Home Tutorial Inilah yang Harus Kamu Lakukan Saat Lupa Password Wi-Fi

Inilah yang Harus Kamu Lakukan Saat Lupa Password Wi-Fi

Inilah yang Harus Kamu Lakukan Saat Lupa Password Wi-Fi

Apakah kamu lupa dengan password Wi-Fi di rumah? Untung beberapa device bisa tersambung secara otomatis dan tidak perlu memasukan password lagi. Karena adanya fitur ini di smartphone dan laptop, kamu jadi jarang memasukkan password Wi-Fi. Tidak hanya kamu yang pernah mengalami masalah ini, sebelumnya WinPoin juga pernah mengalaminya. Untungnya WinPoin memiliki beberapa cara untuk melihat kembali password atau jalan terakhir melakukan reset Wi-Fi.

Berikut ini WinPoin akan memberikan trik yang memungkinkan kamu melihat password Wi-Fi kembali dari device yang telah terhubung. Atau jika tidak ada maka kamu bisa menggunakan cara reset router Wi-Fi.

 

Melihat Password Wi-Fi dari Laptop yang Pernah Login

Jika sebelumnya ada laptop yang pernah login ke jaringan Wi-Fi, cara terbaik untuk menemukan kembali password yang telah hilang adalah melihatnya dari laptop tersebut. Windows dan Mac bisa menyimpan password Wi-Fi yang telah kamu masukkan. Kamu tidak bisa dengan mudah menemukan password Wi-Fi di device lainnya, seperti Android yang telah di-root dan iPhone atau iPad yang telah di-jailbreak.

Untuk melihat password Wi-Fi yang telah tersimpan di Windows, buka daftar dari wireless network di Control Panel. Cara cepatnya kamu bisa menekan Win+R dan ketikkan ncpa.cpl, tekan Enter. Klik kanan pada Wi-Fi Network yang tersimpan dan pilih Status dan klik Wireless Properties. Kemudian klik tab Security dan lihat “Show characters” untuk melihat password Wi-Fi.

Inilah yang Harus Kamu Lakukan Saat Lupa Password Wi-Fi

 

Melihat Password Wi-Fi di Router

Kamu juga bisa melihat password Wi-Fi di router Wi-Fi. Ketika kamu tidak bisa terhubung ke jaringan Wi-Fi, setidaknya kamu masih bisa mengubungkan Wi-Fi ke laptop atau komputer secara langsung dengan kabel Ethernet.

Ketika komputer atau laptop sudah terhubung ke router Wi-Fi, kamu hanya perlu membuka IP Address dari router itu. Biasanya di box atau router Wi-Fi itu sendiri ada IP Addressnya. Kemudian ubah IP Address kamu dengan IP Address router Wi-Fi. Setelah kamu mengakses IP Address dari router Wi-Fi, kamu harus login dengan username dan password default yang biasanya juga tertera pada box atau router itu sendiri.

Setelah login pergi ke menu Wireless (tergantung dari merek router Wi-Fi yang kamu gunakan) dan kamu akan melihat password Wi-Fi. Kamu juga bisa mengganti password Wi-Fi tersebut dari menu ini.

Inilah yang Harus Kamu Lakukan Saat Lupa Password Wi-Fi

 

Reset Router Wi-Fi Kamu

Jalan terakhir yang bisa kamu tempuh ketika sudah tidak bisa melihat password Wi-Fi lagi adalah reset router Wi-Fi. Dengan melakukan reset router Wi-Fi maka ia akan kembali ke pengaturan pabrikan. Semua pengaturan router Wi-Fi seperti username dan password login akan kembali seperti semula. Dengan begini kamu bisa login ke router Wi-Fi dan mengubah password Wi-Fi seperti yang kamu inginkan.

Untuk melakukan reset router Wi-Fi, biasanya perusahaan menempatkannya di router Wi-Fi sebagai tombol kecil atau di dalam lubang yang seukuran jarum. Mungkin kamu membutuhkan jarum atau tusuk gigi untuk reset router Wi-Fi. Setelah kamu menemukannya, cukup tekan selama 10 detik atau hingga lampu router melakukan reboot. Setelah itu kamu hanya perlu mengatur router Wi-Fi dari awal lagi.

Inilah yang Harus Kamu Lakukan Saat Lupa Password Wi-Fi

 

Jika kamu sudah mengubah password Wi-Fi maka kamu juga harus menghubungkan kembali semua device yang sebelumnya terhubung dengan password Wi-Fi baru. Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika lupa password Wi-Fi.

Ada tips atau trik lain untuk mengetahui password Wi-Fi ketika kamu melupakannya? Tinggalkan di kolom komentar di bawah ini, siapa tahu akan membantu buat user lainnya.

  Solusi Laptop Minim Storage  

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • wb

    ada freeware untuk memudahkannya bila ingin lihat password wifi yang pernah nyambung di komputer anda, coba ke https://www.magicaljellybean.com/wifi-password-finder/

  • Taufik Akbar Wibowo

    ad yg g bs min klo cek dr webpage routernya. Krna udh diencrypt jd g bs diliat. walaupun udh pake addon show password (firefox atau chrome). pnya ane nih merek Huawei routernya g bs diliat lg dah password wifi maupun password ispnya :3

  • Rievky Benity

    kalo ane sih simple, buka 192.168.1.254/192.168.1.1

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Solusi terbaik.. aktifkan WPS & Hafal mati PIN Router..

  • ahmad faizul muafi

    bagus aku juga pernah

  • Labib Muhammad

    Apa cuma aku disini, yang semangat baca ini buat nge-hack wi-fi orang?

  • Farhan Ikbal

    Seharusnya sih ada dengan mengunakan fitur WPS. Tapi saya sarankan untuk mematikan fitur tersebut karena itu menjadi celah untuk para pembobol wifi

  • pakai beberapa software juga bisa min :D

  • YanDhika

    kalau salah sodok gimana min :v ?

  • Farid Hasan

    Pake QSS juga bisa min, tinggal pencet aja di routernya nyambung deh