Home Review Review Microsoft Windows 10 Insider Preview Build 10158

Review Microsoft Windows 10 Insider Preview Build 10158

reviewbuild10158_1

Microsoft telah merilis Build terbaru ke Fast insider tadi pagi, dan ada sekian banyak fitur yang dikeluarkan mengingat perilisan RTM memang sudah semakin dekat. Dari yang sudah kita uji coba, sepertinya Build ini lebih memfokuskan dalam hal perfoma, tweak, dan experience bagi para insider.

Di build ini juga sudah include nama brand Microsoft Edge yang merupakan pergantian nama dari Project Spartan, lalu pada bagian UI juga telah mendapat perbaikan, dan perbaikan title bar untuk Win32 Apps. Untuk selengkapnya, kali ini WinPoin akan memberikan Review Windows 10 Insider Preview Build 10158.

NB : Artikel ini akan menampilkan uraian hal-hal baru dari Build 10130 ke Build 10158. Jadi sebagian besar fitur-fitur yang sudah keluar mungkin suda ada pada leaked build sebelumnya.

 

New Desktop Wallpaper

reviewbuild10158_2

Dibuild ini terdapat 3 Wallpaper baru yang secara default terpasang pada desktop. Jika kamu yang tertarik ingin mendapatkannya, kamu bisa mendownloadnya disini.

 

Start Menu

Banyak terjadi perubahan icon pada Start Menu terutama pada Modern Apps seperti Camera, Mail, Calculator, dsb, dan juga untuk Icon-icon jumplist yang di Pin pada Start Menu (yang mana pada build-build sebelumnya hanya menampilkan icon smiley).

reviewbuild10158_22

reviewbuild10158_20

 

Transparan efek pada Clock

Pada Clock, telah update tampilanya dengan menambahkan transparansi background. Ini juga berlaku pada notifikasi, action center, dll.

reviewbuild10158_3

 

Cortana Improvement

Pada build ini juga, Cortana telah di update lagi untuk user experience yang lebih baik. Sekarang cortana dapat mengirim email, caranya cukup berkata “Send an email”. Kemudian pilih email yang akan dituju dari kontak Outlook (disini kamu dapat memilih lebih dari satu kontak).

reviewbuild10158_5

Kemudian kamu dapat mengisi Subject dan Message dengan ucapan ataupun dengan mengetiknya secara manual. Dan tentunya ini membutuhkan koneksi internet dan harus berada di region US terlebih dahulu.

reviewbuild10158_4

Fitur ini juga hadir pada Cortana di Perangkat Windows Phone di Windows 10 Mobile Build 10149, yang berarti Cortana sudah mencapai tahapan final. (Baca Juga: Review Windows 10 Mobile Insider Preview Build 10149)

 

Microsoft Edge

Mungkin hadirnya branding Microsoft Edge adalah hal pertama yang kamu sadari ketika mencoba build ini. Yap, Microsoft Edge sekarang telah sepenuhnya mengantikan nama Project Spartan. Selain mengganti nama, Edge juga hadir dengan beberapa fitur baru seperti opsi Light dan Dark theme, yang mana ini merupakan salah satu top request dari anggota Insiders.

reviewbuild10158_6

Telah hadir fitur manage password. yang memudahkan untuk mengatur password kamu dari setiap site yang dikunjungi.

reviewbuild10158_7

Kemudian juga pada saat ingin menyimpan WebNote, terdapat pilihan untuk menyimpannya di OneNote.

reviewbuild10158_8

 

App Photo

Terdapat update pada App Photo pada Build ini, namun bukan hanya untuk improvement apps saja, tetapi juga terdapat kemampuan baru yang mana juga merupakan salah satu top request dari insider yaitu support animasi GIF.

reviewbuild10158_21

Fitur ini juga hadir pada Build 10149 Mobile Preview beberapa waktu yang lalu. Selain itu juga telah ditambahkan opsi menu “Open with”.

reviewbuild10158_9

 

Snipping Tools

Ada sedikit tambahan fitur kecil pada Snipping tools yaitu fitur delay yang bisa mengatur jeda waktu sebelum mengambil gambar. Fitur ini pertama kali terlihat pada Leak build 10134 beberapa waktu yang lalu.

reviewbuild10158_10

 

Quick Menu Note dan Quite Hours

Pada bagia Action Center terdapat 2 opsi menu baru yakni Quite Hours yang berguna untuk mematikan notifkasi-notifikasi pada saat sibuk ataupun tidak ingin diganggu. Opsi lainnya yaitu Note yang akan membuka Aplikasi OneNote.

reviewbuild10158_23

 

Phone Companion App

Ini merupakan salah satu fitur yang secara pribadi saya ditunggu-tunggu semenjak pengumumannya beberapa waktu lalu. Dengan app ini maka kamu dapat sinkronasi personal file kamu secara mudah baik dengan menggunakan perangkat Windows Phone, Android, ataupun iOS.

reviewbuild10158_11

Untuk menggunakannya caranya hanya perlu mencolokan Device ke komputer, yang nantinya akan muncul seperti ini. kemudian pilih Windows (jika kamu menggunakan device Windows Phone).

reviewbuild10158_12

Setelah itu maka kamu dapat memilih apps mana yang dimanage yang meliputi Cortana, Photos, Music, OneNote, Skype, Office, dan Outlook.

reviewbuild10158_13

Dan Jika beralih ke Platform lain seperti Android, pilihan yang ditampilkan relatif sama sama tetapi ada 2 fitur yang tidak tersedia yakni Music dan Cortana, karena Cortana memang belum tersedia untuk saat ini. (Baca Juga: Cortana Beta akan Hadir di Platform Android Bulan Juli Besok)

reviewbuild10158_14

 

Store

reviewbuild10158_15

Untuk kata “(Beta)” sekarang sudah dihilangkan pada Store di build ini, yang berarti Store sudah mencapai tahap final sebagai Universal Apps. Dan memang saya akui dalam hal bernavigasi di store sudah smooth dan responsif.

 

Skype

Pada build ini, App Skype sudah pre-install dengan system jadi kamu dapat langsung menggunakannya ataupun jika tidak ingin menginginkannya kamu dapat langsung melakukan uninstall.

reviewbuild10158_24

 

Nah, itulah review Windows 10 Insider Preview Build 10158. Secara keseluruhan perfoma build ini sudah sangat lancar dan sudah bisa digunakan sebagai daily use. Windows 10 Final pun dipastikan tidak akan jauh dari build ini. Dan Jika kamu menemukan hal baru yang belum disebutkan diatas, silahkan langsung saja sampaikan di kolom komentar.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.

  • phone companion di laptopku masih force close (hasil upgrade dari build 10147 ke 10158)

    • Clean Install aja, biar “Clean” :P

      • abydarda

        cara clean instal kalo dr build 10147 gimana om? kan langsung download, ga ada isonya?

        • Ada ESDnya.
          Tinggal Convert ke ISO, bikin installasi biasa deh

      • udah terlanjur, :D
        bakalan ribet kalau clean install lagi :v

    • Whyu Wa

      bisa juga direset,nanti hasilnya kya clean instal

      • susahnya ketika install ulang aplikasi, :(

        • Whyu Wa

          clean instal jg sama aja instal ulang semua aplikasi

          • iya itulah enapa saya lebih memilih upgrade kemarin itu

  • wallpaper windows hero tidak dijadikan default ya om? terus fungsi transparent di calendar apa belum bisa terlalu tembus pandang seperti notif center? :D

    • yg hero itu gak default cuman aku suka aja itu wallpaper.
      kyknya gak bisa deh, hanya mentok kyk gitu

  • Whyu Wa

    lagi proses update, knp ya sistem update bgtu lelet…masih cepetan klo donlot iso-nya

    • Kurang tau, aku bahkan gak pernah update via Settings
      Selalu lewat ISO

      • Whyu Wa

        clean instal ya om…iya sh enakan lwt iso ,,,klo lwt setting itu emg hrs sabar klo bisa sh koneksi dewa…klo koneksi anak kost mah hrs sabar

        • daniel

          mungkin opsinya gan d ganti ke fast, biar d makan semua banwit yg ada…. hehehheheh

  • agix dota

    kurang sreg liat bootscreen, dari windows 8 sampai sekarang :v

  • Rievky Benity

    mudah2an transparent quick actionnya bisa dinikmati di windows 10 mobile, cuma itu yg ane nanti dari dulu :D

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    tinggal nunggu buat Slow Ring… btw.. bugnya masih ada ?

    • Belum nemu bug

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        yah

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Itu walpaper Desktop.. (yang latar langit)
    kayaknya ane inget lagunya Coldplay ft. Avicii – A Sky Full of Stars

  • doblonk

    udah makin mulus aja nih kaya paha perawan :v

    • wawkakwak, untung dh buka puasa borr
      *Langsung bayangin mantan*

      • doblonk

        mantan (lagi) :o

  • Imam Tantowi

    koq gak tertarik win 10 ya, lebih ke win 7, lebih stabil, gak menguras cpu, banyak aplikasi yang support, di win 10 kl gak update hadeeehhhhhhhh, bikin sakit hati

    • Nanti juga bakal support gan seiring waktu.
      Dan juga nntinya pas Windows 7 dh End of support, pasti microsoft perlahan2 ngepush pengguna windows 7 buat beralih ke Win10

    • Ben

      Ni nih alesan yg paling g gua mengerti, banyak yg g support?
      Gua selalu upgrade ke windows terbaru aman2 aja, malah makin mulus di kompi. xD

      (Developer cerdas pasti update aplikasinya ke win10 ready biar banyak yg make)

    • 정승최

      bikin malu di acara WWDC 2015 kemarin :v

    • YanDhika

      sayang, OS yang baru rilis mana langsung ada software yang support, semua butuh proses, pernah matamu kelilipan batako belum?

  • Arian

    Final mana final

    • YanDhika

      29 juli cuk

      • Arian

        Owh iaa lupaa…hahaha:D