Home News IBM Menemukan Cara Menyimpan Data di Atom, Revolusi Hardisk?

IBM Menemukan Cara Menyimpan Data di Atom, Revolusi Hardisk?

IBM Menemukan Cara Menyimpan Data di Atom, Revolusi Hardisk?

Hardisk yang kita kenal saat ini rata-rata menggunakan 100.000 atom untuk menyimpan 1 bit data, dan IBM baru saja menemukan cara untuk menyimpan data tersebut dalam hanya 1 atom saja!

Artinya dengan ukuran yang sama IBM bisa membuat hardisk berkapasitas jauh lebih besar, atau dengan kapasitas yang sama hardisk tersebut bakal berikuran jauh lebih kecil.

Namun demikian jangan harap hardisk revolusioner ini bakal segera tertanam di PC atau smartphone baru kamu, karena untuk saat ini statusnya masih dalam tahap penelitian. Lagipula untuk menyimpan 1 bit data dalam 1 atom saja, IBM harus mendinginkan sample tersebut sampai 5 derajat kelvin, menggunakan bahan metal yang langka bernama Holmium, serta menggunakan scanning tunneling microscope untuk membaca data.

Tetapi penemuan IBM ini membuka jalan baru bagi masa depan revolusi hardisk, dimana jika terealisasi dan diproduksi massal maka besar kapasitas penyimpanan bakal jauh lebih besar berlipat-lipat dari sekarang.

Sebagai informasi, IBM saat ini memang tengah on fire. Sebelumnya mereka baru saja sesumbar akan mulai menjual komputer kuantum dalam 5 tahun kedepan. (Baca: IBM Q, Jauh Lebih Canggih dari Semua Komputer Saat ini)

Apakah teknologi ini bakal diadopsi sampai dirilis massal ke publik? Atau hanya akan menguap seperti berbagai penemuan sebelumnya? Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Tetapi yang pasti, WinPoin akan kabarkan jika ada perkembangan terbaru seputar teknologi ini.

via nature

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.