Home News HP Membatalkan Produksi Perangkat Windows 10 Mobile

HP Membatalkan Produksi Perangkat Windows 10 Mobile

Mungkin tidak mengejutkan lagi, Hewlett Packard membatalkan rencana untuk memproduksi perangkat Windows 10 Mobile setelah pernyataan Microsoft yang menunjukkan ketidaktertarikan mereka melanjutkan ‘pertempuran’ di pasar smartphone dengan Google dan Apple. Nick Lazaridis, Presiden direktur wilayah Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, menyatakan kepada The Register bahwa HP sudah mengambil keputusan untuk membatalkan rencana produksi karena ‘tidak masuk akal’ jika terus membuat perangkat Windows 10 Mobile sementara Microsoft ‘memutuskan berganti strategi’ yang ‘tidak begitu berfokus’ pada Windows Mobile.

Tahun lalu, HP menyerbu dunia Windows Mobile dengan perangkat high end Elite X3. Perangkat ini dapat melakukan peranan ponsel, laptop, dan desktop menggunakan teknologi Continuum milik Microsoft. Elite X3 menggunakan dock untuk terhubung dengan monitor dan menggunakan fitur continuum Windows 10 Mobile, maka perangkat ini dapat berubah menjadi desktop. Lazaridis sebelumnya menyatakan bahwa HP berniat untuk memproduksi ‘sejumlah produk lanjutan’ untuk lini Elite, namun kini perusahaan tersebut berniat mengakhiri dukungan pada tahun 2019.

Perwakilan HP mengonfirmasi saat diwawancara The Verge. Juru bicara tersebut menyatakan bahwa HP berniat untuk ‘mengevaluasi rencana dengan Microsoft’ seiring dengan menurunnya minat Microsoft untuk ‘bertempur’ di ranah mobile. Meskipun begitu, tidak berarti HP akan segera menghentikan dukungan terhadap Elite X3. Mereka tetap akan mendukung para pengguna dan (yang menarik) kemungkinan melakukan penjualan dengan diskon untuk semua perangkat Elite X3 yang tersisa.

Mundurnya HP dengan Elite X3 ini mengonfirmasi masa depan perangkat Windows 10 Mobile yang kemungkinan tidak akan berlanjut. Semua perusahaan yang sudah memproduksi perangkat Windows 10 Mobile kemungkinan hanya akan ‘bertahan’ hingga masa support terhadap perangkat tersebut selesai, kemudian menyusun rencana lain.

Untuk HP sendiri, ‘solusi mobile’ akan dihadirkan dalam bentuk lain, akan tetapi mereka masih belum membicarakan secara resmi seperti apa bentuknya nanti. Rumor menyebutkan bahwa HP kemungkinan akan menggunakan OS Android untuk lanjutan lini Elite X3. Namun ini pun masih belum terkonfirmasi.

Bagaimana pendapat kamu tentang makin turunnya minat OEM terhadap Windows 10 Mobile (serta juga turunnya minat Microsoft sendiri)? Sumbangkan pendapat kamu di kolom komentar.

via: The Verge

  Pake PopBox Locker, Enak Nggak Sih?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta