Home Apps Lebih Bagus Mana: Windows Camera vs ProShot Classic vs ProShot UWP?

Lebih Bagus Mana: Windows Camera vs ProShot Classic vs ProShot UWP?

Review ProShot UWP di Windows 10 Mobile

Aplikasi ProShot UWP untuk Windows 10 sudah dirilis beberapa waktu yang lalu di Windows Store, dan bahkan sempat juga ditarik akibat permasalahan distribusi apps yang tak sesuai. Namun kini, apps tersebut sudah kembali dan dapat kamu unduh dengan harga normal.

Nah, sebelumnya ada beberapa orang di LINE meminta saya untuk membandingkan hasil dari aplikasi ProShot UWP dengan Windows Camera dan ProShot Classic. Namun, jujur saja saya kurang begitu terampil dalam fotografi sehingga saya akan meminta maaf terlebih dahulu jika seandainya hasil foto dari saya kurang maksimal.

Foto yang saya ambil di bawah semuanya menggunakan device Xiaomi Mi4 Windows 10 Mobile yang memakai build publik 14393.67.

So, lets gets started:

Inilah hasil pertama dari ketiga apps tersebut, pada hasil pertama ini saya hanya memakai mode autofokus. Foto ini diambil saat sore hari sekitar pukul 16.00.

Yang di bawah ini merupakan hasil kedua dari ketiga apps tersebut, pada hasil ini saya menggunakan mode HDR pada semua apps. Foto ini diambil sekitar 15 menit setelah foto pertama diambil.

Yang dibawah ini merupakan hasil foto ketiga, ketiga apps menggunakan mode normal dan diambil saat matahari mulai terbenam.

Untuk foto yang keempat, saya mengambil di jalan raya yang penuh kendaraan dan hanya menggunakan mode auto, tanpa flash sama sekali. Foto ini diambil sekitar pukul 18.30.

Ini adalah foto terakhir, saya ambil ditempat serupa dengan foto keempat. Namun, pada foto kali ini saya menggunakan mode HDR pada ketiga apps tersebut.

Jadi, lebih bagus mana antara aplikasi Windows Camera, ProShot Classic, dan ProShot UWP? Tentunya itu kembali ke pilihan kamu masing-masing, karena setiap aplikasi memiliki kelebihannya tersendiri.

Kalau kamu tanya ke saya, jujur saja saya masih lebih suka aplikasi Windows Camera. Selain ringan, hasil gambar dari aplikasi ini juga cukup baik dan responnya cukup cepat saat mengambil gambar. Namun, jika seandainya nanti aplikasi ProShot UWP semakin baik dan semua fitur telah tersedia mungkin saya akan beralih pada aplikasi tersebut karena selain memiliki banyak fitur, ProShot UWP juga sangat baik dalam mode HDR.

Kesimpulannya, kamu harus menentukan sendiri aplikasi kamera yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Menurut saya Windows Camera yang sekarang sudah sangat baik, akan tetapi jika kamu merasa lebih nyaman dengan ProShot belilah saat ada diskon atau Free dan juga jika semua fitur pada aplikasi tersebut telah tersedia. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan ketiga aplikasi tersebut:

Windows Camera

(+) Free

(+) Bawaan Windows 10 Mobile

(+) Hasil Foto Cukup Baik

(+) UI yang simpel, Ringan dan Performa O.K.

(+) Pengambilan gambar cukup cepat

(-) Mode HDR dan Auto perbedaannya tak terlalu signifikan

(-) Minim Fitur

ProShot Classic

(+) Warna yang dihasilkan lebih cerah dan nyata

(+) Foto yang dihasilkan lebih (hangat) Warm

(+) Mode HDR amat baik

(-) Terkadang foto yang dihasilkan kelebihan cahaya

(-) Cukup Berat dan terkadang mengalami Freeze

(-) Foto terkadang blur karena terkadang fokus otomatis pada ProShot Classic tak bekerja

(-) Proses Filter gambar HDR terbilang cukup lambat

(-)  Aplikasi Berbayar

ProShot UWP

(+) Ringan dan Responsif

(+) Hasil Foto yang dihasilkan lebih (sejuk) Mint

(+) Fiturnya banyak, lebih banyak dari Windows Camera dan ProShot Classic

(+) UI mudah dan simpel

(+) Mode HDR amat baik

(-) Masih memiliki banyak bug

(-) Masih belum stabil dan sering mengalami Crash

(-) Beberapa fitur masih belum dapat dicoba (Light Painting)

(-) Aplikasi Berbayar

(-) In-app Purchase (Mode HDR dibeli terpisah)

(-) Foto terkadang blur karena terkadang fokus otomatis pada ProShot UWP tak bekerja

*Catatan: (+) Kelebihan, (-) Kekurangan

Itulah perbandingan ketiga aplikasi kamera yang bisa dibilang terbaik yang tersedia di Windows Store. Kalau kamu menggunakan yang mana?

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '