Home Review Review Windows 10 Insider Preview Build 10134 (Leaked)

Review Windows 10 Insider Preview Build 10134 (Leaked)

reviewbuild10134_1

Belum lama setelah review terakhir kita di Official build 10130, kemarin sekitar jam 22:00 build baru Windows 10 telah leaked ke internet dengan versi build 10134.

Build dengan format ISO ini bukan bagian dari Branch fbl_impressive melainkan winmain_prs, jadi tidak sepenuhnya stabil untuk digunakan. Untuk itu WinPoin tidak menyarankan kamu menginstall build ini, apalagi dijadikan sebagai OS utama. Tetapi jika kamu juga ingin mencobanya, kamu bisa sedikit effort dengan searching di Google untuk mendapatkan build nya.

Dan berikut ini saya akan mereview fitur-fitur baru yang ada di Windows 10 Build 10134 ini.

 

Maps

reviewbuild10134_2

Ada sedikit perubahan interface yang lebih smooth meskipun tidak terlalu menonjol. Tetapi untuk naviagasi pada app maps di build ini sudah lebih lancar daripada di Build sebelumnya.

 

Skype Pre-Installed

reviewbuild10134_3

Sekarang untuk App Skype sudah Preinstalled di desktop, jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk mendownload Skype sebagai chating client kamu.

 

Calculator

reviewbuild10134_4

Ada sedikit penambahan fitur pada calculator yaitu fitur Multiwindow.

 

Home Button dan Import Favorites di Microsoft Edge (Spartan)

reviewbuild10134_5

Pada build ini sayangnya nama Microsoft Edge belum menggantikan nama Spartan, tetapi ada 2 penambahan fitur baru. Pertama kamu bisa memunculkan Home Button yang nantinya akan muncul di sebelah tombol reload, gunanya agar kamu dapat kembali ke halaman awal. Kedua kamu bisa mengimport Favorites dari browser lain.

reviewbuild10134_6

 

Delayed Snapshot pada Snipping Tools

reviewbuild10134_7

Pada app snipping tools telah ditambahkan fitur baru, yakni kamu dapat mengatur delay/jeda waktu untuk capture screen. Kamu bisa atur waktunya dari 1 hingga 5 detik.

 

Target Editions

reviewbuild10134_8

Meskipun ini kurang di perdulikan banyak orang, namun pada build ini Target Editions ke Enterprise telah dihilangkan. Entah apa ini terjadi hingga Final nantinya, tetapi mungkin saja initerjadi karena ini bukan bagian dari branch utama (fbl_impressive).

 

Network Beta

reviewbuild10134_9

App network beta muncul juga pada build ini, tetapi sayangnya belum bisa digunakan dan hanya stuck pada loading screen saja dengan bertuliskan “Coming soon…”.

 

Settings

reviewbuild10134_10

Ada 1 hal yang menarik pada bagian Settings > Update & Security > Windows Update > Advanced Options dimana pada bagian bawah terdapat menu “Let Microsoft try features on this build“.

Meskipun saya kurang tahu apa fungsi sebenarnya dari fitur ini,  tetapi kelihatanya akan ada beberapa fitur yang tidak tersedia untuk umum. Jadi untuk mendapatkan fitur tambahan tersebut, kamu bisa mengaktifkannya dengan switch ke “On”.

 

Nah, itulah beberapa hal baru yang terlihat muncul di Windows 10 Build 10134. Semenjak Microsoft mengumumkan bahwa Official release Windows 10 Final 29 Juli nanti, tentunya fokus pengembangan sudah mulai mengerucut pada perbaikan bug dan stabilitas OS. Jadi Build ini bukan merupakan kejutan besar buat Insider, apalagi ini bukan bagian dari branch fbl_impressive.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.
  • doblonk

    pertamax di trit review :v

    • Andai…

      • doblonk

        wanjer :v

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    terus apa bedanya.. antara preview bikinan fbl_impressive & winmain_prs.. ?

  • gak ada yang menonjol dari build ini ya