Seperti yang kita ketahui, hingga saat ini PWA cukup populer dikalangan para pengguna, terlebih mereka yang memiliki storage terbatas dan ingin menginstall banyak aplikasi di perangkat mereka.

PWA menjadi solusi terbaik seandainya pengguna ingin membuka sebuah layanan web dan tampak seperti aplikasi native pada umumnya, hanya saja sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa PWA masih “kurang” jika ingin disebut sebagai aplikasi yang mirip dengan “native app”.

Hal ini dapat dilihat dari bagian Title bar yang masih menampilkan PWA seperti website pada umumnya, dan tentu bagi para pengguna yang perfectionis maka hal ini tampak kurang enak dimata.

Nah seperti pada gambar diatas, gambar pertama adalah tampilan PWA saat ini, dimana Title bar masih muncul dan cukup memakan ruang yang lebar disana, sedangkan gambar kedua, ini adalah sebuah pengembangan baru yang baru baru ini telah terungkap. Disebut dengan Window Control Overlay, opsi ini nantinya akan menghapus bagian yang tidak diperlukan dan membuat PWA terlihat lebih mirip sebagai native app.

“This feature enables developers to build web apps which make better use of screen space and allows them to design their app to feel more like a native app. As devices become smaller for portability, the title bar consumes a larger fraction of the screen, leaving less room for the user to interact with the app,” Microsoft Edge’s Amanda Baker dalam sebuah technical document seen dilansir dari Techtsp.

Nah cukup menarik bukan, terlebih saat ini fitur Windows Control Overlay sudah dapat diaktifkan sebagai flags experimental dan dengan itu kamu juga langsung dapat mencobanya, hanya saja dengan catatan bahwa fitur ini masih berada di channel canary saja.

Namun, mau bagaimanapun PWA tetaplah web yang dibuat tampak seperti aplikasi Native, dan bukanlah aplikasi Native sungguhan, sehingga dalam kondisi tertentu kamu tidak bisa membukanya secara offline.

Nah bagaimana menurutmu mengenai Windows Control Overlay yang akan hadir di browser chromium ini? komen dibawah guys.

Via : Techtsp

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.