Kalo kalian lagi cari laptop buat kerja atau sekolah untuk aktivitas casual kayak olah dokumen, browsing, streaming, atau meeting — ASUS ZenBook 14 terbaru ini perlu kalian masukin list — karena ada banyak fitur yang bikin laptop ini layak buat dipilih, terutama kalo kalian emang suka sama tipikal laptop yang tipis, ringan, dan portable.

Desain & Build Quality

Dari sisi desain, ASUS ZenBook 14 tampil lebih kokoh dan elegan dengan body full Aluminium Alloy — jadi di seluruh body nya ini semuanya udah full metal! Bahkan keyboard nya juga dibuat nge-blend dengan finishing dan style khas metal.

Karakter Zen masih melekat di laptop ini, jadi di cover atasnya tetap menggunakan desain dengan pola melingkar khas ZenBook series. Sedangkan untuk finishing di masing-masing sudutnya sengaja dibuat tegas. Warnanya sendiri unik, ini yang Lilac Mist, dan warnanya kayak silver keunguan gitu guys.

Dan laptop ini udah lolos military grade by the way, jadi tentunya udah tahan di berbagai kondisi ekstrim ya.

Untuk ukurannya dia tipis, compact, dan ringan. Tebalnya cuman 13,9mm dengan berat 1,13kg aja. Jadi ini portable banget ya mengingat ini laptop 14 inch sebenarnya tapi ukurannya mirip kayak laptop 13 inch. Ini juga berkat bezel tipis di layarnya ini yang bikin screen to body ratio nya sampe 90%. Dengan ukurannya ini ZenBook 14 juga ringkas buat dibawa kemana-mana.

Layar

Dan ngomongin layar, rasio layar 14 inch ini 16:9 jadi terkesan lebar ya, dengan resolusi FHD. Rasio ini cocok nih dipake buat multitasking yang side by side, jadi buka dua aplikasi sekaligus di kiri dan di kanan. Brightness nya maksimal sampai di 300 nits, bisa mereproduksi warna sampai 100% di color space sRGB, dan yang paling saya suka sih layarnya punya lapisan anti-glare, yang meskipun kesannya jadi kayak matte ya lapisan luarnya ini — tapi enak gak gampang mantul terutama kalo lagi dipake outdoor. ASUS mengklaim kalo layar laptop ini hemat daya dan gak ngabisin baterai karena pake panel 1W terbaru, yang kabarnya sih bisa menghemat baterai sampe 37,5% dibanding panel layar standar.

Webcam + Windows Hello

Di bagian atas layar ini ada HD camera untuk zoom, atau video call, dan ini yang menarik guys, karena ini gak cuman dipake buat webcam aja ya tapi ada IR scanner nya untuk login menggunakan scan wajah via Windows Hello.

Nah Windows Hello ini praktis, karena kita gak perlu repot-repot masukin PIN atau Password kalo mau login windows, tinggal buka aja layarnya dan nyalain laptopnya, dan Windows Hello bakal otomatis scan wajah untuk login ke Windows. Simple banget dibanding masukin PIN secara manual.

Keyboard & NumberPad 2.0

Dan kalo kita lihat keyboardnya, ini juga menarik guyss, karena keyboard ini sekarang dibuat full memenuhi body dari laptop-nya. Jadi dengan ukuran laptop yang cukup kecil ini kita dapet full keyboard yang luas — sampe ada ekstra tombol kayak Home, PgUP, PgDn, dan tombol End juga. Experience ngetiknya enak karena tombolnya besar dengan key travel yang cukup dalam. Palmrest nya juga cukup lebar untuk laptop seukuran ini, jadi cukup nyaman kalo kalian ngetik disini.

Touchpad-nya juga lebih luas sekarang, dan seperti di banyak laptop ASUS lainnya, touchpad ini juga bisa sekaligus menjadi numpad dengan fitur NumberPad 2.0. Jadi kita bisa aktifkan aja kalo pengen aktifin numpadnya.

Performa

Dan untuk performanya guys. Ada dua varian ASUS ZenBook 14 ini dengan beberapa varian specs, mulai dari yang pake CPU Intel Core i5-1035G1 sampe core i7-1065G7 Generasi 10. Dan untuk varian Core i7 nya ini udah dilengkapi dengan GPU Intel Iris Plus yang secara performa lebih tinggi dengan konsumsi daya yang tetap rendah. Untuk storage ada 512GB NVMe SSD dengan RAM sampai 16GB.

Nah yang saya review ini varian yang terbawah sebenarnya dengan Intel Core i5-1035G1, 8GB RAM, dan 512GB SSD — tetapi untuk penggunaan casual yang biasa diperlukan oleh kalangan kerja dan sekolah, performa laptop ini udah lebih dari cukup. Browsing banyak tab, streaming, olah dokumen, multitasking, semua bisa dilakukan lancar di laptop ini.

Speaker

Untuk speaker nya sendiri ini menarik guys sebenarnya, karena kualitas audionya enak banget ya, dan udah harman-kardon certified juga. Cuman karena lokasinya mungkin ada di bawah ya sometimes kalo kita pake di kasur gitu, jadi agak mendem. Tapi overall suaranya enak buat denger musik dan udah kencang juga buat nonton film rame-rame.

Baterai

Untuk baterainya, dibanding ZenBook 14 versi sebelumnya, ada peningkatan kapasitas baterai di versi yang terbaru ini. Laptop ini sekarang dilengkapi dengan baterai berkapasitas 67Whr, yang dari pengujian saya saat pake harian untuk olah dokumen dan juga browsing — bisa bertahan 11 sampai 13 jam — jadi udah bisa diajak kerja seharian. Tentunya keawetan baterai ini juga tergantung sama aktivitas kerja kalian ya dan aplikasi apa aja yang kalian buka.

Port & Konektivitas

Dan terakhir untuk port-nya, laptop ini dilengkapi dengan 1 port HDMI, 2 port USB Type-C dengan Thunderbolt 3 yang support display dan power delivery, terus ada 1 port USB Type-A, dan ada satu microSD card reader.

Untuk chargingnya ini juga langsung pake port USB Type-C jadi lebih simple bisa di charge di port yang mana aja disini.

Dan untuk konektivitas sendiri laptop ini udah support Wi-Fi 6 serta Bluetooth 5.0 Dual Band.

Harga

Untuk harga ZenBook 14 terbaru ini dijual dengan harga mulai 14,299,000 untuk yang varian core i5 dan 17,299,000 untuk yang varian core i7 dengan dua pilihan warna yaitu Pine Grey dan Lilac Mist.

Kesimpulan

Oke itu dia review laptop terbaru dari ASUS yaitu ASUS ZenBook 14. Kalo bisa saya simpulkan ini laptop yang cocok banget buat anak sekolah, kuliah, atau pekerja profesional yang butuh laptop tipis, ringan, dan portable untuk aktivitas casual sehari-hari.

Kalo kalian punya pertanyaan seputar laptop ini boleh banget disampaikan di kolom komentar.