Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Akhir bulan Juli pengguna Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 bisa melakukan upgrade gratis ke Windows 10, sistem operasi terbaru dari Microsoft. Sebelumnya Microsoft membuat Windows 8 yang berfokuskan ke pengguna touchscreen, Tapi dengan adanya Windows 10, Microsoft telah menyempurnakannya dan membuatnya mudah digunakan dengan touchscreen, keyboard dan mouse. Mungkin pengguna Windows 7 akan lebih terbiasa dengan Windows 10 dibandingkan Windows 8. Meskipun begitu Windows 10 masih memiliki perbedaan yang besar dengan Windows 7.

Berikut ini WinPoin berikan artikel mengenai perbedaan antara Windows 7 dengan Windows 10. Jadi buat kamu pengguna Windows 7 yang ingin upgrade ke Windows 10, sebaiknya baca artikel ini dulu.

 

Satu Akun Untuk Semua Device

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Ketika pertama kali kamu menggunakan Windows 10, yang perlu kamu lakukan adalah membuat akun Microsoft. Akun ini nantinya akan bisa digunakan untuk login ke Windows 10. Fungsinya sama seperti di Mac atau iPhone yang menggunakan akun Apple atau Android yang menggunakan akun Google.

Dengan login menggunakan akun Microsoft kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Seperti misalnya setting Desktop akan terhubung ke semua device. Kamu akan mendapatkan wallpaper komputer kamu di komputer lain jika kamu login menggunakan akun Microsoft tadi. Selain itu kamu juga akan otomatis login ke layanan Microsoft seperti OneDrive di Windows. Akun Microsoft adalah syarat wajib yang kamu punya kalau kamu ingin menikmati fitur baru di Windows 10.

Jika kamu tidak menggunakan akun Microsoft itu bukan lah masalah. Sama seperti di versi Windows 7, kamu bisa menggunakan komputer Windows 10 seperti biasa. Tapi kamu tidak bisa menikmati fitur Windows Store, setting yang disimpan di cloud dan sebagainya.

 

Start Menu Baru

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Tampil dengan Start menu baru yang sangat berbeda dengan Windows 7. Start Menu Windows 10 hadir dengan gabungan Start Menu tradisional seperti di Windows 7 dan live tile seperti di Windows 8. Start Menu tersebut tampaknya berbeda dari biasanya, tapi kamu akan mendapatkan apa yang kamu harapkan. Ada daftar software dan aplikasi yang kamu install disini, kamu juga bisa membesarkan Start Menu dengan mengklik icon expand di pojok kanan.

 

Windows Store dan Universal Apps

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Banyak aplikasi Windows 10 datang dengan universal apps, atau yang lebih dikenal dengan Metro apps atau Modern apps di Windows 8. Tidak seperti Windows 8, aplikasi ini bisa berjalan di desktop dan lebih mudah untuk mengendalikannya.

Untuk bisa mendapatkan universal apps, kamu bisa mendownloadnya dari Windows Store. Tidak ada cara untuk mendapatkan aplikasi universal apps selain dari Windows Store. Selain itu kamu juga masih bisa menginstall software-software yang biasa kamu gunakan di desktop.

 

Settings vs Control Panel

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Sejak hadirnya Windows 8, kamu akan menemukan dua aplikasi untuk mengatur Windows, yaitu PC Settings dan Control Panel. PC Settings dibuat untuk mengatur beberapa pengaturan baru dengan cara yang lebih mudah untuk user. Meskipun begitu tidak semua pengaturan ada di PC Settings. Beberapa pengaturan lama masih tetap berada di Control Panel. Untuk mengakses Control Panel di Windows 10, kini disediakan keyboard shortcut Win+X atau mengklik kanan pada Start Menu.

Tersedia juga Refresh dan Reset yang memungkinkan kamu untuk membuat komputer tampak seperti baru tanpa perlu install ulang Windows. Selain itu kamu tidak bisa menonaktifkan Windows Update otomatis di Windows 10 versi Home, jika kamu ingin menunda update maka kamu harus menggunaan Windows 10 Professional.

 

Taskbar ada Cortana dan Task View

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Ada sedikit perubahan di Taskbar Windows kali ini. Di Windows 8 Microsoft menghilangkan Start Menu dari Taskbar. Pada Windows 10 Start Menu dikembalikan dan juga ada fitur baru seperti Search the web and Windows yang memanfaatkan Cortana dan Task View untuk membuat virtual desktop.

Kedua fitur ini hadir secara default di Windows 10. Jika kamu merasa terganggu dengan kehadirannya, kamu bisa menghilangkannya dengan mengklik kanan desktop dan pilih hide Search atau Task View.

 

Internet Explorer Didepak Digantikan Edge

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Buat kamu pecinta Internet Explorer, di Windows 10 browser defaultnya sudah menggunakan Edge dan tidak menggunakan IE lagi. Meskipun begitu kamu masih tetap bisa menemukan Internet Explorer. Microsoft Edge adalah browser baru buatan Microsoft yang didesain untuk menjadi browser simpel. Dia tidak lagi support ActiveX control, jadi toolbar dan plugin tidak akan kamu temukan disini.

 

Peningkatan Desktop dan Security

Inilah yang Perlu Diketahui Pengguna Windows 7 Tentang Windows 10

Banyak yang telah ditingkatkan di Windows 10 yang pada dasarnya sudah ada di Windows 8. Seperti contohnya Task Manager yang lebih memudahkan kamu untuk melihat resource memory dan bahkan pengaturan program startup yang bisa kamu lakukan disini juga. Windows Explorer berganti nama menjadi File Explorer yang didalamnya ditambahkan berbagai fitur keren, seperti kamu bisa mount file ISO tanpa software tambahan.

Untuk masalah security, Windows 10 menggunakan Windows Defender (dulu namanya Microsoft Security Essentials) sama seperti di Windows 8. Dengan begini kamu tidak perlu lagi antivirus tambahan karena secara default Windows sudah terlindungi dengan Windows Defender. Ada juga fitur SmartScreen yang memblokir hal berbahaya dan software tidak dikenal ketika dibuka oleh komputer kamu.

 

Di atas hanyalah beberapa fitur baru Windows 10 dan belum semua WinPoin sebutkan. Sebagai contoh kamu akan melihat notification center, desain ulang power, network dan icon sound di system tray. Windows 10 juga punya fitur Game DVR untuk merekam dan streaming game PC. Microsoft juga meningkatkan system low level seperti membuat Windows tidak menghabiskan space, boot lebih cepat dan bisa menghadapi serangan virus lebih baik lagi.

Meskipun tampaknya banyak perubahaan yang terjadi di Windows 10, tapi semua itu tidak jauh-jauh dari kelebihannya yaitu user friendly. Windows 10 juga memiliki Tablet mode jadi jika kamu menggunakan PC hybrid, kamu bisa berganti mode dengan mudah. Windows 10 bisa menyesuaikan kebutuhan, saat kamu menggunakan PC kamu akan menikmati environment desktop, saat kamu menggunakan tablet kamu bisa menikmati environment tablet.

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.