Microsoft adalah salah satu perusahaan Amerika yang diperkirakan akan memutuskan hubungan dengan Huawei, menyusul perintah yang ditandatangani oleh Presiden Trump pekan lalu yang mana memberlakukan pembatasan baru pada perusahaan-perusahaan Cina.

Setelah Google melarang Huawei menggunakan versi Android yang dikembangkan Google, beberapa perusahaan lain memutuskan untuk mengakhiri kemitraan mereka dengan raksasa teknologi China ini, dan cepat atau lambat Microsoft akan melakukan hal yang sama.

Huawei MateBook X Pro, yang sering digambarkan sebagai salah satu rival MacBook teratas dengan body tipis langsing, dan cakepnya, sekarang tidak lagi siap untuk diperebutkan dari Online Store Microsoft. Seperti dikutip dari The Verge “bahwa perangkat tersebut masih tersedia di toko fisik, tetapi ini bisa berubah cepat atau lambat karena Microsoft memutuskan untuk berhenti bekerja dengan Huawei.”

Yang jadi pertanyaannya adalah, bagaimana nasib Windows di perangkat Huawei? apakah akan di banned dan dilarang juga, sama seperti Android di Huawei?. Terkait pertanyaan yang banyak ditanyakan ini, Microsoft tetap benar-benar membisu tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan Huawei. Pertanyaan yang lebih besar menyangkut lisensi Windows. Jika Microsoft melarang Huawei menggunakan Windows pada perangkatnya, perusahaan China mungkin harus beralih ke sistem operasi alternatif, yang bisa berupa Linux atau sistem operasi internal mereka.

Huawei sudah mengatakan sedang mengembangkan penggantian sendiri untuk Android dan Windows agar siap untuk menghadapi larangan pemerintah AS, tetapi sampai saat ini belum ada kejelasan lebih lanjut mengenai hal ini.

Nah bagaimana menurutmu? berikan komentarmu dibawah.

Via : The Verge, News Softpedia

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.