Dimuka bumi ini, layanan straming musik Spotify mungkin telah menjadi salah satu layanan populer dengan tidak kurang dari 320 Juta pengguna yang menggunakan layanan tersebut.

Namun, kabar buruk beberapa hari lalu hadir untuk Spotify, karena berdasarkan laporan terbaru, hacker telah menggunakan database sebesar 380 juta catatan yang berisi kredensial dan informasi peribadi dari berbagai sumber untuk melakukan hacking akun spotify, dari 380 juta tersebut, lebih dari 300.000 akun pengguna Spotify, hacker berhasil dapatkan.

Dilansir dari Borncity, informasi mengenai hal ini telah dibagikan oleh tim vpnMentor dimana mereka berhasil menemukan database Elasticsearch yang tidak aman di Internet dengan lebih dari 380 juta catatan, termasuk kredensial, dan data pengguna. Tidak jelas dari mana asal usul database tersebut, namun kemungkinan hacker telah menggunakan kredensial yang dicuri tersebut untuk digunakan mengakses spotify. Salah satu hal yang bisa menjadi salah satu upaya hacker mendapatkan kredensial tentu saja bisa melalui phising di Internet atau menggunakan aplikasi Spotify yang telah di Modifikasi.

Tidak lama setelah masalah ini ditemukan, spesialis keamanan vpnMentor menghubungi layanan musik Spotify dan menyerahkan informasinya, dan kabarnya Spotify bekerja sama dengan peneliti keamanan vpnMentor untuk membantu mengisolasi masalah ini.

Lalu apa yang harus kita lakukan?

Nah untuk kamu pengguna spotify, ada baiknya kamu segera mengganti password akun kamu, dan jangan pernah gunakan kredensial yang sama pada seluruh akun yang kamu punya, selain itu ada baiknya kamu juga tidak mengunakan aplikasi yang telah dimodifikasi untuk memastikan keamanannya.

Via : Borncity, vpnMentor

  Apple Watch Versi Xiaomi! Murah Banget Bos! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.