Home Editorial Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 8 Tentang Windows 10

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 8 Tentang Windows 10

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 8 Tentang Windows 10

Sebelumnya WinPoin sudah membahas artikel apa yang perlu diketahui pengguna Windows 7 tentang Windows 10. Kali ini WinPoin akan membahas artikel mengenai apa yang perlu diketahui pengguna Windows 8 tentang Windows 10. Windows 10 tidak berbedah jauh dengan Windows 7 secara penggunaan. Tapi ada perubahan besar dari sejak filosofi Windows 8. Windows 10 tampil berbeda, sekarang tampilan touch lebih terintegrasi dengan desktop.

Kalau saat ini kamu menggunakan Windows 8, kamu akan menemukan banyak perubahan di Windows 10. Terutama untuk pengguna tablet Windows 8. Berikut ini WinPoin berikan artikel mengenai perbedaan Windows 8 dengan Windows 10. Jadi buat kamu pengguna Windows 8 sebaiknya baca artikel ini terlebih dahulu sebelum upgrade ke Windows 10.

 

Windows 10 Sangat Cocok Untuk Pengguna Desktop

Windows 10 mendapatkan banyak perombakan oleh Microsoft yang masih mengadopsi Windows 8. Dimana Windows 8 memaksa kamu untuk boot ke Start Screen dan menghilangkan Start menu, Windows 8.1 ditambahkan fungsi boot-to-desktop dan Start Menu. Sedangkan Windows 8.1 Update ditambahkan lebih banyak kontrol mouse-based. Microsoft membuat Windows 10 dari ramuan Windows 8 dan Windows 7.

Windows 10 mendapatkan ramuan yang lengkap, dikembalikannya Start Menu untuk pengguna Desktop. Charm bar dan App Switcher disisi pojok telah dihilangkan. Universal Apps, Metro Apps, Modern Apps atau Store Apps di Windows 8, kini bisa berjalan di window desktop. Kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut seperti aplikasi desktop normal. Ada juga mode tablet yang didesain untuk device touchscreen, tapi Windows 10 tidak memaksa kamu untuk menggunakan mode ini pada desktop. Terakhir, kamu akan mendapatkan dua browser yaitu Internet Explorer dan Microsoft Edge.

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 8 Tentang Windows 10

 

Penyempurnaan untuk Pengguna Desktop

Windows 10 mengalami banyak perbaikan yang signifikan bagi pengguna desktop dari Windows 8. Fitur Task View akhirnya ikut dibawa terhubung dengan virtual desktop, memberikan pengguna Windows apa yang telah dimiliki pengguna Linux dan Mac. Bahkan jika kamu tidak menggunakan virtual desktop, ia menyediakan tampilan dari semua window yang terbuka.

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 8 Tentang Windows 10

Perubahan lain yang akan kamu temukan juga ada di Command Prompt. Ada juga fitur Game DVR yang berfungsi untuk merekam dan streaming Gameplay PC, teknologi DirectX 12. Peningkatan Snap juga memungkinkan kamu untuk melakukan grid 2×2 lebih cepat. Integrasi baru dari universal apps ke desktop yang berarti kamu bisa menggunakannya bersamaan dengan software desktop.

 

Perubahan OneDrive

Jika kamu terbiasa menggunakan OneDrive di Windows 8.1, mungkin kamu akan kecewa pada OneDrive di Windows 10. Daripada mendownload semua file dari cloud, OneDrive di Windows 8.1 menampilkan file di placeholder. Mereka secara otomatis akan mendownload file ketika kamu mengaksesnya atau membutuhkannya.

Microsoft merubah itu di Windows 10. OneDrive akan bekerja seperti di Windows 7. Kamu harus memilih folder mana untuk sinkronisasi sebelumnya. Microsoft harus melakukan ini karena placeholder di Windows 8.1 memiliki bug dan tidak kompatibel dengan beberapa aplikasi desktop Windows.

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 8 Tentang Windows 10

 

Desain Ulang Tampilan Touch

Pengguna touch akan merasakan pengalaman luar biasa dengan Windows 10. Tampilan yang biasa kamu temui seperti charm bar dan app switcher benar-benar hilang. Daripada ada dua tampilan yang berbeda seperti modern UI dan desktop UI, semua dihubungkan menjadi satu UI.

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 8 Tentang Windows 10

Modern switcher app sudah tidak ada lagi. Jika kamu menggunakan tablet dan melakukan swipe dibagian kiri, maka kamu akan melihat tampilan Task View yang juga dilihat pengguna desktop, memungkinkan kamu untuk berpindah aplikasi atau window dengan mudah.

Charm bar juga sudah hilang, Swipe dari kanan layar tablet maka kamu akan menemukan notification center, yang mempermudah kamu untuk melihat notifikasi terbaru dari aplikasi atau system windows.

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 8 Tentang Windows 10

Dikarenakan charm bar yang hilang, universal apps tidak bisa mengandalkan kemampuannya untuk search, sharing atau settings. Disisi lain, universal apps sudah terintegrasi dengan tombol Search, Share dan Setting yang ada di dalam aplikasi. App bar yang berperan sebagai pengaturan tersembunyi juga telah hilang, digantikan dengan menu hamburger yang berada di sudut kiri atas dari aplikasi.

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 8 Tentang Windows 10

Ada juga fitur spesial Table Mode yang membuat tampilan ideal untuk pengguna tablet berbasis touch. Pada table yang umumnya tidak menggunakan mouse dan keyboard, fitur ini akan aktif secara otomatis. Pada device 2-in-1, mode ini secara otomatis akan aktif jika kamu tidak menancapkan keyboard. Well..ini dikarenakan fitur Continuum. Kamu juga bisa memilih secara manual Tablet Mode dari shortcut setting di bawah notification center.

Dengan mengaktifkan Tablet Mode, kamu akan menemukan adanya UI dan style khas Windows 8 di Windows 10. Start kini tersedia versi fullscreen yang menampilkan Start menu, Apps bisa kamu buka di fullscreen mode atau bisa juga seperti software desktop.

Tidak seperti pada Windows 8, tasbar Windows 10 bisa kamu atur ukurannya. Kamu bisa mengaturnya super tipis tanpa adanya icon aplikasi dan akan memiliki tombol back seperti pada Android.

 

Windows 10 hadir dari perbaikan dan peningkatan Windows 8, membuat PC rumah kamu lebih nyaman digunakan. Selain itu ia juga hadir untuk Tablet dan device touchscreen yang memberikan kemudahan, kenyamanan dan kepuasan. Membuat kamu lebih nyaman baik menggunakan PC, tablet atau PC 2-in-1.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Muhamad Farhan Abi Karami

    sebelah rame tuh om edo,tempatnya kak sherlen wkwkw

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      bener.. “The Jones Reader” ada disana.. lho..

      Ekskulsif di Portal Winpoin

  • Table Mode apa Tablet Mode om yang bener ? apakah karena sepi komentar jadi typo? :D wkwkwkwk

  • Wakzz…., Build 9926?

  • Arch625

    Brohhhh rumor Lumia 850,750,550 brohhh

  • Lamm Nurc

    Iya nih, aq korban penipuan OneDrive. Tak kira offline ternyata harus download dulu…

  • :v

  • Waiting Windows 10… :D

  • Sekedar edit aja “Microsoft merubah itu di Windows 10. OneDrive akan bekerja seperti di Wind…” itu mengubah bang bukan merubah, salah itu katanya, memang cuma sepele tapi fatal :)

  • :( tapi suka onedrive yg di windows 8.1 itu haaaa cuma butuh placeholder kan :(
    Sama kayak google drive :(