Surface Duo via Microsoft

Tanpa ada pertanda apa-apa, Microsoft tiba-tiba saja siang tadi mengumumkan tanggal rilis dan harga Surface Duo, perangkat (yang tidak lagi) mistis Surface Phone yang dinantikan fanboy Microsoft bahkan mungkin sejak 2014 ketika Windows Phone sedang jaya. Ironisnya, perangkat ini tidak menjalankan OS Windows, akan tetapi OS sejuta umat: Android.

Pilihan OS tersebut tidak dapat dielakkan, sebagaimana pernyataan resmi Panos Panay ketika memamerkan Surface Duo pada Surface Event 10 bulan yang lalu ini, orang-orang memerlukan aplikasi yang familiar mereka gunakan sehari-hari, dan Windows Phone gagal dalam menyediakan itu. Oleh karena itu, penggunaan Android di Surface Duo lebih pada upaya untuk memberikan kebutuhan pengguna secara umum.

Redmond mengumumkan bahwa Surface Duo akan mulai tersedia di toko pada tanggal 10 September 2020 dan pre-order sudah dimulai sejak hari ini, tanggal 12 Agustus 2020! Kabar yang fantastis bukan? Berapa harganya? Untuk harga, Microsoft akan menyematkan harga USD 1.399. Harga ini meskipun cukup mahal, tapi dinilai masih relevan karena kurang lebih sama dengan flagship milik Samsung, yaitu Galaxy Note 20 yang dijual mulai harga USD 1.299 dan bahkan masih di bawah versi spek tertinggi untuk Galaxy Note 20 Ultra, yaitu USD 1.450. Surface Duo bahkan masih berada di bawah harga rata-rata foldable phone yang hadir di pasaran. Galaxy Fold generasi pertama masih menjadi perangkat foldable termahal yang dijual dengan harga USD 1.899.

Sayangnya, harga yang disebut Microsoft ini tidak disertai pengumuman mengenai spek dan fitur istimewa sehingga kita agak kesulitan memberikan validasi terhadap harga premium Surface Duo ini. Tapi mungkin kita bisa sedikit mengintip keistimewaan Surface Duo dari video yang dirilis resmi Microsoft siang tadi di channel Microsoft Surface.

Dari video tersebut, saya mengasumsikan bahwa keistimewaan Duo adalah bisa menjalankan aplikasi secara berpasangan di layar yang berbeda dalam skenario yang saling melengkapi. Selain itu, Surface Duo memiliki fleksibilitas fungsi yang memungkinkannya digunakan selain untuk perangkat kerja juga bisa dimanfaatkan untuk gaming. Tentu saja experience beraktivitas di layar ganda ini perlu kita rasakan terlebih dahulu sebelum memberikan penilaian mengenai sepadannya perangkat ini dengan harganya.

Meskipun Microsoft tidak mengumumkan secara resmi spek Surface Duo ini, banyak web yang biasa meliput Microsoft memberikan bocoran bahwa kemungkinan Surface Duo akan menggunakan processor Snapdragon 855, 6GB RAM, dan penyimpanan 64GB. Surface Duo juga disebut-sebut menggunakan baterai sebesar 3577 mAh yang semoga saja kuat menyokong sepasang layar perangkat ini.

Raksasa software ini memberikan sedikit hint bahwa Surface Duo akan memiliki ‘level keamanan tingkat tertinggi mulai dari chip hingga cloud’, yang sepertinya akan sangat cocok untuk kalangan enterprise. Surface Duo juga akan menggunakan sistem Unified Extensible Firmware Enterprice (UEFI) yang sudah dikustomisasi sehingga pengguna bisa mengontrol sepenuhnya komponen firmware. Selain itu Microsoft juga menjanjikan pengalaman yang sedekat mungkin dengan Windows 10, bahkan dengan adanya fitur khusus Windows Virtual Display yang dijalankan lewat cloud. Namun seperti apa implementasinya, kita masih perlu wait and see.

Mungkin beberapa hari ke depan Microsoft akan mengungkap perlahan-lahan fitur-fitur unggulan Surface Duo ini, dan Winpoin pasti tidak akan lupa untuk memberitakannya!

Sumber: BGR

  Noise Cancelling Earphone Terbaik! Review Bose QuietComfort Earbuds Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.