Home Editorial Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Akhir bulan Juli pengguna Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 bisa melakukan upgrade gratis ke Windows 10, sistem operasi terbaru dari Microsoft. Sebelumnya Microsoft membuat Windows 8 yang berfokuskan ke pengguna touchscreen, Tapi dengan adanya Windows 10, Microsoft telah menyempurnakannya dan membuatnya mudah digunakan dengan touchscreen, keyboard dan mouse. Mungkin pengguna Windows 7 akan lebih terbiasa dengan Windows 10 dibandingkan Windows 8. Meskipun begitu Windows 10 masih memiliki perbedaan yang besar dengan Windows 7.

Berikut ini WinPoin berikan artikel mengenai perbedaan antara Windows 7 dengan Windows 10. Jadi buat kamu pengguna Windows 7 yang ingin upgrade ke Windows 10, sebaiknya baca artikel ini dulu.

 

Satu Akun Untuk Semua Device

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Ketika pertama kali kamu menggunakan Windows 10, yang perlu kamu lakukan adalah membuat akun Microsoft. Akun ini nantinya akan bisa digunakan untuk login ke Windows 10. Fungsinya sama seperti di Mac atau iPhone yang menggunakan akun Apple atau Android yang menggunakan akun Google.

Dengan login menggunakan akun Microsoft kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Seperti misalnya setting Desktop akan terhubung ke semua device. Kamu akan mendapatkan wallpaper komputer kamu di komputer lain jika kamu login menggunakan akun Microsoft tadi. Selain itu kamu juga akan otomatis login ke layanan Microsoft seperti OneDrive di Windows. Akun Microsoft adalah syarat wajib yang kamu punya kalau kamu ingin menikmati fitur baru di Windows 10.

Jika kamu tidak menggunakan akun Microsoft itu bukan lah masalah. Sama seperti di versi Windows 7, kamu bisa menggunakan komputer Windows 10 seperti biasa. Tapi kamu tidak bisa menikmati fitur Windows Store, setting yang disimpan di cloud dan sebagainya.

 

Start Menu Baru

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Tampil dengan Start menu baru yang sangat berbeda dengan Windows 7. Start Menu Windows 10 hadir dengan gabungan Start Menu tradisional seperti di Windows 7 dan live tile seperti di Windows 8. Start Menu tersebut tampaknya berbeda dari biasanya, tapi kamu akan mendapatkan apa yang kamu harapkan. Ada daftar software dan aplikasi yang kamu install disini, kamu juga bisa membesarkan Start Menu dengan mengklik icon expand di pojok kanan.

 

Windows Store dan Universal Apps

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Banyak aplikasi Windows 10 datang dengan universal apps, atau yang lebih dikenal dengan Metro apps atau Modern apps di Windows 8. Tidak seperti Windows 8, aplikasi ini bisa berjalan di desktop dan lebih mudah untuk mengendalikannya.

Untuk bisa mendapatkan universal apps, kamu bisa mendownloadnya dari Windows Store. Tidak ada cara untuk mendapatkan aplikasi universal apps selain dari Windows Store. Selain itu kamu juga masih bisa menginstall software-software yang biasa kamu gunakan di desktop.

 

Settings vs Control Panel

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Sejak hadirnya Windows 8, kamu akan menemukan dua aplikasi untuk mengatur Windows, yaitu PC Settings dan Control Panel. PC Settings dibuat untuk mengatur beberapa pengaturan baru dengan cara yang lebih mudah untuk user. Meskipun begitu tidak semua pengaturan ada di PC Settings. Beberapa pengaturan lama masih tetap berada di Control Panel. Untuk mengakses Control Panel di Windows 10, kini disediakan keyboard shortcut Win+X atau mengklik kanan pada Start Menu.

Tersedia juga Refresh dan Reset yang memungkinkan kamu untuk membuat komputer tampak seperti baru tanpa perlu install ulang Windows. Selain itu kamu tidak bisa menonaktifkan Windows Update otomatis di Windows 10 versi Home, jika kamu ingin menunda update maka kamu harus menggunaan Windows 10 Professional.

 

Taskbar ada Cortana dan Task View

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Ada sedikit perubahan di Taskbar Windows kali ini. Di Windows 8 Microsoft menghilangkan Start Menu dari Taskbar. Pada Windows 10 Start Menu dikembalikan dan juga ada fitur baru seperti Search the web and Windows yang memanfaatkan Cortana dan Task View untuk membuat virtual desktop.

Kedua fitur ini hadir secara default di Windows 10. Jika kamu merasa terganggu dengan kehadirannya, kamu bisa menghilangkannya dengan mengklik kanan desktop dan pilih hide Search atau Task View.

 

Internet Explorer Didepak Digantikan Edge

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Buat kamu pecinta Internet Explorer, di Windows 10 browser defaultnya sudah menggunakan Edge dan tidak menggunakan IE lagi. Meskipun begitu kamu masih tetap bisa menemukan Internet Explorer. Microsoft Edge adalah browser baru buatan Microsoft yang didesain untuk menjadi browser simpel. Dia tidak lagi support ActiveX control, jadi toolbar dan plugin tidak akan kamu temukan disini.

 

Peningkatan Desktop dan Security

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Banyak yang telah ditingkatkan di Windows 10 yang pada dasarnya sudah ada di Windows 8. Seperti contohnya Task Manager yang lebih memudahkan kamu untuk melihat resource memory dan bahkan pengaturan program startup yang bisa kamu lakukan disini juga. Windows Explorer berganti nama menjadi File Explorer yang didalamnya ditambahkan berbagai fitur keren, seperti kamu bisa mount file ISO tanpa software tambahan.

Untuk masalah security, Windows 10 menggunakan Windows Defender (dulu namanya Microsoft Security Essentials) sama seperti di Windows 8. Dengan begini kamu tidak perlu lagi antivirus tambahan karena secara default Windows sudah terlindungi dengan Windows Defender. Ada juga fitur SmartScreen yang memblokir hal berbahaya dan software tidak dikenal ketika dibuka oleh komputer kamu.

 

Di atas hanyalah beberapa fitur baru Windows 10 dan belum semua WinPoin sebutkan. Sebagai contoh kamu akan melihat notification center, desain ulang power, network dan icon sound di system tray. Windows 10 juga punya fitur Game DVR untuk merekam dan streaming game PC. Microsoft juga meningkatkan system low level seperti membuat Windows tidak menghabiskan space, boot lebih cepat dan bisa menghadapi serangan virus lebih baik lagi.

Meskipun tampaknya banyak perubahaan yang terjadi di Windows 10, tapi semua itu tidak jauh-jauh dari kelebihannya yaitu user friendly. Windows 10 juga memiliki Tablet mode jadi jika kamu menggunakan PC hybrid, kamu bisa berganti mode dengan mudah. Windows 10 bisa menyesuaikan kebutuhan, saat kamu menggunakan PC kamu akan menikmati environment desktop, saat kamu menggunakan tablet kamu bisa menikmati environment tablet.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.

  • doblonk

    akhir bulan ini ? wkwk

    • Venom is back

      gaya gayaan amat lo.
      kya lo g pernah slah aja.
      G mirror dlo lu bocah kunyit.

  • Siregar

    gagal update kode kesalahan 80240031,ada yang tau cara mengatasinya

  • SabotaSee

    “akhir bulan ini..” padahal rilis finalnya 29 juli… :v

    • Venom is back

      Berantem yok ah….
      ewoth gw ama anak anak yg kya lo.

      • Pravda

        gua lebih sewot sama makluk rendahan kaya lu.

  • Mas bum bum boleh minta gak Wallpaper kyk gitu?
    klo ada 1 Paket wallpaper gpp deh aku minta.

  • lumiaers

    Off kan app yg kurang penting, yg ada di notification n actions

    • bima_x

      udah sisa 6 bos.. restart banyak. padahal kalo diliat dari spek anr ga perlu kan gitu gitu?

  • Agung Dedy

    universal app itu kek gimana sih, misal kita download applikasi bisa langsung masuk ke destop dan W10M gitu kah ? download bbm misal di pc juga bisa keinstall tanpa pake2 emulator kah ?

    • Nurcahya

      bukan gitu.
      jadi aplikasinya udah bisa jalan di Desktop maupun Mobile tanpa harus ngoding lagi dari awal. keuntungannya lebih condong ke developer, kalo ke user ada untungnya juga sih :v semisal saya beli game di Lumia saya nanti bisa di install di dekstop tanpa harus beli lagi :v
      kalo di developer lebih untung lagi.
      semisal dia bikin app di WM nah dia juga pengen ngembangin appnya di Desktop maka dia gk perlu ngoding lagi dari 0 tapi ya emang langsung bisa, kalo emang dia bikin appnya berbentuk universal app

      • Agung Dedy

        oh begitu yaa, jadi sinkoron jadi satu semuanya, MS lagi narik develop kayaknya ? trus misal project migrasi andro dan ios itu juga masuk ke universal app ??

        • Nurcahya

          kurang lebih kayak gitu universal app.
          intinya universal app itu app yang ada di WM bisa jalan di Desktop. dan universal app itu bukan hal baru, sekarang juga udah ada kok. contohnya game Hitman : Go, Aspalt 8, Age Of Empire. itu termasuk universal app.
          game yang saya sebutkan itu ada di WP8.1 sama Windows 8.1
          untuk Porting app dari Andro sama iOS kalo gk salah unviersall app juga. cuman gk dapet fitur continum kalo gk salah mah

          • Agung Dedy

            saya masih apke win 7 belum ada metro storenya, jadi belum tau, makanya bingung apaan itu universal app. nunggu 29 ajalah kalo gitu hehe

    • overthinKing

      Gampangnya gini, developernya menyediakan app bisa jalan di mobile, tablet, dan desktop. Ituuu tidak semua app bisa jalan di masing-masing perangkat tadi, klo ente buka di mobile, belom tentu ada di desktop. Cara gampang liatnya apakah app tersebut universal app bukan ada tandanya pass mau install, misal ente buka store pake mobile nah dibawah judul ada logo mobile n desktop itu bsa. #manusiaGoa

      • Agung Dedy

        nah ini lebih jleas jadi intinya gak semua app bisa jalan disemua versi, kalo ada keterangan bisa jalan di semua device bearti nanti bisa dong pake BBM WA tanpa instal emulator ? sekrang saya pake bluestack buat pake BBM di windows

      • Rasshid

        tapi ntar semua app windows 10 universal kok :)

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Yang penting, tanggal 29 Juli nanti.. siap download> install> rasain sensasinya…

    • Venom is back

      Jih………….. Venom banci sok !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • Evlan Mars

    Windows Defender nya coba di REDESIGN(ga tw bener atw salah artinya),.,buat yg lebih modern and simple!!!

    • Labib Muhammad

      Yup, redesign. Dan apa cuma aku disini, yang gak begitu suka sama warna title bar-nya?

  • Zulmi Kurniawan

    Waah sama nih kejadiannya sama ane. #lumia625

    • bima_x

      terus gimana bro? udah berapa lama itu ganggu gitu?

      • Zulmi Kurniawan

        Udah 3 hari kayaknya.

  • Kresna

    Windows 10 mobile build terbaru kapan keluarnya nihh ?

  • Venom is back

    ida bagus anom sanjaya
    versi gw jadi begini namaya:
    iday jelek venom gk berjaya
    haha… anak anak winpoin pasti ada yg nyengir. Gw tau !!!!!!!!!!!!!!!!!

    • Wiswandi Landimuru

      cuma orang gila kek lu, yg nyengir…
      apa lucunya ledek orang kayak gitu….. ?
      perlu ke RSJ kayaknya..
      tobat lu.. dah dekat puasa.. masih ledek orang .. lu mau kena semprot sama Allah.. ?? besar dosa lu…

      • anonim unload

        ni orang oon banget.. lagi dapet lo? nyolot melulu

  • Venom is back

    Kaya lo gk pernah salah aja dah Ekay November !!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • Wiswandi Landimuru

      bodoh lu.. pantes lu disetiap trit.. lu maen nyampah.. baca pun tidak/…

    • Pravda

      lu kagak lebih dari sekedar makluk rendahan, bahkan diri lu lebih gk berharga dibandingkan dengan makluk terendah di dunia ini, karena lu lebih rendah dari mereka

  • Naufal Adrian Firmansyah

    pas tanggal 29 juli langsung kasih tutorial upgrade ke w10nya

  • Naufal Adrian Firmansyah

    “Ya , versi lengkap dari Windows 10 secara gratis .” batas upgrade nya sampai kapan???

    • YanDhika

      dari 29 juli 2015 – 29 juli 2016

      • Naufal Adrian Firmansyah

        berarti setahun

  • Leo Cullen

    ga sabar nunggu perilisan

    Bahaya! Jangan menggaruk bagian hitam pada voucher pulsa isi ulang.

    http://brodaa.sharethisstory.net/id-533860-2172

  • Windows defender nya dong :’D
    Sejak windows 8, really no need any antivirus apps guys!

  • Bagas Dewa

    Tapi sayangnya Intel belum keluarkan driver VGA HD 5000 series untuk windows 10, padahal laptop saya display VGAnya HD 5500. Namun untuk Rendenring VGAnya saya pakai GT 840m dan alhamdulillah sudah ada drivernya untuk windows 10

  • Bagas Dewa

    Saya sebenarnya sudah pernah pakai windows 10 inner prefiew (Laptop) tanpa driver VGA intel, dan hasilnya windows 10 terlihat lumayan kaucau. Sebab tanpa driver VGA intel sebagai vga display (bukan rendering) kita tidak bisa mengatur brightnes display dan hampir bisa dipastikan setiap startup kita akan menemui “error failure power management” sebab tidak ada driver vga intel yang mengendalikan sistem

    Jadi, saya rasa bagi para pengguna laptop jangan gegabah untuk update ke windows 10 walau dia menyajikan directx 10 yang cukup menggiurkan bagi para editor video atau gamers. Tunggu sampai intel mengeluarkan driver vga untuk windows 10

  • anonim unload

    coba delete datanya lalu try again