Windows 10 memang sudah keren. Ditanamkannya Cortana, Virtual Desktop, Universal Apps, kembalinya Start Menu, dan berbagai fitur lainnya membuat kita tidak ragu untuk melakukan upgrade. Belum lagi adanya kesempatan upgrade gratis bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 yang semakin membuat Windows 10 lebih menawan lagi.

Namun meskipun Windows 10 sudah terlihat keren, jika 7 fitur ini ditanamkan juga, pasti bakal lebih keren lagi. Berikut ini adalah daftar fitur yang jika ada di Windows 10 bakal membuatnya semakin keren:

 

Tabs di File Explorer

7 Fitur yang Jika Ada di Windows 10 Bakal Membuatnya Semakin Keren

Bagi kamu yang memiliki banyak file dan dokumen atau sering berkutat dengan File Explorer, tentu pernah merasakan frustasi karena kesulitan dalam mengatur banyaknya file menggunakan beberapa window File Explorer.

Dengan predikat kental sebagai OS berbasis Produktivitas, File Explorer ini terasa kurang produktif saat digunakan untuk memanajemen file.

Seandainya saja di File Explorer Windows 10 ditambahkan fitur tabs (dan ini sudah direquest oleh banyak sekali pengguna Windows sejak dulu), maka bekerja dengan File Explorer tentunya bakal lebih mudah dan produktif.

 

Full Aero Glass

7 Fitur yang Jika Ada di Windows 10 Bakal Membuatnya Semakin Keren

Windows 10 dibuat dengan mengedepankan device mobile yang notabene memerlukan efisiensi power tinggi untuk menghemat baterai. Oleh karena itu fitur yang boros power semacam Aero Glass tidak begitu diutamakan oleh Microsoft.

Namun Microsoft lupa bahwa tidak semua orang menggunakan mobile device (laptop, notebook, tablet, dsb). Masih ada ratusan juta pengguna Windows, khususnya gamer yang memakai PC dengan power tinggi dan menginginkan adanya fitur Aero Glass ini.

Meskipun Start Menu dan Taskbar Windows 10 sudah dibuat transparan, namun adanya opsi Full Aero Glass yang bisa diaktifkan atau di-non aktifkan bisa membuat Windows 10 lebih keren lagi.

 

Cortana Support Bahasa Indonesia

7 Fitur yang Jika Ada di Windows 10 Bakal Membuatnya Semakin Keren

Cortana itu keren, cerdas, dan menyenangkan. Namun untuk saat ini jika ingin menggunakan Cortana kita harus “mengakali” Windows dengan mengubah Region nya ke US dan berbicara dalam Bahasa Inggris.

Seandainya saja Windows 10 dilengkapi dengan Cortana yang support Bahasa Indonesia, pasti Windows 10 menjadi lebih keren lagi, khususnya bagi kita yang berada di Indonesia.

 

Customize Login Screen

7 Fitur yang Jika Ada di Windows 10 Bakal Membuatnya Semakin Keren

Windows 10 dilengkapi dengan Lock Screen dan Login Screen. Lock Screen bisa diatur untuk menggunakan gambar dari Bing, ataupun gambar pilihan kita. Tetapi Login Screen tidak dilengkapi fitur yang sama.

Alangkah lebih manisnya jika di Login Screen kita juga bisa menambahkan wallpaper atau gambar seperti yang ada di Windows 7.

 

Integrasi Windows Mobile dan Desktop, Seperti iPhone & Mac!

7 Fitur yang Jika Ada di Windows 10 Bakal Membuatnya Semakin Keren

Di Windows 10 ini Microsoft telah menjanjikan untuk membuat sebuah aplikasi messaging yang terintegrasi antara Skype, SMS, dan beberapa layanan chat lainnya. Aplikasi ini cukup cerdas mendeteksi pesan berasal dari mana dan menampilkannya secara berurutan. Ketika kamu melakukan reply, secara cerdas aplikasi ini akan membuka aplikasi yang digunakan oleh lawan bicara kamu saat terakhir kali. Ini keren, tetapi bakal lebih keren lagi kalau memiliki integrasi yang lebih dalam seperti di iPhone dan Mac OS X.

Baik iPhone, iPad, dan Mac saat ini terhubung dengan sangat dalam. Ketika ada SMS / call di iPhone kamu yang kebetulan dia sedang di charge di ruang bawah dan kamu sedang bekerja di depan Mac, kamu bisa mengangkat telepon atau membalas SMS melalui Mac. Hal yang sama juga berlaku di iPad.

Intinya, Windows 10 bakal lebih keren jika Phone, Desktop, dan Tablet bisa terintegrasi sangat dalam tanpa aplikasi tambahan seperti yang bisa ditemui di iPhone, Mac, dan iPad.

 

Perbaikan Thumbnail Cache yang Mengganggu

7 Fitur yang Jika Ada di Windows 10 Bakal Membuatnya Semakin Keren

Sejak di Windows 8 hingga ke Windows 8.1 — dan kini berlanjut ke Windows 10 Preview, ada salah satu permasalahan thumbnail cache yang mengganggu dan belum juga diperbaiki. Jika pengguna memiliki banyak sekali foto dan video, maka ketika folder dibuka untuk pertama kali setelah booting, Windows akan menggenerate thumbnail lagi dari awal dan ini memakan waktu yang sangat lama sebelum akhirnya file tersebut bisa digunakan.

Jika di Windows 10 final permasalahan ini sudah tidak ditemukan lagi, maka sudah pasti OS tersebut bakal jauh lebih keren dari sebelumnya.

 

Windows Update Sebagai Pusat Download & Update Driver

7 Fitur yang Jika Ada di Windows 10 Bakal Membuatnya Semakin Keren

Banyak pengguna Windows berpikir — jika Windows Store bisa menjadi pusat download aplikasi dan juga software, kenapa Windows Update tidak bisa menjadi pusat download dan update driver?

Saat ini Windows memiliki update bawaan untuk hardware pengguna, tetapi ada driver-driver tertentu yang harus mendownload dari situs official vendornya agar kinerja hardware optimal.

Seandainya Microsoft mengharuskan manufaktur mengupload driver mereka dan menjadikan Windows Update sebagai pusat download driver dengan fitur deteksi otomatis, tentu saja Windows 10 bakal jauh lebih keren.

Kamu tidak perlu download dan update driver secara manual lagi, tetapi proses update driver bakal berlangsung otomatis melalui Windows Update.

 

Fitur Lain yang Kamu Inginkan?

Itulah 7 Fitur yang jika ditanamkan di Windows 10 bakal membuat OS tersebut jauh lebih keren lagi. Selain ketujuh fitur diatas, adakah fitur lain yang kamu inginkan di Windows 10?

Bagikan pendapat kamu disini.

  Fitur macOS di Windows  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.