Sebuah hal mengejutkan hadir dari situs WinPoin, MacPoin dan DroidPoin, dimana mulai pada waktu perkiraan 10.30 WIB Tanggal 29 Maret 2021, ketiga Portal tersebut mengalami Down dan tidak dapat diakses sama sekali.

Masalah ini pertama kali saya ketahui sejak adanya laporan dari salah satu pembaca setia Reno Sifana Paksi di Twitter, dimana situs WinPoin ternyata tidak dapat dibuka, setelah saya coba telusuri ternyata memang situs ini mengalami masalah, bahkan dua situs lainnya (MacPoin dan DroidPoin) mengalami masalah yang sama.

https://twitter.com/PaksiReno/status/1376391603313467400?s=20

Oke singkat cerita, laporan tersebut langsung tersampaikan pada Febian yang mana sekarang sedang fokus fokusnya menjadi Youtuber, sebagai pengurus, admin, dan webmaster, Febian langsung mencoba mencari serta mengatasi masalah ini.

Spekulasi Masalah

Ada beberapa spekulasi penyebab masalah ini, mulai dari adanya DDOS Attack, Tema, Code, Plugin hingga masalah situs WinPoin yang menjadi penyebab crash nya dua website lainnya.

Tentu sebagai content writer, saya dan rekan rekan lainnya cukup kebingungan juga, “ini kenapa?”, “apakah mungkin ada yang hack?”, “atau server kelebihan beban?”… hmm sesungguhnya kami semua penasaran.

Setelah 36 Jam Berlalu…

Dari setelah banyaknya spekulasi yang terfikirkan, akhirnya Febian yang mana tampaknya telah cukup lama dan begadang menghabiskan waktu dengan bash console memberikan sebuah kabar baik dimana pada sore hari 30 Maret 2021, ketiga situs akhirnya dapat berjalan kembali, mendengar kabar ini, saya langsung coba membuka ketiganya dan yap, akhirnya WinPoin dapat diakses kembali.

Singkat cerita masalah ini disebabkan oleh corruptnya salah satu table didalam database, saya sendiri kurang tahu detailnya seperti apa, namun setelah perbaikan dan dengan dapat dibukanya kembali WinPoin dan Portal lainnya, kami sebagai content writer akan terus berusaha memberikan konten menarik dan informatif kepada pembaca semuanya.

Saya pribadi mengucapkan terima kasih pada kawan kawan pembaca setia yang telah menunggu dan melaporkan masalah ini baik via Mentions atau DM di Twitter, serta Editor In Chief Febian yang rela begadang dan mencoba mengatasi masalah ini secepatnya.

Semoga masalah ini tidak akan pernah terulang, dan semoga ketiga portal ini terus berkembang dalam memberikan informasi yang edukatif dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Terima kasih.