Kini Gmail pun Diblokir di China

Bersyukurlah bagi kita yang berada di Indonesia, kita masih bisa bebas menikmati hampir semua layanan internet tanpa sensorship.

Terhitung sejak hari ini penduduk China sudah tidak bisa mengakses Gmail lagi. Pemerintah China memblokir akses Gmail bagi seluruh pengguna internet di seantero China.

Sebelumnya China telah memblokir Facebook, Google Search, Twitter, dan “memaksa” penduduknya untuk menggunakan layanan alternatif buatan mereka sendiri. Bahkan mereka sempat melarang penggunaan Windows dan sesumbar akan merilis sistem operasi tandingan buatan mereka sendiri. (Baca: Ogah Menggunakan Windows, Cina Akan Merilis Desktop OS Sendiri Oktober Ini)

Awal tahun lalu China juga memblokir akses ke Instagram untuk mencegah tersebarnya foto-foto demo dan protes anti-demokrasi disana. (Baca: Inilah Alasan China Memblokir Instagram)

Kini dengan diblokirnya Gmail pada level IP, maka penduduk China yang memiliki akun Gmail harus menggunakan Proxy / VPN untuk mengakses email mereka.

via dynresearch

  iPhone Refurbished, Rekondisi, CPO..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.