Home News Inilah Top 5 Brand Smartphone Terlaris Sepanjang Tahun 2015

Inilah Top 5 Brand Smartphone Terlaris Sepanjang Tahun 2015

Inilah Top 5 Brand Smartphone Terlaris Sepanjang Tahun 2015

IDC baru saja merilis data statistik yang menunjukkan brand smartphone beserta detail shipment volume dan market share nya sepanjang tahun 2015. Hasilnya tidak begitu mengejutkan, Samsung masih berada di urutan pertama, disusul oleh Apple, Huawei, Lenovo, dan Xiaomi.

Inilah Top 5 Brand Smartphone Terlaris Sepanjang Tahun 2015

Sepanjang tahun 2015 kemarin Samsung berhasil menjual 324.8 juta smartphone, disusul dengan Apple yang mampu menjual hingga 231.5 juta iPhone. Huawei juga mampu manunjukkan taringnya dengan penjualan hingga 106.6 juta smartphone. Sedangkan Lenovo dan Xiaomi bersaing ketat dengan masing-masing 74 juta dan 70.8 juta smartphone.

 

Pertumbuhan Positif

Menariknya semua top 5 brand smartphone tersebut mengalami pertumbuhan yang positif. Artinya dibandingkan tahun sebelumnya, pembelian smartphone memang meningkat tajam secara merata.

Dilihat dari pertumbuhannya Huawei menjadi brand dengan pertumbuhan tercepat mencapai 44.3% peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sedangkan Samsung menjadi yang terlambat dengan 2.1% pertumbuhan saja. Untuk brand lainnya pertumbuhan berkisar di angka sekitar 20%.

 

Didominasi Android & iOS

Dari top 5 brand smartphone terlaris sepanjang tahun 2015 tersebut, Microsoft terlihat tidak berada disana. Hal ini membuat platform smartphone terlaris tetap didominasi oleh Android & iOS.

 

Bagaimana dengan Windows 10 Mobile?

Kini jika Microsoft memang masih ingin platform smartphone nya kompetitif di dunia mobile, maka tumpuan mereka ada di Windows 10 Mobile. Microsoft tidak boleh main-main dalam pengembangan dan perilisannya, karena jika hal itu terjadi bukan tidak mungkin fans loyal yang selama ini selalu setia menggunakan Windows Phone bakal melakukan migrasi ke platform lain di pembelian smartphone berikutnya.

WinPoin sendiri berharap Windows 10 Mobile bisa menjadi titik balik bagi Microsoft untuk semakin kompetitif di dunia mobile. Terlebih dengan diperkenalkannya Universal App yang bisa berjalan di PC, tablet, dan smartphone.

Tetapi tentu saja harapan ini tidak akan berarti jika Microsoft sendiri tidak benar-benar fokus untuk mewujudkan dan merealisasikannya.

Bagaimana menurut analisa kamu, akankah smartphone berbasis Windows bakal semakin kompetitif pasca perilisan Windows 10 Mobile nanti?

Bagikan analisa kamu disini

data via IDC

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.