Dulu ketika pertama kali dihadirkan, saya cukup suka dengan Microsoft Edge, bahkan sampai menggantikan Opera Browser yang memang sudah cukup lama saya gunakan. Nah seiring berkembangnya Chromium, Microsoft juga mengembangkan dan menambahkan sejumlah fitur Ekslusif di Microsoft Edge, seperti Sleeping tabs, Web capture, Marh solver, dan lainnya.

Namun akhir akhir ini saya merasa bahwa ternyata hal tersebut justru membuat saya kurang suka dengan Microsoft Edge, kenapa? mari kita bahas dan beropini sejenak.

Terlalu Banyak Menu

Saya orang yang suka sesuatu yang bersifat minimalis, desktop Manjaro dan Windows 10 saya pun saya set agar terlihat seminimalis mungkin tanpa menghilangkan kegunaan utamanya.

Di Microsoft Edge, sayangnya berbeda seperti dahulu, ada banyak sekali menu yang akan tampil dihampir semua bagian, seperti Settings & more dan Context Menu yang bahkan nih jarang banget saya klik ada disitu.

Dari beberapa menu tersebut, ada beberapa yang tidak pernah saya akses sekalipun, dan menurut saya harusnya ada opsi untuk menghilangkan opsi dan menu tersebut melalui halaman Settings. Sayangnya opsi tersebut tidak ada dan itu menjadi keluhan para pengguna yang satu pemikiran dengan saya.

Terlalu Banyak Fitur

Cukup lucu memang, karena banyak orang lebih suka dengan banyak fitur di browser mereka, namun untuk saya, justru saya kurang suka, karena saya jarang sekali menggunakan fitur fitur tersebut, misalkan saja Math Solver, semejak saya lulus kuliah dan mulai bekerja, saya tidak pernah lagi menghitung soal soal matematika yang memusingkan fikiran, jadi rasanya fitur tersebut malah menjadi fitur yang saya abaikan.

Selain Math Solver, ada Microsoft Rewards dan Alert and Tips, yang sama sama tidak pernah saya gunakan dan akses sekalipun.

Menurut saya, harusnya fitur tersebut menjadi fitur opsional yang tidak harus hadir secara default, atau minimal pengguna bisa menonaktifkan fitur tersebut di halaman Settings.

Nah dua hal diatas adalah dua hal yang kurang saya suka di Microsoft Edge, sehingga saat ini Microsoft Edge hanya menjadi browser kedua saya saja selain Google Chrome yang saya jadikan browser default.

Meskipun begitu, ada banyak hal yang saya suka di Microsoft Edge, seperti fitur Collections, Sleeping Tabs, dan beberapa fitur lain yang memang menurut saya menjadi kelebihan Microsoft Edge.

Bagaimana menurutmu? apakah kamu setuju dengan opini saya diatas? komen dibawah guys.

  ⚡️ Review Logitech G435 Lightspeed: Mencari Headset Gaming Bluetooth Terbaik  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.