reviewwindows10mobilebuild10149_1a

Seperti yang telah kita ketahui, baru-baru ini Microsoft telah merilis build terbaru untuk pengguna device Windows Phone. Meskipun tidak sepenuhnya berita tersebut mengenakan pengguna Insiders, karena masih terdapat permasalahan dalam melakukan update dari build sebelumnya.

Tetapi disamping itu, Microsoft melalui Gabe Aul menyatakan bahwa build 10149 ini lebih cepat dan stabil ketimbang build sebelumnya. Untuk memastikannya, kali ini WinPoin akan memberikan Review Windows 10 Mobile Preview build 10149.

 

Permasalahan Dalam Migration

Alasan saya menaruh ini di paling atas karena ini merupakan hal yang pertama kali akan kamu alami ketika update ke build ini. Karena setelah kamu melakukan installasi, kamu akan langsung menuju startscreen tanpa adanya tile dan juga ketika memasuki App list akan mengalami hal yang sama. Tidak sampai disitu, pada saat lockscreen pun tampilan Waktu dan tanggal akan hilang.

Microsoft telah mengetahui hal ini dan langsung membuat important note. Jadi ketika mengalami hal ini, kamu hanya perlu bersabar. Meskipun secara pribadi saya sendiri menyelesaikan permasalahan ini dengan cara restart phone, hasilnya progress migration pun muncul dan keadaan kembali normal.

 

Project Spartan telah Rebranding menjadi Microsoft Edge

Pada Build ini browser besutan Microsoft yakni Project Spartan, kini telah berganti namanya menjadi Microsoft Edge. Dan untuk address bar sekarang telah di tempatkan pada bagian bawah browser.

reviewwindows10mobilebuild10149_2

Sebagai catatan untuk kamu yang sebelumnya menyimpan History, Reading list, dan Cookie di build sebelumnya, akan hilang pada build ini.

 

Opsi Flashlight Pada Quick Action

Flashlight telah ditambahkan pada Quick Action, yang mana fitur tersebut menurutku paling saya nantikan. Karena fitur ini tidak pernah ada pada sistem operasi Windows Phone sebelumnya, yang mana jika ingin menyalakan perlu menggunakan bantuan aplikasi pihak ke tiga. Untuk mengaktifkannya kamu cukup tap 1x saja.

reviewwindows10mobilebuild10149_3

Dengan begitu Flashlight akan standby menyala. Tentunya fitur ini hanya berguna pada Device yang mendukung LED Flash saja.

reviewwindows10mobilebuild10149_4

 

App Photo Support Format .gif

Selain menambahkan fitur yang berguna seperti flashlight. Pada build ini juga, Microsoft telah menambahkan support animasi .gif yang mana ini merupakan salah satu request terbanyak dari insiders. Tetapi sayangnya fitur ini hanya ada pada Device dengan RAM 1GB keatas.

Dengan hadirnya Opsi Flashlight dan Support format Gif ini, menjadikan Windows Phone tidak kalah dengan fitur Android yang sudah terlebih dahulu support kedua fitur tersebut.

Automatic Upload ke OneDrive

Sekarang untuk Camera Roll bisa langsung otomatis terupload ke Cloud storage OneDrive. untuk mengaktifkannya, buka OneDrive > Hamburger Menu > Settings > Camera upload.

reviewwindows10mobilebuild10149_5

Swipe ke On atau Off sesuai dengan keinginan kamu dan tentunya fitur ini membutuhkan koneksi internet.

 

UX Improvement

Pada build ini, tampilan UI lebih di poles lagi lebih dari build sebelumnya. Microsoft telah memperbaiki tampilan UI seperti Live tile yang ngeblur, Action center yang kurang respontif, dll. Dan Microsoft juga telah menambahkan banyak minor update pada Icon-icon yang terlihat lebih smooth seperti yang terjadi pada Volume Control.

reviewwindows10mobilebuild10149_6

 

Cortana Improvement

Untuk cortana pada build ini bisa dibilang sudah sangat bagus. Sekarang kamu dapat mengaktifkan fitur Quite Hours pada Cortana notebook. Lalu pada build ini juga sekarang kamu dapat mengirim email melalui Cortana!, untuk memulainya kamu cukup mengatakan “send an email“.

reviewwindows10mobilebuild10149_7

Lalu akan muncul form yang mana kamu dapat menyebutkan nama penerima (kamu juga dapat mengirimkan lebih dari 1 email), Subject dan pesan dengan voice ataupun mengetiknya secara manual.

Untuk isu yang saya dapat, adalah ketika mencoba memainkan game seperti Subway surfers yang sering mendapatkan force close ketika baru beberapa menit memainkannya. Lalu juga terdapat keanehan saat membuka action center yang mana semua opsi yang aktif kedap-kedip dan tidak bisa di tap, jalan keluarnya yakni melakukan restart phone.

Dan untuk aplikasi yang sering digunakan seperti BBM, Spotify, dan Skype lancar. Lalu untuk hal bernavigasi pada build ini, bisa dikatakan bahwa sudah sangat stabil dan respontif.

Nah, itulah Review mengenai Windows 10 Mobile Preview Build 10149. Dan mengingat pengalaman setiap orang ataupun device akan berbeda, jadi jika kamu juga menginstall build ini. Kamu bisa bagikan pengalaman kamu di kotak komentar, agar pengguna Device yang sama dengan kamu dapat menguji coba build ini jika lancar pada device kamu.

  Review Aplikasi Streaming Piala Dunia 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.