Salah satu fitur April 2018 Update untuk Windows 10, yaitu Nearby Share, memungkinkan pengguna dengan mudah mentransfer file dari satu PC atau laptop Windows 10 ke PC lainnya, diumumkan akan mendapatkan perluasan dukungan bagi perangkat Android dan iOS. Jika kamu awam dengan fitur ini, maka ini adalah skema baru dari Windows 10 yang memungkinkan dua laptop atau PC Windows 10 yang saling berdekatan untuk berbagi file atau tautan. Nearby share adalah jawaban untuk kamu yang menggunakan laptop dengan port minimalis (misalnya Surface Laptop yang hanya memiliki port USB-C di perangkatnya).

Pada salah satu sesi di Build 2018 yang baru saja berlalu, Microsoft mengonfirmasi bahwa fitur Nearby Share akan mendukung pengiriman file dan tautan dari perangkat Android ke PC Windows 10.

Fitur tersebut didemonstrasikan dalam konteks integrasinya ke aplikasi dengan cara menambahkan SDK Project Rome ke aplikasi iOS atau Android.

Fitur ini menggunakan Bluetooth untuk mendeteksi PC dan akan memutuskan secara otomatis apakah akan menggunakan WiFi atau Bluetooth dalam transfer file, bergantung pada jaringan yang diajak berbagi berada di jaringan yang sama atau tidak.

SelaS

Sayangnya, Microsoft mengonfirmasi bahwa fitur ini belum tentu akan menjadi bagian share umum di perangkat iOS atau Android. Meskipun demikian, Microsoft akan mengupayakan agar hal tersebut dapat dilakukan, karena tentu saja akan sangat membantu pengguna jika ini terwujud.

Berapa lama lagi kita akan menerima fitur ini? Kemungkinan akan ada aplikasi khusus di Android dan iOS (semacam Photo Companion) yang memungkinkan perangkat tersebut nantinya terhubung ke PC Windows 10.

Bagaimana menurut kamu? Apakah fitur ini nantinya merupakan salah satu tawaran yang menarik untuk terus menggunakan Windows 10?

Sumber: MSPoweruser

  Stop Kontak Pintar, Sepintar Apa?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.