Inilah 7 Alasan Kenapa Kita Menggunakan Windows

Ada 3 sistem operasi desktop terpopuler di dunia yaitu Windows, Linux, dan OS X. Dari ketiga OS tersebut, Windows dan Linux lah yang paling sering saya gunakan. Hampir setiap hari saya bergelut dengan kedua OS tersebut untuk menyelesaikan berbagai macam tugas dan pekerjaan.

 

Setiap OS Punya Kelebihan dan Kekurangan

Baik Windows maupun Linux punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu juga dengan OS X. Hanya saja untuk OS X tidak kita bicarakan disini karena saya memang jarang menggunakan OS tersebut karena harga devicenya yang mahal.

 

Kenapa Menggunakan Windows

Menggunakan Linux memang menyenangkan (nanti di artikel selanjutnya saya akan bahas kenapa saya menggunakan Linux), tetapi untuk banyak hal produktif saya seringkali memilih untuk menggunakan Windows. Berikut ini adalah 7 alasan yang membuat saya memilih untuk menggunakan Windows dalam berbagai aktivitas saya sehari-hari:

 

7. Kompatibel dengan Banyak Hardware

Hampir setiap hardware dengan merk dan tipe apapun selalu memiliki driver untuk Windows. Kebanyakan driver tersebut bahkan sangat up to date dengan versi Windows yang terbaru. Hasilnya, komputer bisa bekerja dengan maksimal tanpa harus mengalami masalah kompatibilitas hardware atau performa hardware yang kurang maksimal.

 

6. Banyak Pilihan Software

Kalau berbicara tentang ketersediaan software, Windows tidak perlu ditanya lagi. Pilihan software untuk OS ini sungguh amat sangat banyak. Hampir semua software populer seperti Adobe Photoshop, VideoScribe, Camtasia, dan berbagai software populer lainnya bisa dijalankan di platform Windows.

Tidak hanya software berbayar saja, freeware dengan berbagai fungsi pun bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Dengan dukungan software yang lengkap tersebut maka kita bisa memanfaatkan komputer secara maksimal untuk menyelesaikan berbagai macam tugas dan pekerjaan.

 

5. Produktif untuk Bekerja

Banyak software yang mendukung pekerjaan kita tersedia di Windows. Mail Apps, PicPick, Camtasia, dan berbagai software lainnya bisa dijalankan di platform tersebut. Hasilnya kita bisa bekerja secara produktif dan maksimal.

Berbagai masalah di Windows juga bisa diatasi dengan mudah, bahkan Microsoft menyediakan FixIt Utilities dan tool troubleshooting yang seringkali bisa menyelesaikan masalah di Windows tanpa keahlian teknis.

 

4. Menyenangkan untuk Game & Hiburan

Windows bisa dibilang merupakan OS dengan fitur hiburan yang memuaskan. Bayangkan, segala macam codec tersedia hingga kita bisa menikmati berbagai jenis dan format video.

Hampir semua game desktop juga bisa dijalankan di Windows, bahkan mayoritas memang hanya tersedia untuk Windows dan tidak ada di OS lainnya.

Hal tersebut membuat Windows menjadi sebuah paket hiburan terlengkap bagi pengguna komputer.

 

3. Mudah Digunakan

Kita akui, Windows sangat mudah untuk digunakan. Semuanya bisa dilakukan melalui user interface dengan cara klik ini itu dan memilih opsi ini itu. Bahkan ketika ingin melakukan tweaking, berbagai tools yang siap pakai juga sudah tersedia.

Untuk pengguna pemula, Windows masih menjadi OS termudah dioperasikan. Hal ini tidak lepas karena Windows merupakan OS yang paling banyak diperkenalkan sejak dini di sekolah-sekolah. Bahkan perkantoran juga mayoritas menggunakan Windows sebagai OS di fasilitas komputing kantornya.

 

2. Modern dan Mengikuti Perkembangan Zaman

Di saat trend touch screen mulai populer, Windows hadir dengan versi Windows 8.1 Update. Bahkan saat era smart assistant sudah mulai terlihat, Windows 10 langsung hadir dengan Cortana didalamnya.

Maraknya penggunaan Cloud juga langsung diadopsi Windows dengan berbagai fitur berbasis Cloud, misalnya saja sinkronisasi settings dan Apps ke OneDrive, auto sync file ke OneDrive, live update melalui Windows Store, dsb.

 

1. Support Microsoft Office

Tidak diragukan lagi, produk Microsoft akan support dengan produk Microsoft lainnya dengan sangat baik. Demikian juga dengan Microsoft Office. Software Office terpopuler ini bisa berjalan di Windows dengan sempurna.

Karena banyak dokumen kerja kita yang menggunakan format Microsoft Office, maka Windows menjadi pilihan yang tepat digunakan sebagai OS saat bekerja.

 

Itulah 7 alasan kenapa kita menggunakan Windows.

Alasan setiap orang tentunya berbeda-beda. Lalu apa alasan kamu memilih untuk menggunakan Windows dalam penggunaan sehari-hari?

  Review Zoom H1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.