Dua hari yang lalu, Winpoin melaporkan adanya error berkode 80070020 di OS Windows Phone 8.1 yang menyebabkan pengguna tidak bisa download aplikasi dari Store. Saat berupaya download aplikasi dari Store, maka akan ditampilkan pesan “There is a problem completing your request. Please try again later. Error code: 80070020. Sebagaimana ditulis dalam artikel sebelumnya, ini bisa diatasi dengan cara mengubah tanggal ke 3 Desember 2017. Pada saat itu saya sempat khawatir bahwa ini merupakan pertanda bahwa Microsoft sudah mulai menghentikan support untuk Windows Phone 8.1.

Terungkap bahwa ternyata ini terjadi karena Microsoft lupa memperbarui sertifikat server SSL, yang menimbulkan masalah backend pada store. Sebuah firmware telah diberikan oleh Microsoft untuk mengatasi masalah tersebut. Ini dilaporkan oleh Martin Suchan, seorang developer Microsoft spesialis Windows Phone.

Lalu apakah kita harus download firmware tertentu untuk mengatasi masalah ini? Jangan khawatir! Karena masalahnya murni adalah masalah di Store, maka kamu tidak perlu melakukan apa-apa. Seharusnya mulai sekarang, kamu sudah dapat download lagi aplikasi dari Store dengan lancar.

Setelah pengumuman, saya mempraktikkan langkah tersebut, tapi setelah error 80070020 hilang, perangkat menampilkan error code 805a01f4 dan permasalahan yang sama terjadi, perangkat belum bisa download aplikasi. Dari diskusi beberapa blogger tekno, ditarik kesimpulan bahwa Store masih dalam penyesuaian sertifikat server SSL baru. Beberapa orang bisa download aplikasi cukup dengan merestart perangkatnya, namun beberapa orang yang lain mendapati Store tetap tidak berfungsi. Diskusi dari beberapa blogger teknologi menghasilkan kesimpulan masalah ini akan selesai dengan sendirinya setelah proses penyesuaian yang biasanya memakan waktu satu hingga dua hari. Semoga saja ini benar. Saya akan segera mengabarkan kembali jika Store sudah dapat digunakan dengan lancar.

 

Update: Store sudah bisa digunakan dengan lancar. Sekarang kamu bisa download aplikasi dengan bebas kembali di Windows Phone 8.1 tanpa terkena error.

 

Sumber: MSPoweruser

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.