Home News HOT: Inilah 6 Edisi Windows 10 yang Bisa Kamu Pilih

HOT: Inilah 6 Edisi Windows 10 yang Bisa Kamu Pilih

HOT: Inilah 6 Edisi Windows 10 yang Bisa Kamu Pilih

Windows 10 akan hadir pada musim panas ini di 190 negara dengan 111 bahasa. OS terbaru dan penuh ekspektasi dari Microsoft ini direncanakan akan menghadirkan pengalaman menggunakan komputer yang lebih pribadi lintas perangkat. Sebuah pengalaman yang dioptimalkan untuk tiap jenis perangkat, tapi familiar untuk semuanya. Windows 10 akan mendayai berbagai macam perangkat – semuanya mencakup PC, tablet, ponsel, Xbox One, Microsoft HoloLens, dan Surface Hub. Lebih dari itu, Windows 10 juga akan menjadi OS untuk segala sesuatu di sekitar kita, termasuk perangkat pendukung Internet or Things, ATM, hingga perangkat pengukur denyut jantung, dan sebagainya. Hal menarik lain dari Windows 10 adalah penyatuan aplikasi sehingga kita hanya memerlukan satu Windows Store untuk seluruh perangkat yang menjalankan Windows 10! Betapa menakjubkan ketika ini terwujud nanti.

Dalam tulisannya di blog Windows Rabu kemarin, Tony Prophet, Corporate Vice President Windows and Search Marketing Microsoft menjelaskan berbagai tipe Windows 10 yang akan dirilis musim panas nanti, lengkap dengan berbagai fitur dan kegunaannya. Apa saja anggota “keluarga Windows 10” ini?

Berikut ini adalah daftar lengkap edisi Windows 10 tersebut:

 

Windows 10 Home

Bagi kamu pengguna rumahan yang menggunakan PC dan tablet untuk keperluan sehari-hari, maka Windows 10 Home adalah edisi yang paling tepat untuk kamu miliki. Di edisi ini kamu bisa melakukan hampir semua aktivitas komputing sehari-hari seperti mengerjakan tugas, mengolah dokumen, nge-game, browsing, menonton video, dan sebagainya.

Windows 10 Home juga sudah dilengkapi dengan smart assistant Cortana; browser modern Microsoft Edge; Continuum; Windows Hello face-recognition, login dengan menggunakan scan mata dan sidik jari; serta berbagai Universal Apps seperti Photos, Maps, Mail, Calendar, Music, dan Video.

Kamu juga sudah bisa mengakses Xbox gaming experience di Windows 10, sehingga bisa memainkan game Xbox One melalui Windows PC.

 

Windows 10 Pro

Windows 10 Pro memiliki semua fitur dari Windows 10 Home, hanya saja di edisi ini ditambahkan juga ekstra fitur untuk berbagai kebutuhan lain misalnya saja untuk keperluan usaha kecil dan menengah.

Windows 10 Pro dilengkapi dengan fitur untuk mengatur device dan apps secara efisien, melindungi data sensitif, support produktivitas mobile secara remote melalui cloud, dsb.

Windows 10 Pro ini telah mendukung CYOD (Choose Your Own Device) serta memungkinkan kamu untuk mendapatkan manfaat dari Windows Update for Business yang bakal menghemat biaya manajemen usaha, memberikan kontrol update deployment, serta mendapatkan update fitur dan security yang lebih cepat dari Microsoft.

 

Windows 10 Enterprise

Ini adalah versi Windows yang paling cocok digunakan untuk perusahaan kelas menengah keatas. Didalamnya sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan kemampuan untuk melindungi perusahaan dari serangan-serangan modern yang menargetkan device, indentitas, data privasi, serta aplikasi perusahaan.

Windows 10 Enterprise juga mendukung deployment OS, manajemen apps, dan dukungan range device yang lebih luas.

Pengguna Windows 10 Enterprise akan mendapatkan update fitur dan security dengan lebih cepat, namun demikian mereka bisa memilih kecepatan adopsi dari implementasi update tersebut bagi perusahaan mereka. Pengguna juga bakal bisa mengakses Long Term Servicing Branch.

 

Windows 10 Education

Windows 10 Education ini dibuat berbasiskan versi Enterprise, namun telah disesuaikan untuk keperluan sekolah dan edukasi, baik untuk staff, administrator, guru, dan murid. Pengguna Windows 10 Home dan Pro juga bisa melakukan upgrade ke versi Education ini.

 

Windows 10 Mobile

Ini adalah nama baru dari Windows Phone. Windows 10 Mobile merupakan versi Windows yang didesain khusus untuk smartphone dan tablet mini. Didalamnya kamu bisa menjalankan Universal Apps yang tersedia untuk Windows 10 versi desktop, lengkap juga dengan Office Universal Apps.

Windows 10 Mobile support Continuum for phone untuk menggunakan smartphone nya seperti sebuah PC saat dihubungkan ke layar monitor. Tentu saja fitur ini hanya bisa dinikmati di device yang hardwarenya mumpuni untuk menjalankannya.

 

Windows 10 Mobile Enterprise

Ini adalah Windows 10 Mobile yang didesain khusus untuk pengguna enterprise, baik itu karyawan ataupun pebisnis. Didalamnya telah ditanamkan fitur security dan produktivitas ekstra yang membuatnya lebih fleksibel bagi enterprise untuk memanage update.

Windows 10 Mobile Enterprise juga bisa langsung menikmati update security dan inovasi fitur begitu update tersebut tersedia.

 

Masih Ada Lagi

Menurut Tony Prophet, sebenarnya masih ada versi Windows 10 lainnya yaitu Windows 10 Enterprise dan Windows 10 Mobile Enterprise khusus untuk perangkat industri seperti ATM, retail point of sale, handheld terminal, dan robotika industri. Selain itu ada juga Windows 10 Internet of Things untuk perangkat berbiaya rendah (fungsinya di sini hanya sebagai gateway untuk menjalankan perangkat tersebut).

 

Upgrade Gratis

Itulah 6 edisi Windows 10 yang nantinya tersedia dan bisa kamu pilih. Dan seperti yang sudah kita kabarkan sebelumnya, pengguna Windows 7, Windows 8.1, dan Windows Phone 8.1 dengan lisensi aktif bisa melakukan upgrade secara gratis di tahun pertama perilisan Windows 10 Final.

Setelah terupgrade ke Windows 10 maka device kamu tersebut bisa menikmati update dan support Windows 10 tanpa batasan waktu.

Via: Blog Windows

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Ogik arimbawa

    Patut ditunggu ni Windows 10

  • Evlan Mars

    HOT article for me!!!!! gw pilih Windows 10 Home dan Windows 10 Mobile!!!

  • ambil Windows 10 Education aja deh

  • ryriadi

    Iya smoga kali ini benar……

  • YanDhika

    untuk ponakan, aku kasih yang education
    untuk rumah, ya home
    untuk pribadi, yang pro :D

  • Heri Paski

    Cara liat lisensi aktif gimana? Itu cuma buat PC atau hp juga? Soalnya hp ane pernah install ke win 10, terus ane downgrade. Apa itu ngilangin lisensi aktif? Maaf ya, ga ngerti hehe

    • Ivan Azzam

      Buat PC kok, HP mah Windows 10-nya gratis, Windows 10 seinget gw gratis untuk perangkat di bawah 10 inci, yang artinya tablet, smartphone gratis, jadi tenang aja

    • Mochammad Reza

      Buat smartphone mah pasti gratis gan,itu semua buat PC/dekstop

  • butuh yang education :)

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Pilih Pro saja

  • JoviKidz

    Laptop na kenapa ya? Asus, lesensi win8.1 asli. Nah pas update ke Windows 10 dag berhasil tapi start nya ngak bisa kebuka. Ada yang tw? :)

    • build 10074 ya om ?

      • JoviKidz

        Nah iyaa kak, itu knp yaa?? -_-

        • emang bug om,

          coba deh update windows (KB3061161)

          • JoviKidz

            Nah biasa nya kan di bagian properti computer ada tulisan Windows update, ini juga hilang ngak ada. :'(

          • coba deh, klik kanan si desktop. pilih personalize
            nanti agan akan ada si setting, lalu pilih kembali (tombol panah di pojok kanan atas)
            klik Update & scurity

          • JoviKidz

            Personalize dekstop nya ngak bisa di buka juga. Dari kemaren heran gimana cara Windows updatenya lagi ya. -_-

          • kalo run bisa gak (win key + R)

          • JoviKidz

            Kalau run bisa :)

          • coba di run ketik “powershell”

            pada saat powrshell terbuka, klik kanan icon windows powershell di taskbar, dan pilih “Run as Administrator”

            pastekan kode berikut:

            Get-ChildItem $env:windirSystemApps -Name “AppxManifest.xml” -Recurse | % { Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -ForceApplicationShutdown -Register ($env:windir + “SystemApps” + $_) }

            klik enter, tunggu beberapa menit. (pastikan akan ada progres),
            restart pc agan.

            kalo ada masalah coba konfirmasi apa yang terjadi.

          • JoviKidz

            Hhhmmm ngak tw ketiknya salah atau apa, tapi ngak ada proses apa2, -_-

          • coba cek di Task manager om, ada gak yang kayak gini ?

            http://s11.postimg.org/sw9c7pvyr/Screenshot_94.png

          • JoviKidz

            Kaga ada kok ya?

          • ternyata emang itu permasahanya.

            coba cari disini dan jalanin

            http://s4.postimg.org/8fdrt3a15/Screenshot_96.jpg

          • JoviKidz

            Resolusinya kecil fotonya, hahaa kaga kelihatan tulisannya. :3

          • coba di klik om.

            btw nih komentar udah kepanjangan, ane sih ingin bantu. add facebook ane aja gan. https://www.facebook.com/profile.php?id=100008990534798

          • JoviKidz

            Okee terimakasih banyak. :)

  • enterprise aja lah, buat jalanin software projector.

  • Ichsan Azhary

    Om Kiki kepanjangan dari IoT itu internet or things atau kah internet of things ? Di artikel tertulis internet or things.

  • Marwan Putra Haddy Ninghrat

    Gan saya pengguna surface 2 windows rt 8,1 .. Dan apakah nanti nya juga mendapatkan update w10 setelah dirilis secara resmi.. Mohon yang tau jawab yah.. Terima kasih..

  • Yamada-Kun 7 Nin Moujo

    huuuu nice (y) windows 10 pro i coming

  • berapaan hrga klo license key windows 8.1?

  • Agung Suhendro

    Pro ! Pro ! Pro ! Pro !

  • doblonk

    jadi entar pas mau update ada opsi pilihan itu dulu ? atau gimana :v

  • agoenk70

    190 countries and 111 languages
    itu termasuk bahasa indonesia ga ya? walaupun agak aneh sih menggunakan bahasa indonesia :) sepertinya saya tertarik ke versi Windows 10 Pro. kalau yang home takut ada yang di batasi fiturnya, trauma menggunakan windows 7 home dulu.

  • fajarnabilah

    laptopku skrg kan pake win 8.1 pro, nah nanti kalau mau upgrade ke win 10 itu dapetnya win 10 pro atau bisa milih 4 pilihan itu?

    • Ivan Azzam

      Upgrade ke jenis versi yang sama, kemungkinan ya Pro juga, kan misalnya punya Windows 8.1 Home, upgrade ke Windows 10 Home dst dst

  • Panerang Rizky Estiawan

    Cara melihat Windows Asli atau bajakan gimana? khususnya windows 8.1