Masih menjadi pembahasan hangat dari berita teknologi dalam negeri, Telkomsel resmi menjadi operator pertama yang menghadirkan jaringan 5G di Indonesia. Bagi kamu yang baru tahu tentang ini, berikut WinPoin akan berikan rangkuman mengenai informasi sejauh ini mengenai jaringan 5G Telkomsel.

Belum Merata

Tentunya peluncuran 5G ini dilakukan secara terbatas dan bertahap. Bahkan untuk jaringan 4G saja belum merata di Indonesia.

Jadi untuk tahap awal ini, jaringan 5G dari Telkomsel akan tersedia pada beberapa titik di Jabodetabek seperti Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, Kelapa Gading, BSD Serpong, Alam Sutera, dan JL. Widya Chandra (Jaksel). Kemudian ada 12 lokasi dari 9 kota yang juga kebagian pada tahap awal ini, antara lain Batam, Medan, Bandung (di ITB dan Universitas Telkom), Balikpapan, Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

Paket Data 5G Telkomsel

Pada tahap awal ini, Telkomsel merilis paket 5G Early Bird dengan kuota sebesar 125 GB seharga Rp 260.000. Namun, terdapat promo seharga Rp 26.000 yang berlaku hingga 26 Juli 2021 untuk pelanggan yang berada di daerah yang terjangkau sinyal 5G, pembelian bisa dilakukan melalui aplikasi MyTelkomsel.

Perangkat yang Mendukung 5G Telkomsel

Tentunya untuk bisa menikmati jaringan 5G, perangkat yang kamu miliki diharuskan sudah mendukung jaringan 5G dengan pita frekuensi 2,3 GHz. Selain itu, perangkat juga harus memiliki spesifikasi modem 5G yang mendukung band n40 (2300 MHz).

Berikut daftar perangkat smartphone yang saat ini bisa menggunakan 5G Telkomsel, dirangkum berdasarkan brand:

  • vivo: Vivo X60, Vivo X60 Pro, Vivo V21 5G
  • Huawei: Huawei Mate 40
  • Oppo: Oppo Reno 5 5G
  • Samsung: Galaxy A32 5G, Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, Galaxy S21 Ultra
  • Apple: iPhone 12 Mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max

Xiaomi yang menjadi salah satu brand smartphone terkenal di Indonesia tidak masuk pada daftar diatas, Jadi smartphone 5G dari Xiaomi seperti Mi 10, Mi 10T, Mi 10T Pro, POCO F2 Pro, POCO F3, dan Mi 11 tidak bisa menggunakan jaringan 5G Telkomsel karena tidak mendukung spektrum n40 yang digunakan Telkomsel.

Jika kamu memiliki HP diatas dan tidak bisa menggunakan jaringan 5G, maka kamu membutuhkan update software dari vendor untuk membuka konekivitas 5G.

Mau Pakai Jaringan 5G Buat Apa?

Tentunya ini merupakan pertanyaan yang sering diungkapkan ketika kamu mendapatkan jaringan Internet yang mempuni. So, jika kamu saat ini sudah bisa mencicipi jaringan 5G Telkomsel, apa yang akan kamu lakukan? bagikan pendapat kamu melalui kolom komentar ya!

Source: Kumparan, Detik, Kompas

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.