Dalam acara Build 2018 yang baru saja berlalu, Microsoft juga menyinggung masalah PWA (Progressive Web App) yang merupakan salah satu aset Google yang paling populer. Meskipun bukan ‘pengembang’ sistem ini, Microsoft juga termasuk perusahaan yang antusias akan pengembangan PWA.

Penasaran dengan acara Build 2018 tersebut? Kamu bisa menonton edisi lengkapnya di sini.

Jika kamu masih merasa asing dengan PWA, Winpoin kapan hari mengulas PWA dalam sebuah artikel khusus.

Intinya PWA memungkinkan pengalaman yang mirip dengan aplikasi dengan menggunakan browser. Kamu bahkan dapat memperoleh notifikasi dan mengaksesnya secara offline melalui browser. PWA ini merupakan alternatif menarik bagi para pengguna desktop, karena nantinya mereka dapat merasakan pengalaman ala perangkat mobile meskipun menggunakan desktop.

Berikut ini beberapa hal yang dijanjikan oleh Microsoft terkait PWA:

Microsoft ingin memberikan pengalaman PWA terbaik di platform OS mana pun. PWA secara alamiah didukung di Android dan Chrome OS, dan diharapkan akan ada dukungan native pada macOS dan iOS segera. Akan tetapi Microsoft menginginkan agar Windows 10 menawarkan pengalaman terbaik saat menjalankan PWA di salah satu platform OS ini. Hal ini sesuai dengan tujuan Microsoft untuk aplikasi Windows. Aplikasi native Windows diharapkan untuk lebih powerful, lebih bermanfaat, dan lebih kaya fitur dibandingkan dengan platform lain.

Windows 10 menyediakan PWA dengan dukungan bagi sejumlah fitur native. Hari ini di Windows 10 versi 1803, developer dapat menambahkan fitur native OS seperti integrasi password, integrasi bersama, integrasi notifikasi dan Action Center, menyematkan tile Start, dukungan jump list, Timeline, dan penanganan protokol. Yang terakhir ini berarti bahwa PWA email bisa dikonfigurasi seperti klien email default kita di Windows 10.

PWA dapat mengakses kode native di Windows 10. Ini akan sangat berfokus pada developer. Intinya adalah developer akan lebih mudah mengembangkan PWA, meskipun menggunakan bahasa yang berbeda. Ini merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh developer selama ini.

PWA masih belum selesai. Rilis PWA yang didukung dalam Windows 10 hanyalah sebuah awal. Burtoff yang melakukan presentasi mengenai PWA di acara Build 2018 tersebut menyatakan bahwa fitur-fitur PWA tambahan akan segera hadir dalam rilis Windows 10 selanjutnya. Sebagai bocoran: Microsoft saat ini sedang mengeksplorasi sesuatu yang disebut Fluent Web, yang mana akan menghadirkan Fluent Design System ala Microsoft ke PWA

Demikianlah hal-hal yang dijanjikan oleh Microsoft seputar PWA kemarin. Apakah ada bagian yang menarik perhatian kamu? Ungkapkan pendapat kamu di kolom komentar.

 

 

Sumber: Thurrott

  Stop Kontak Pintar, Sepintar Apa?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.