Pengen dapatkan Start menu baru tapi males pindah ke Insider Dev dan Beta Channel? Tenang kawan kawanku semuanya, karena ternyata di Windows 10 2004 atau May 2020 Update, kita bisa mengaktifkan Start Menu baru dari Windows 10 tersebut.

Penasaran gimana caranya? berikut WinPoin rangkum langkah langkahnya, tapi pastikan kamu baca dulu sampai akhir ya, karena ada beberapa hal yang wajib kamu tahu sebelum melakukan implementasi langkah ini.

Cara Dapatkan Start Menu Baru di Windows 10 2004

Langkah 1. Silahkan kamu download file Registry berikut atau melalui Link Alternatif berikut.

Langkah 2. Silahkan kamu Extract file Regedit tersebut, lalu selanjutnya silahkan kamu Merge file tersebut seperti biasa.

Langkah 3. Selanjutnya silahkan Restart perangkat kamu, dan setelah restart selesai, harusnya kini tampilan Start Menu akan sama seperti yang hadir pada Windows 10 Insider Build 19042.421 dan Insider Build 20161, berikut adalah screenshot hasil dari langkah diatas.

Windows 10 May 2020 Update – Sebelum
Windows 10 May 2020 Update – Sesudah

Selain mengaktifkan Start Menu baru seperti gambar diatas, Registry yang telah kita merge tersebut juga mengaktifkan Behavior ALT + Tab yang baru, dimana jika kita check pada halaman Settings > System > Multitasking, disana akan tampil beberapa opsi ALT + Tab.

Masalah?

Nah setelah mengaktifkan langkah diatas, ketika kita check versi Windows 10 melalui “winver”, maka disana Version 2004 akan menghilang, menjadi seperti pada gambar berikut.

Selain itu angka versions Windows 10 itu juga menghilang pada halaman About Windows di Settings, lalu ketika saya coba ALT + Tab Behavior baru tersebut juga tampaknya belum berfungsi dengan baik, namun selain masalah tersebut tidak ada masalah lain yang saya rasakan.

Cara Kembalikan Start Menu Default Windows 10 2004

Nah jika kamu tidak suka dengan Start Menu baru tersebut karena masalah yang saya sebutkan diatas, atau karena kamu pengen dapetin fitur tersebut sesuai dengan jadwal Microsoft, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut.

Langkah 1. Silahkan kamu buka Registry Editor.

Langkah 2. Selanjutnya seperti pada gambar diatas, silahkan kamu masuk ke Directory berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\FeatureManagement\Overrides

Lalu hapus folder “0” beserta seluruh isi didalamnya.

Langkah 3. Restart perangkat kamu, dan setelah restart selesai, silahkan kamu lihat kembali Start Menu Windows 10 May 2020 Update yang kamu gunakan, seharusnya Start Menu sudah kembali ke Posisi Default, bersama ALT + Tab Behavior baru telah dihilangkan, juga dengan Versions 2004 di Winver dan About Windows yang kembali muncul seperti biasa.

Setelah menghapus registry pada langkah 3 diatas.

Penutup

Start Menu baru tersebut memang tidak terlalu mengejutkan jika dapat hadir juga di Windows 10 2004, karena kabarnya Start Menu dan beberapa fitur lainnya akan hadir juga di Windows 10 Build 19042 yang merupakan update Cumulative dari Windows 10 Build 19041.

Baca Juga : Start Menu Baru Hadir Di Windows 10 20H2!, Inilah Fitur Baru Lain Yang Hadir di Build 19042.421

Selain itu meskipun fitur tersebut sudah dapat diaktifkan seperti pada langkah diatas, sayangnya mungkin kamu akan menemukan beberapa masalah seperti yang telah disebutkan, hal ini tentu karena fitur tersebut bukan dimaksudkan hadir di versi Windows 10 2004.

Nah kamu sudah coba langkah diatas? share pengalamanmu guys, ataukah kamu pindah ke Dev atau Beta Channel? komen juga..

Referensi : GHacks

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.