Tepat dua tahun yang lalu, di bulan Maret 2016, Microsoft menghebohkan dunia dengan mengumumkan dukungannya terhadap Linux. Acara Build Microsoft — saat momen itu diumumkan — langsung heboh karena seperti yang kita ketahui bersama, Microsoft merupakan ‘musuh bersama’ bagi komunitas open source.

Dua tahun berlalu, Microsoft terus menerus mewujudkan janjinya untuk menghadirkan Bash Linux ke Windows dan menjadikan Windows lebih ramah terhadap Linux. Winpoin juga pernah membahas bahwa Microsoft telah membawa Ubuntu, SUSE, dan Fedora yang masing-masing merupakan distro populer Linux, ke Microsoft Store! Tentu saja bagi para pengguna Linux, ini merupakan tawaran yang cukup menarik!

Kali ini, Microsoft mengumumkan bahwa pengguna sudah bisa download langsung Kali Linux dari Microsoft Store!

Dengan download aplikasi Kali Linux ini, kamu dapat menginstal dan menjalankan penetration testing distribution untuk Kali Linux secara native di OS Windows 10.

Untuk menggunakannya kamu perlu mengaktifkan dulu WSL (Windows Susbystem for Linux) melalui Turn Windows features on or off. 

Setelah itu kamu tinggal download dan install Kali Linux untuk Windows 10 dari Microsoft Store. Lalu untuk menjalankan Kali shell, ketikkan kali di command prompt as admin dan tekan Enter, atau klik tile Kali di Start Menu. Kini kamu bisa menginstall berbagai tool kali Linux dan menjalankannya langsung dari dalam Windows. Proses instalasi tool bisa kamu lakukan melalui command apt, misalnya saja untuk menginstall Metasploit Framework, kamu tinggal jalankan saja command

apt-get update
apt-get install metasploit-framework

WinPoin akan berikan panduan lengkap cara install Kali Linux di Windows 10 — sekaligus bagaimana menggunakannya di artikel selanjutnya. Stay tuned!

  Review MIUI 10 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.