iMessage memang hadir secara ekslusif untuk perangkat Apple saja. Namun semuanya tampak akan berubah beberapa saat kedepan.

Seperti dilansir dari News Softpedia, sebuah perusahaan bernama Amnesia Software telah mengembangkan sebuah aplikasi client server bernama Zen yang memungkinkan iMessage bekerja di perangkat Windows dan Linux.

“The server, Zen Bridge, runs perfectly on old, outdated Apple laptops and Mac Minis collecting dust. For a more ‘cloud’ approach, we’ve also had success with visualized Macs running on genuine Apple servers (which would not break Apple’s TOS, your iCloud will happily sign into it). Some VPS providers offer this for as low as $12 a month,” salah seorang developernya di Reddit menjelaskan.

Pasti akan menarik sekali untuk melihat berapa lama hal ini akan membawa apple untuk melarang layanan ini nih. Aplikasi saat ini memang masih dikembangkan, namun Amnesia Software sudah menyiapkan subscription plan mulai dari $3 dan $5 perbulan. Dalam waktu yang saya tersedia juga one time lifetime purchase dengan biaya $10 to $15.

Terkait Zen, hanya melakukan stream iMessage Activity tanpa melakukan tracking conversations, dengan tanpa ada log dibuat didalam server. Amnsesia Software menjelaskan.

Selain itu nih guys, mereka membanggakan apa yang digambarkan sebagai “hyper-customizable design,” sehingga pengguna dapat men-tweak CSS untuk mengubah tema, memodifikasi UI dan tata letak, dan membuat animasi baru.

Jadi kapan aplikasi ini akan meluncur? berdasarkan informasi dari halaman resminya Zen akan dirilis sekitar Maret 2020, dan Alpha Version akan hadir di bulan Februari ini.

So bagaimana menurutmu? Akankah apple menutup platform ini? silahkan berikan komentar dan opinimu dibawah.

Sumber : Amnesia Software, News Softpedia

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.