Di video ini saya bandingkan dua aplikasi streaming resmi Piala Dunia 2018, yaitu MAXstream versus KLIXTV. Mana yang lebih baik dan mana yang sebaiknya kamu pilih, temukan jawabannya di video Review Aplikasi Streaming Piala Dunia 2018: MAXstream vs KLIXTV.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info teknologi terbaru setiap hari.

Lebih suka baca artikel daripada nonton video reviewnya? Berikut WinPoin sertakan review MAXstream vs KLIXTV dalam versi teksnya.

Ketersediaan bagi Pengguna

Pertama kita ngomongin dari ketersediaannya terlebih dahulu. MAXstream bisa kamu nikmati di iPhone dan Android. Sedangkan KLIXTV — aplikasinya hanya ada di Android saja. Tapi, kamu bisa mengaksesnya melalui browser — yang artinya bisa kamu tonton juga di iPhone, laptop / PC Windows , iPad, dan hampir semua perangkat yang memiliki browser.

Selain itu, MAXstream hanya tersedia bagi pengguna Telkomsel saja — sedangkan KLIXTV bisa digunakan oleh berbagai macam provider lainnya.

Jadi dari sisi ketersediaan, KLIXTV lebih unggul daripada MAXstream.

Kestabilan Streaming

Kedua kita ngomongin dari kestabilan streamingnya. Di pembukaan Piala Dunia 2018 ini layanan MAXstream beberapa kali mengalami down dan overload, sehingga tidak bisa login atau bahkan sulit diakses.

Tetapi KLIXTV bisa diakses lancar-lancar saja tanpa masalah, login lancar, streaming lancar. Jadi dari sisi kestabilan streaming, KLIXTV lebih unggul daripada MAXstream.

Kualitas Gambar

Ketiga kita mau ngomongin kualitas gambar yang dihasilkan. Disini MAXstream lebih unggul karena menyiarkan kualitas gambar yang lebih tajam dan kontras dibandingkan KLIXTV. Tampilannya lebih detail dan jernih. Sedangkan KLIXTV dari sisi tampilan tampak lebih buram dibandingkan MAXstream.

Jadi dari sisi kualitas gambar, MAXstream lebih unggul daripada KLIXTV.

Experience Nonton

Keempat, kita mau ngomongin experience saat nonton Piala Dunia 2018. Ada hal yang tidak saya sukai di KLIXTV, yaitu tidak adanya overlay skor dan waktu pertandingan yang tampil konsisten. Skor hanya ditampilkan sesekali, dan ini jarang sekali, jadi kalo kamu telat nonton, bakal cukup bingung untuk mengetahui berapa skor dan sudah berapa lama pertandingan berlangsung.

Tetapi di MAXstream, skor dan waktu pertandingan terus ditampilkan, memudahkan kamu untuk mengetahui status jalannya pertandingan.

Jadi untuk experience nonton ini, MAXstream lebih unggul daripada KLIXTV.

Diluar Pertandingan

Kelima, kita mau ngomongin tentang apa yang disiarkan di luar pertandingan. Saat istirahat dan seusai pertandingan misalnya, Di MAXstream, kamu bakal mendapatkan beberapa suguhan iklan, karena yang disiarkan merupakan Channel Piala Dunia — sama seperti yang disiarkan oleh Indihome. Ada pula perbincangan komentator dan ulasan pertandingan, yang memang bagi kita penonton di Indonesia, membuat suasana Piala Dunia jadi lebih kental.

Tetapi kalo di KLIXTV, tidak disiarkan iklan. Saat istirahat kamu akan disuguhi dengan highlights pertandingan. Dan sesudah pertandingan bakal disuguhi berbagai acara sehubungan dengan piala dunia, seperti profil pemain, negara, dsb — yang mayoritas tidak disiarkan dalam Bahasa Indonesia.

Jadi untuk hal ini tergantung selera ya, tapi kalau saya sendiri lebih suka suguhan dari MAXstream yang memberikan perbincangan dan ulasan pertandingan dari komentator.

Harga

Terakhir kita mau ngomongin harga. MAXstream ini gratis bagi pengguna Telkomsel. Kamu hanya perlu kuota VideoMax untuk mengaksesnya, dan kalau kuota VideoMax habis, kamu bisa pakai kuota normal. Ada pula promo 30GB kuota VideoMax seharga 10 rupiah, tetapi hanya bisa kamu beli satu kali saja. Lumayan untuk koleksi kuota di bulan pertama Piala Dunia 2018 ini.

Sedangkan KLIXTV ini tidak gratis. Kamu harus membayar biaya 99 ribu rupiah sekali bayar untuk mendapatkan akses streaming semua pertandingan Piala Dunia 2018. Dan ini diluar biaya kuota gaes, karena kamu juga harus menyiapkan kuota untuk streaming — kecuali pengguna XL yang kabarnya bisa mengakses KLIXTV tanpa dihitung kuota.

Untuk masalah harga, MAXstream lebih unggul karena bisa diakses gratis oleh pengguna Telkomsel.

Pilih Mana?

Pertanyaannya, mending mana — MAXstream atau KLIXTV? Kamu bisa jadikan poin-poin review tadi sebagai bahan pertimbangan. Tapi kalau saya pribadi, dari sisi konten sebenarnya lebih menyukai MAXstream, tetapi karena pertimbangan kestabilan streaming — akhirnya saya pilih KLIXTV untuk jadi aplikasi streaming andalan.

Kalau di upacara pembukaan dan pertandingan pembuka saja MAXstream sempet beberapa kali ngedown dan overload, saya tidak mau ambil resiko terjadi down di pertandingan-pertandingan penting — terlebih pertandingan final nanti.

Di pembukaan Piala Dunia 2018 ini KLIXTV menunjukkan kestabilan akses yang membuat saya lebih pede menjadikannya sebagai aplikasi streaming Piala Dunia andalan. Selain itu selain di smartphone, dengan KLIXTV saya juga bisa nonton streaming Piala Dunia 2018 di PC / Laptop Windows.

Bagaimana dengan kamu gaes, lebih pilih mana, MAXstream ataukah KLIXTV, atau mungkin punya aplikasi streaming andalan lain untuk menonton piala dunia 2018 di smartphone? Silakan bagikan di kolom komentar.

Akhir kata saya mewakili seluruh keluarga besar WinPoin dan Poin Asia mengucapkan selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin jika ada salah kata dan perbuatan, baik melalui tulisan, video, kolom komentar, dan lain sebagainya.