilis Windows 10 Anniversary Update minggu lalu, update yang bisa didapakan oleh publik tersebut, membawa sejumlah perubahan besar seperti fitur baru, perbaikan, serta stabilitas pada sistem itu sendiri. Special thanks bisa diberikan kepada Insider yang sudah ikut berkontribusi (dengan menggunakan Build Preview), sehingga membuat Update Final ini menjadi lebih baik.

Nah untuk kamu yang sudah menggunakan Anniversary Update, ada beberapa fakta yang sudah WinPoin rangkum dan perlu kamu ketahui.

Fitur Baru

Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Anniversary Update

Yup, karena merupakan major update jadi tentunya ini merupakan harapan utama dari sebagian besar orang yang ingin mencobanya. Ada banyak fitur-fitur baru yang sangat worth untuk dicoba, seperti Windows Ink, Bash Ubuntu, hingga minor tweak seperti penambahan opsi Dark theme pada Settings. Selengkapnya, 7 Fitur Baru Windows 10 Anniversary Update yang Layak Kamu Coba.

Fitur yang Dihilangkan

Disamping adanya fitur baru, ternyata ada juga fitur pada Threshold2 yang dihilangkan pada Redstone1 ini. Diantaranya:

  • Messanging Everywhere.
  • WiFi Sense.
  • Widget pada Action Center.
  • Battery Life.
  • Smarter Live Tiles.

Batas Rollback Hanya 10 Hari

Pada Threshold2 dan versi Windows sebelumnya, kita biasanya diberikan tenggat waktu sekitar 1 bulan (30 hari) untuk memutuskan apakah ingin rollback atau tidak, biasanya langkah ini diambil ketika mengalami masalah dengan sistem baru.

Tetapi pada Anniversary Update, Microsoft memotong waktu tersebut menjadi 10 hari saja. Selengkapnya, Hanya 10 Hari Saja Kesempatan Kamu Rollback dari Windows 10 Anniversary Update.

Bisa Diaktifkan dengan Lisensi Windows 7 / 8.x

Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Anniversary Update

Kabar baik untuk kamu yang ketinggalan penawaran gratis ke Windows 10, ternyata kamu masih bisa mengaktifkan Windows 10 Anniversary Update dengan menggunakan Key Windows 7 / 8.x.

Hal tersebut mungkin dibiarkan Microsoft untuk membuat pengguna Windows 7 / 8.x agar mau Upgrade ke Windows 10. Yah meskipun penawaran upgrade tersebut berlangsung 1 tahun lamanya, tetapi hingga artikel ini ditulis, Windows 10 masih jauh dibawah pengguna Windows 7. Selengkapnya, Kamu Masih Bisa Mengaktifkan Windows 10 dengan Lisensi Windows 7 atau 8.1.

Refresh Menjadi Sangat Mudah

Pada Anniversary Update (mungkin tepatnya semenjak preview Build 14342), Microsoft memberikan kamu kemudahan jika ingin menjalankan opsi Refresh. Karena jika sebelumnya dibutuhkan recovery media untuk melakukan refresh, maka sekarang kamu bisa menggunakan tool (yang nantinya akan mendownload ISO Windows 10) untuk menjalankan proses tersebut.

Selengkapnya, Cara Refresh Windows 10 dengan Tool Refresh Windows.

Hilangnya Partisi Linux (Dual Boot)

Pada update ini, muncul masalah pada beberapa pengguna yang dualboot dengan Linux, dimana mereka mengeluhkan partisi linux hilang setelah melakukan upgrade. Entah memang ini karena kesalahan user sendiri atau Windows, tetapi jika kamu mengalami hal tersebut kamu bisa menggunakan software TestDisk untuk menjalankan opsi recovery partisi linux.

Selengkapnya, Beberapa Pengguna Linux Menyatakan Kehilangan Partisi Setelah Upgrade Windows 10.

 

Nah itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Windows 10 Anniversary Update. Whats next?, jika kamu sudah berada pada Build ini, kamu bisa menunggu perbaruan Cumulative Update yang dirilis secara rutin atau kamu bisa masuk ke jalur Insider untuk mendapatkan Build Preview.

Untuk major update selanjutnya, tahun depan Microsoft (mungkin) berencana merilis Redstone2 dan Redstone3 atau mungkin ada nama baru lagi untuk major update tersebut.

Well, sampai hal itu terjadi kamu bisa membagian pengalaman menggunakan Anniversary Update melalui Thread kami di Forum WinPoin. Selain itu, kamu bisa berinteraksi dengan pengguna Windows 10 lainnya (dan saya juga hehe). See you there ;)

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.