Beberapa jam yang lalu Intel baru saja mengenalkan prosesor baru mereka, Pentium Silver dan Celeron yang dibuat berdasarkan arsitektur Gemini Lake. Kedua prosesor tersebut rencananya ditargetkan untuk para pengguna PC low budget.

Kedua seri tersebut adalah:

  • Intel Pentium Silver processors N5000 for mobile and J5005 for desktop
  • Intel Celeron processors N4100 and N4000 for mobile and J4105 and J4005 for desktop

Prosesor Pentium kini dibedakan menjadi dua, Pentium Silver dan Pentium Gold. Pentium Silver adalah versi low-end, dibuat berdasarkan arsitektur Gemini Lake dan cocok untuk pekerjaan kantoran. Sedangkan Pentium Gold adalah versi diatasnya yang dibuat berdasarkan arsitektur Kaby Lake. Seri Gold sudah cukup lama ada di pasaran. Loh, memang prosesor Pentium Gold masih layak dibeli? Eitss jangan salah, prosesor Pentium Gold terbaru memiliki performa rata-rata setara dengan Core i3 dan beberapa seri Core i5 untuk desktop generasi Broadwell, namun dijual dengan harga yang lebih murah.

Pada kedua prosesor terbaru Intel, Pentium Silver dan Celeron, Intel mengenalkan teknologi layar terbaru yang diberi nama Local Adaptive Contrast Enhancement (LACE). Teknologi ini membantumu melihat layar yang lebih jelas saat berada di luar ruangan.

Intel tidak mengklaim peningkatan performa dibanding generasi sebelumnya seperti saat mengenalkan seri Core-i, namun mereka menyebutkan berbagai angka secara secara acak. Contohnya mengerjakan spreadsheet, browsing online dan mengedit foto 58% lebih cepat.

PC Windows dengan prosesor baru ini akan mulai diproduksi OEM dan tersedia pada kuartal pertama 2018. Buat kamu yang mau memborong PC dengan harga murah untuk kebutuhan kantor atau kerja-kerja ringan, jangan lewatkan seri terbaru ini ya!

via MSPU

  AXIS HYPHONE Beneran Unlimited..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.