Home News Jutaan Aplikasi Android Bakal Bisa Dijalankan di Windows. Pilih UWP atau Android...

Jutaan Aplikasi Android Bakal Bisa Dijalankan di Windows. Pilih UWP atau Android Apps..?

Jutaan Aplikasi Android Bakal Bisa Dijalankan di Windows. Pilih UWP atau Android Apps..?

Selidik punya selidik, diam-diam Google tengah bekerja untuk untuk menghadirkan Google Play ke Chrome OS. Artinya jutaan game dan aplikasi Android bakal bisa dijalankan di Chrome OS.

Hal ini terlihat dari dialog box yang muncul di Chrome OS, beserta juga code dialog box tersebut.

Meskipun saat ini dialog box itu hilang sesaat setelah muncul, tetapi sepertinya fiturnya telah matang dan siap diumumkan di event developer Google I/O bulan depan.

Jadi dalam waktu dekat seluruh pengguna Chromebook atau Chrome OS bakal bisa menjalankan jutaan aplikasi Android yang tersedia di Google Play.

 

Google Play di Chrome OS = Google Play di Chrome

Jutaan Aplikasi Android Bakal Bisa Dijalankan di Windows. Pilih UWP atau Android Apps..?

Nah disinilah awal spekulasinya. Chrome OS merupakan sebuah sistem operasi dimana ekosistem Chrome sangatlah kental.

Jika Google Play diintegrasikan dengan Chrome OS, maka besar kemungkinan juga bakal bisa dijalankan dari browser Chrome di Windows, Mac, ataupun Linux.

Hal ini sudah pernah terbukti sebelumnya, dimana ketika Google merilis App Runtime for Chrome (ARC) yang bisa menjalankan beberapa aplikasi Android di Chrome OS, sedikit sentuhan dari tangan dingin developer membuatnya bisa berjalan juga di browser Chrome. (Baca juga: Review ARC Welder, Menjalankan Aplikasi Android di Windows Melalui Google Chrome)

Jutaan Aplikasi Android Bakal Bisa Dijalankan di Windows. Pilih UWP atau Android Apps..?

Hal yang sama bisa juga terjadi di Google Play kali ini. Hadirnya Google Play di Chrome OS kemungkinan besar membuat Google Play juga bisa dijalankan di browser Chrome segala OS, termasuk juga Windows.

 

Strategi Google Mematikan UWP?

Hadirnya aplikasi Android ke Chrome OS dan Chrome browser di segala OS ini sebenarnya merupakan langkah yang cukup mematikan, terutama bagi Modern Apps (UWP) di Windows 10.

Yup, saat ini Microsoft tengah bekerja keras untuk mempopulerkan konsep UWP apps ke developer. Bahkan berusaha menarik sebanyak mungkin developer untuk menghadirkan apps mereka ke Windows Store dengan menyediakan bridge, tools, dsb.

Tetapi jika ternyata nantinya Google Play bisa dijalankan di Windows melalui Chrome browser, maka seluruh upaya Microsoft tersebut bisa terhambat.

Bisa jadi sebagai pengguna Windows 10 kita lebih memilih menjalankan aplikasi dari Google Play di desktop daripada UWP itu sendiri, atau developer enggan menghadirkan apps nya ke Windows Store karena apps versi Android mereka sudah bisa dijalankan di Windows.

Langkah ini mungkin saja terinspirasi dari Microsoft sendiri yang berekspansi dan menghadirkan aplikasi unggulannya ke platform lain seperti Android & iOS, dan Google mungkin tertarik juga untuk melakukan hal yang sama.

 

Popularitas Chrome + Banyaknya Android Apps = Boom!

Jika benar Google Play nantinya bakal bisa dijalankan juga melalui Chrome browser di Windows dan OS lainnya, maka Google seolah punya senjata kombo.

Browser Chrome yang sudah sangat populer dan banyak digunakan, dipadukan dengan Android apps yang jumlahnya sangat banyak dan lengkap, mungkin bakal membuat strategi ini sukses besar.

Pendapatan Google melalui ads dari share revenue di aplikasi Android bakal meningkat seiring semakin banyaknya pengguna, pendapatan developer Android juga meningkat yang berpotensi membuat mereka semakin semangat dalam menghadirkan dan mengupdate aplikasi mereka.

Lalu bagi pengguna Windows sendiri, bakal ada semakin banyak pilihan aplikasi yang bisa kita jalankan.

 

Pilih UWP atau Android Apps?

Jika Google Play di Chrome OS bisa juga dijalankan di Chrome browser Windows (dan kemungkinan besar bakal begitu, entah secara official atau unofficial dari sentuhan tangan dingin developer), mana yang akan kamu pilih: UWP apps di Windows Store ataukah Android apps di Google Play?

Bagikan pilihan kamu dengan mengisi polling berikut ini:

via ars | thurrot

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.