Home Editorial 7 Fitur yang Jika Ada di Windows 10 Bakal Membuatnya Semakin Keren

7 Fitur yang Jika Ada di Windows 10 Bakal Membuatnya Semakin Keren

Windows 10 memang sudah keren. Ditanamkannya Cortana, Virtual Desktop, Universal Apps, kembalinya Start Menu, dan berbagai fitur lainnya membuat kita tidak ragu untuk melakukan upgrade. Belum lagi adanya kesempatan upgrade gratis bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 yang semakin membuat Windows 10 lebih menawan lagi.

Namun meskipun Windows 10 sudah terlihat keren, jika 7 fitur ini ditanamkan juga, pasti bakal lebih keren lagi. Berikut ini adalah daftar fitur yang jika ada di Windows 10 bakal membuatnya semakin keren:

 

Tabs di File Explorer

7 Fitur yang Jika Ada di Windows 10 Bakal Membuatnya Semakin Keren

Bagi kamu yang memiliki banyak file dan dokumen atau sering berkutat dengan File Explorer, tentu pernah merasakan frustasi karena kesulitan dalam mengatur banyaknya file menggunakan beberapa window File Explorer.

Dengan predikat kental sebagai OS berbasis Produktivitas, File Explorer ini terasa kurang produktif saat digunakan untuk memanajemen file.

Seandainya saja di File Explorer Windows 10 ditambahkan fitur tabs (dan ini sudah direquest oleh banyak sekali pengguna Windows sejak dulu), maka bekerja dengan File Explorer tentunya bakal lebih mudah dan produktif.

 

Full Aero Glass

7 Fitur yang Jika Ada di Windows 10 Bakal Membuatnya Semakin Keren

Windows 10 dibuat dengan mengedepankan device mobile yang notabene memerlukan efisiensi power tinggi untuk menghemat baterai. Oleh karena itu fitur yang boros power semacam Aero Glass tidak begitu diutamakan oleh Microsoft.

Namun Microsoft lupa bahwa tidak semua orang menggunakan mobile device (laptop, notebook, tablet, dsb). Masih ada ratusan juta pengguna Windows, khususnya gamer yang memakai PC dengan power tinggi dan menginginkan adanya fitur Aero Glass ini.

Meskipun Start Menu dan Taskbar Windows 10 sudah dibuat transparan, namun adanya opsi Full Aero Glass yang bisa diaktifkan atau di-non aktifkan bisa membuat Windows 10 lebih keren lagi.

 

Cortana Support Bahasa Indonesia

7 Fitur yang Jika Ada di Windows 10 Bakal Membuatnya Semakin Keren

Cortana itu keren, cerdas, dan menyenangkan. Namun untuk saat ini jika ingin menggunakan Cortana kita harus “mengakali” Windows dengan mengubah Region nya ke US dan berbicara dalam Bahasa Inggris.

Seandainya saja Windows 10 dilengkapi dengan Cortana yang support Bahasa Indonesia, pasti Windows 10 menjadi lebih keren lagi, khususnya bagi kita yang berada di Indonesia.

 

Customize Login Screen

7 Fitur yang Jika Ada di Windows 10 Bakal Membuatnya Semakin Keren

Windows 10 dilengkapi dengan Lock Screen dan Login Screen. Lock Screen bisa diatur untuk menggunakan gambar dari Bing, ataupun gambar pilihan kita. Tetapi Login Screen tidak dilengkapi fitur yang sama.

Alangkah lebih manisnya jika di Login Screen kita juga bisa menambahkan wallpaper atau gambar seperti yang ada di Windows 7.

 

Integrasi Windows Mobile dan Desktop, Seperti iPhone & Mac!

7 Fitur yang Jika Ada di Windows 10 Bakal Membuatnya Semakin Keren

Di Windows 10 ini Microsoft telah menjanjikan untuk membuat sebuah aplikasi messaging yang terintegrasi antara Skype, SMS, dan beberapa layanan chat lainnya. Aplikasi ini cukup cerdas mendeteksi pesan berasal dari mana dan menampilkannya secara berurutan. Ketika kamu melakukan reply, secara cerdas aplikasi ini akan membuka aplikasi yang digunakan oleh lawan bicara kamu saat terakhir kali. Ini keren, tetapi bakal lebih keren lagi kalau memiliki integrasi yang lebih dalam seperti di iPhone dan Mac OS X.

Baik iPhone, iPad, dan Mac saat ini terhubung dengan sangat dalam. Ketika ada SMS / call di iPhone kamu yang kebetulan dia sedang di charge di ruang bawah dan kamu sedang bekerja di depan Mac, kamu bisa mengangkat telepon atau membalas SMS melalui Mac. Hal yang sama juga berlaku di iPad.

Intinya, Windows 10 bakal lebih keren jika Phone, Desktop, dan Tablet bisa terintegrasi sangat dalam tanpa aplikasi tambahan seperti yang bisa ditemui di iPhone, Mac, dan iPad.

 

Perbaikan Thumbnail Cache yang Mengganggu

7 Fitur yang Jika Ada di Windows 10 Bakal Membuatnya Semakin Keren

Sejak di Windows 8 hingga ke Windows 8.1 — dan kini berlanjut ke Windows 10 Preview, ada salah satu permasalahan thumbnail cache yang mengganggu dan belum juga diperbaiki. Jika pengguna memiliki banyak sekali foto dan video, maka ketika folder dibuka untuk pertama kali setelah booting, Windows akan menggenerate thumbnail lagi dari awal dan ini memakan waktu yang sangat lama sebelum akhirnya file tersebut bisa digunakan.

Jika di Windows 10 final permasalahan ini sudah tidak ditemukan lagi, maka sudah pasti OS tersebut bakal jauh lebih keren dari sebelumnya.

 

Windows Update Sebagai Pusat Download & Update Driver

7 Fitur yang Jika Ada di Windows 10 Bakal Membuatnya Semakin Keren

Banyak pengguna Windows berpikir — jika Windows Store bisa menjadi pusat download aplikasi dan juga software, kenapa Windows Update tidak bisa menjadi pusat download dan update driver?

Saat ini Windows memiliki update bawaan untuk hardware pengguna, tetapi ada driver-driver tertentu yang harus mendownload dari situs official vendornya agar kinerja hardware optimal.

Seandainya Microsoft mengharuskan manufaktur mengupload driver mereka dan menjadikan Windows Update sebagai pusat download driver dengan fitur deteksi otomatis, tentu saja Windows 10 bakal jauh lebih keren.

Kamu tidak perlu download dan update driver secara manual lagi, tetapi proses update driver bakal berlangsung otomatis melalui Windows Update.

 

Fitur Lain yang Kamu Inginkan?

Itulah 7 Fitur yang jika ditanamkan di Windows 10 bakal membuat OS tersebut jauh lebih keren lagi. Selain ketujuh fitur diatas, adakah fitur lain yang kamu inginkan di Windows 10?

Bagikan pendapat kamu disini.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Muhammad Raihan

    Kok Windows phone 8.1 cortana nya emang belum support bahasa indonesia ya?

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      emang belum, kayaknye untuk China support dah lama..

      • Muhammad Raihan

        Oh kalo begitu semoga cepet keluar cortana support bahasa indonesia udh ga sabar pakenya cuma pernah pake yang bahasa inggris sama regionnya juga diganti ke us

    • memang belum, mungkin agak susah memasukkan Bahasa Indonesia kedalamnya..ehheeh

  • pcku212

    Kalo Yg Di Win Update Kurang Setuju. Mending Pas Instalasi Windows Ada Penginstallan Driver Jadi Gak Perlu Repot Lagi Download Manual. Cukup Sedia Installer Windows Aja Dan Driver Akan Terinstall Otomatis Saat Penginstallan Windows Berlangsung :v

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      yang ada file Installernya membengkak..

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Windows Defender :
    – Bisa deteksi Ransomware & Adware Virus secara cepat.
    – UI sekeren Advanced System Care 8.2.

    Windows Movie Maker :
    – Ter-bundle langsung dari Windows 10.

    Themes :
    – Munculkan kembali kostumisasi “font” biar bisa diganti-ganti font style-nya
    (misalkan font default “Seugeo UI” jadi sesuai selera seperti “Comic Sans
    MS” Soalnya fitur ini telah dihilangkan sejak Windows 8).

    Partisi Hard disk
    – Support partisi sistem Linux seperti ext2, ext3, ext4

    Itu saja yang penting Bug .. gak muncul lagi..

    • YanDhika

      hmm untuk cluster size aku harap nggak ngambil terlalu banyak,
      contohnya, HDD 500GB kebaca cuma 465GB :3

  • Naufan

    Keren klo semua yang kita inginkan terpenuhi

  • paling pingin cortana bhs indo sama aero :D

  • Kenny Vito

    windows Update:
    -bisa mengupdate windows mobile 10 melalui pc yang terhubung dengan smartphone
    Apps :
    -aplikasi people dan mail di hapus aja kalau memang semuanya sudah terintergrasi dengan skype saya rasa kurang berguna lebih baik di satukan aja.
    -cortana bisa mematikan,merestart pc/smartphone
    – ada fitur adware block di windows defender.
    -jika gadget sudah tidak ada maka lgantinya live tiles bisa di letakkan di desktop sebagai gantinya gadget.
    -bisa membeli lagu dan video melalui store
    fitur:
    -bisa membalas chat/pesan melalui taskbar/notifikasi tanpa harus membuka aplikasinya (pc,hybrid)
    -ketika mendengarkan musik bisa melihat semua daftar musik melalui taskbar (pc,hybrid)
    -bisa membuat random tile di start menu (pc,smartphone,tablet,hybrid)
    -terintergrasinya semua game xbox dengan semua perangkat yang bisa mensupport game tersebut
    -tambahan game mode pada windows versi pc
    -bisa berpindah virtual desktop satu dengan yang lainnya hanya dengan swipe (tablet)
    -di sediakan aero tile (pc)
    -smartscreen bisa terintergrasi begitu dalam terhadap semua konten dalam bentuk gambar,video,kalimat,ataupun web

  • Rivanda Bakhtiar

    Yang paling diinginkan : Integrasi dengan Windows 10 Mobile dan Tablet juga Desktop !! Ini yg dari awal ditungguin, tapi sayang Microsoft kayaknya gak ngasih ini fitur -___- payah !!

  • Evlan Mars

    File Explorer yang di modernisasi,baik fungsinya maupun tampilannya,,,windows 10 lebih terbuka lagi,dalam arti third party boleh ngustom windows 10 secara bebas(tetapi tetap ngikut aturan yg ada),,windows store dengan aplikasi yang buanyak(HARAPAN BESAR)

  • doblonk

    semuanya ane setuju :o

  • Naufan

    Ngak papa pake b inggris, yang penting regionnya bsa indonesia

  • Ukasyah Rahmatullah Zada

    Klo driver bisa tuh pake windows update.. Gw udh update bbrp driver lwt WU.. Nah justru gw nih pngen download driver manual, aplagi untk wireless,, d.atheros.cz gk bisa jg gw download.. Klo bleh, posting deh cra download driver atheros scara mnual..

    • YanDhika

      kan bisa langsung ke situs merek laptop kamu, atau pakai dvd drivernya juga bisa

  • Putrapetier

    Bagi pengikut insider ,apakah kami harus rolback dulu ke wp 8.1 jika ingin mendapatkan build 10136?

    • Naufan

      Itulah…

  • Muhammad Fawa’id

    -title bar aero glass
    -cortana in small icon taskbar
    -start menu traditional tapi tampilan modern

  • Creeper

    Klo ane ..
    – app di windows store di perbanyak aja , bukan berarti banyak ‘app sampah & useless’
    – bukan cuma cortana bhs.Indonesia aja yg ane inginkan, kecerdasan cortana harus ditingkatkan lagi
    – adanya custom tingkat transparansi aero glass, sampe batas garis di taskbar / klo app di minimize garis tepinya
    benar” hilang (menyatu)
    – untuk browser edge : adanya fitur adblock tpi dgn opsi pengecualian utk suatu web, fitur custom theme biar gk bosen dan turbo mode seperti opera& uc browser
    – perbaikan bug & fitur speed mode tanpa harus menginstall app apapun

  • wah keren tuh, khususnya yg Cortana bahasa Indonesia. Masak kalah sama Google Now, sekarang katanya udah support bahasa Indonesia. Semoga Cortana juga bisa support Bahasa Indonesia… ^^

    • Ivan Azzam

      Ya kah Google Now udah dukung bahasa Indonesia? Keren, coba ah

      • yah, itu katanya, karena saya cuman baca di berita di internet, lupa linknya, maaf gan…

        • Ivan Azzam

          Oh gitu, gpp gan, nanti ane coba cari, trims eniwei infonya!

    • Naufan

      Google now yang bahasa indonesia udah lama itu, itupun perintah yang kita sebutkan tidak respon dgn benar

      • oh jadi gitu, ya gan…
        saya nggak pernah pake android, jadinya nggak tahu, thx infonya gan… ^^

  • Budiです

    Pengen ngerasain Cortana Bahasa Indonesia, Soalnya ane make earphone dengan tombol yang udah rusak jadi pengen kalo ada telpon tinggal bilang “Answer” dan bisa balas SMS bahasa Indonesia juga. Kalo perlu ditambahkan fitur supaya user bisa menambah sendiri cara penggucapan kata-kata non baku.

    Thumbnails? ane siasatin make BabelSolf Media Preview, bisa pilih kualitas thumbnailsnya.

    Dan please, People itu sangat membingungkan baik di WP & Windows.

    Yang paling diinginkan sih cuma performanya masih sangat powerfull untuk spek low end. :)

  • ruddoank

    update build 10.136 sudah bisa di update sekarang. ADMINnya masih NGOROK kali, he he he he he he he he he he he…………… katanya up to date…….. LOL

  • ruddoank

    Windows 10 Mobile Insider preview build 10136 is now available!

    BY JOHN CALLAHAMTuesday, Jun 16, 2015 at 1:04 pm EDT175 Comments

    2

    523

    92

    0

    The latest update for the Windows 10 Mobile Insider preview build is now ready to be downloaded. The new build number is 10136 and can be grabbed by folks who are a part of the Windows Insider program by going to Settings > Phone Update to check for a new OS update

    In a blog post, Windows Insider head Gabriel Aul states that this build is only being offered to users who have Windows Phone 8.1 installed on their phone and are on the Windows Insider Fast ring. He states:

    “If you are running the previous build offered to the Fast ring (10080) and you want to get this build you will need to go back to Windows Phone 8.1 via the Windows Phone Recovery Tool first. Once you’re up and running on Windows Phone 8.1, go to the Windows Insider app and select Insider Fast again. This is required because of a migration bug affecting upgrades from 10080 to this build so we are not supporting that upgrade path. We know this is a little bit painful but we didn’t want to make you wait any longer to get a new build and decided (with help from Windows Insiders following me on Twitter) not to hold for those migration issues to be fixed. Some of you previously had to go through 2 “hops” to get to the latest build on your phone. We’ve made this better and you will be able to upgrade directly to the latest build in a single hop regardless of which Windows Phone 8.1 build you’re starting from.”

    “If you’re on build 10080 and don’t want to flash back to 8.1 to get this build, you don’t have to do anything. You won’t be offered this build but your phone will still be configured for the next one, and we do expect the next build to have the migration issue fixed so you’ll be able to upgrade directly.”

    Aul also mentions one other thing users need to keep in mind with this release:

    ” At the end of the upgrade the Lock screen will appear frozen without the date and time for up to 10 minutes. Please be patient and let it sit – eventually the date and time will appear and it will allow you to unlock your phone. There is a post-upgrade migration status screen missing, which normally would show you that it was making progress. If you get impatient and restart or mess with locking/unlocking your phone, you’ll wind up in a funky state – so just relax and let it do its thing.”

  • Reza Fahlevy

    notepad tolong di buat sesekeren mungkin

  • Masih belum suka sama tampilannya masih monoton :( duhh gak ada ya di seluruh dunia ini yang pengen bikinin desain utk rombak ikon2 di windows 10 nanti…Gak sabar nunggu 29! dan voilaa!

  • Yudhie Yant

    Pengin banget bisa support USB otg..heran sama fitur yang satu ini masih alot juga gak mau di pasang padahal banyak manfaatnya. Ayo doong Microsoft !

  • Kernel kayak di Linux. Soalnya bagi developer yang sering main github agak kesusahan kalau nggak ada command line :v

    • Setuju gan. Salahsatu alasan kenapa banyak dev ga milih Windows tu krn command line nya… Tapi mau gimana lagi, itu kan Unix. :D.
      Tapi msh bisa pake Cygwin bro.

      • Eh, ternyata command line windows bisa juga buat npm *baru tau* :v

  • Ane maunya itu menu2 bar secara default dipindahin ke top bar window nya gan. Kaya Ubuntu… Lumayan bisa ngehemat space, lebih cantik juga. Konsepnya kaya Ubuntu aja gitu, window titlenya di align ke kiri.

    Salah satu yang bikin ga cantik window nya Windows tu ya itu, menurut ane. Hehe