Ogah Menggunakan Windows, Cina Akan Merilis Desktop OS Sendiri Oktober Ini

Masih ingatkah kamu dengan keputusan pemerintah Cina bulan Mei lalu? Saat itu pemerintah Cina memutuskan dengan tegas untuk melarang penggunaan Windows 8 di berbagai fasilitas pemerintahan. Hal ini mereka lakukan karena khawatir kalau data penting pemerintah bakal disadap oleh Amerika melalui Windows.

Banyak memang yang menganggap tindakan Cina tersebut sebagai aksi yang konyol. Namun ternyata Cina sangat serius dan tidak main-main dengan keputusannya itu.

Hari ini Head Official OS Development Cina Ni Guangnan menyatakan bahwa bulan Oktober ini Cina akan merilis Desktop OS buatan sendiri. Mereka menargetkan sistem operasi tersebut akan berhasil menggantikan Windows di seluruh komputer desktop dalam satu atau dua tahun kedepan.

Ni menjelaskan bahwa OS tersebut akan memiliki app store sendiri sehingga tidak kalah dengan Windows maupun Mac OS.

Namun tidak hanya berhenti di OS desktop saja, Cina juga akan merilis sistem operasi untuk smartphone dan mobile device lainnya. Dalam tiga sampai lima tahun kedepan mereka berharap sudah bisa menggantikan Android, iOS, dan Windows Phone dengan OS mobile buatan mereka sendiri.

Bagaimana menurut kamu dengan tindakan Cina tersebut? Seandainya Indonesia mengambil keputusan yang sama, apa yang akan kamu lakukan?

via businessinsider

  Review Zoom H1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.