Pada event Microsoft 365 Developer Day kemarin, Microsoft mengumumkan sesuatu yang berkaitan dengan Windows 10X, yang mana mereka merinci bagaimana para developer dapat mulai membangun sebuah pengalaman baru dengan layar ganda untuk Windows 10 X.

Rekomendasi Artikel : Microsoft Bagikan Detail Lebih Lanjut Mengenai Windows 10X

Seperi yang sudah dijanjikan, Microsoft merilis emulator Windows 10X kemarin, dimana kini para developer bisa langsung mendownload dan menginstal Emulator Microsoft baru ini, dan mulai mengembangkan dan menguji aplikasi untuk Windows 10X.

“We focused on creating an emulator experience that behaves naturally and adapts to the different device postures,” kata Microsoft.

Microsoft juga merinci tiga pola layar ganda berbeda yang dapat diikuti pada developer untuk merancang aplikasi pada perangkat layar ganda baru ini, dan jelas tidak hanya terbatas pada Windows 10X. Pola layar ganda ini berlaku untuk Windows, Android, dan Web. Pola-pola ini sebagian besar berfokus pada mengambil keuntungan dari dual-screen form factor. Microsoft juga memamerkan aplikasi Windows 10 PicsArt yang akan beradaptasi dengan perangkat layar ganda dengan memiliki artboards di satu layar dan alat-alat di yang sisi lain dari layar.

Selain itu Windows 10 X akan hadir juga dengan sesuatu yang disebut dengan Wonder Bar baru yang menjadi salah satu yang di hightlight Microsoft, tampilannya tampak seperti Macbook Pro Touch Bar, hanya saja lebih besar. Wonder bar ini akan tampil seperti picture in picture mode mini preview dari aplikasi seperit Spotify, Netflix dan lainnya.

“This feature enables the familiarity of a laptop while increasing productivity by hosting system-provided input accelerators, and a virtual trackpad for precision mouse input,” Kata Microsoft.

Selain itu, Microsoft juga memamerkan bagaimana developer dapat membuat aplikasi layar ganda menggunakan dual-screen SDK for Xamarin.Forms baru. SDK baru ini mencakup kontrol TwoPaneView dan API yang memudahkan pengembang untuk membangun aplikasi layar ganda untuk Windows 10X dan Android. Seiring dengan SDK baru, Microsoft memperkenalkan dual-screen module for React Native yang akan memungkinkan pengembang untuk menambahkan dukungan untuk perangkat layar ganda ke aplikasi React Native mereka (untuk Android dan Windows 10X).

Cukup menarik sekali bukan, terutama jika kamu adalah seorang developer aplikasi. Nah jika kamu tertarik untuk mencoba emulator ini kamu bisa mendownloadnya pada halaman Microsoft berikut.

Via : Thurrot, Link terkait didalam artikel.

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.