Netmarketshare, salah satu lembaga survei yang khusus mendedikasikan diri untuk menyurvei pangsa pasar produk tertentu, baru saja merilis perbandingan operating system berdasarkan pangsa pasarnya untuk November 2018 ini. Dari data yang disampaikan, terungkap bahwa pangsa pasar Windows 10 sedikit lagi akan melampaui Windows 7!

Windows 10 kini telah meraih pangsa pasar 38,14%, sebenarnya tidak mendapatkan lonjakan yang signifikan. Namun akibat banyaknya pengguna Windows 7 yang beralih ke Windows 10, ini menjadikan pangsa pasar Windows 7 turun dari 39,35% menjadi 38,89%. Dengan hanya selisih 0,75%, maka nampaknya sedikit lagi pangsa pasar Windows 7 sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan, akan segera terlampaui.

Nampaknya ini adalah berkat ‘rajin’-nya Microsoft melakukan kampanye untuk mengajak para penggunanya pindah ke Windows 10. Sayangnya hal ini tidak diikuti oleh meningkatnya pengguna web browser milik Microsoft. Edge yang menjadi andalan Microsoft terus menunjukkan pangsa pasar yang mengecewakan. Browser pengganti Internet Explorer ini menunjukkan penurunan dari 4,28% ke 4,22% di bulan November. Sementara itu, Chrome yang merupakan browser yang paling banyak digunakan di dunia, sebenarnya juga mengalami penurunan, yaitu dari 66,43% ke 65,57%.

Ini menunjukkan bahwa Microsoft masih punya banyak PR untuk menjadikan browser mereka lebih dicintai di seluruh dunia. Kestabilan mungkin adalah salah satu hal yang paling diharapkan pengguna mengingat ini adalah permasalahan yang paling sering terjadi di Microsoft Edge hingga saat ini.

 

Sumber: MSPoweruser

  Snapdragon PALING EXTREME  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.