Home Apps Ingin Memanfaatkan Windows Phone untuk Hal Produktif? Berikut Tipsnya!

Ingin Memanfaatkan Windows Phone untuk Hal Produktif? Berikut Tipsnya!

Tips Produktif

Dalam sebuah wawancara, seorang wartawan bertanya kepada Yoga, developer Windows Phone ternama: “Mas Yoga, menurut Anda seperti apa seharusnya seorang developer bekerja?”

Yoga menjawab santai: “Developer yang baik itu ketika pagi hari merasa dengan yakin bahwa semua pekerjannya dapat diselesaikan pada hari ini, lalu ketika malam tiba, dia merasa yakin bahwa pekerjaannya dapat diselesaikan besok.”

Dulu Winpoin pernah mengulas tips untuk bekerja lebih produktif dengan Windows Phone. Namun ternyata banyak lagi hal yang dapat diulas terkait dengan manfaat smartphone untuk produktivitas ini. Tentu saja produktivitas ini tidak melulu berkaitan dengan kerja. Aktivitas kreatif dan belajar pun memerlukan pengaturan untuk menciptakan produktivitas. Nah, jika kamu menggunakan Windows Phone, maka beberapa hal di bawah ini akan sangat cocok diterapkan pada smartphone kesayangan kamu tersebut.

 

1. Kelompokkan email milikmu

Tips Produktif

Jika kamu menggunakan beberapa email yang terikat dengan pekerjaanmu sehari-hari, kamu dapat mengelompokkannya sehingga kamu dapat memeriksanya semua di satu tempat. Untuk mengelompokkan akun email, kamu dapat menautkan akun Emailmu sebelum kemudian membuat nama baru. Contohnya, kamu bisa membuka akun Gmail lebih dulu, lalu menautkannya dengan akun Yahoo atau lainnya, kemudian mengubah namanya menjadi satu email. Ini akan memudahkan kamu mengakses semua email milikmu di satu tempat.

 

2. Tetap ikuti teman / rekan kerjamu

Tips Produktif

Membangun hubungan sangat penting, jadi jika kamu bekerja di perusahaan tertentu, maka kamu perlu bergabung dengan grup obrolan perusahaanmu. Jika kamu adalah freelancer, maka penting untuk menjalin hubungan dengan orang dari profesi yang sama, serta tetap mengikuti keadaan teman-teman. Kamu dapat melakukannya melalui grup Facebook, grup WhatsApp, grup BBM, atau media sosial lain yang mendukung pekerjaanmu.

Tetaplah mendapatkan informasi tentang berbagai hal yang terjadi terkait dengan lingkungan kerjamu. Ini penting untuk peningkatan.

 

3. Tambahkan berbagai aplikasi yang mendukung pekerjaanmu

Tips Produktif

Ada banyak aplikasi yang dapat mendukung pekerjaanmu. Jika kamu harus sering-sering memeriksa dokumen, maka akan lebih mendukung jika ponselmu memiliki aplikasi Office dan PDF Reader. Keduanya terdapat di Windows Phone kok. Selain itu, beberapa lingkungan kerja mengharuskan aplikasi yang spesifik. Dari pengalaman saya sendiri sebagai penerjemah, Skype adalah aplikasi yang paling sering digunakan oleh penerjemah dan Agensi di seluruh dunia dalam mengoordinasikan proyek terjemahan, jadi adanya Skype di Lumia (dan berfungsi cukup optimal di sini) benar-benar mendukung pekerjaan saya.

 

4. Tetapkan jadwal dan to do list di smartphone kamu

Tips ProduktifBanyak motivator dan guru manajemen mengatakan bahwa 10 menit perencanaan akan menjadikan hari kamu lebih baik. Sejauh ini, itu saya praktikkan dan memang berhasil! Saya selalu menetapkan rencana harian di malam sebelumnya (atau bahkan jauh sebelumnya untuk acara khusus) di Lumia. Saya juga mengelola berbagai proyek yang saya terima dengan aplikasi To Do List. Saya pribadi menggunakan aplikasi berbayar 2Day karena cocok dengan fitur fitur Live Tile-nya yang menampilkan seluruh tugas saya serta juga aplikasi tersebut memungkinkan saya memantau berapa persen proyek yang telah saya kerjakan. Namun, jika kamu ingin berhemat, menurut saya Wunderlist juga cukup menjanjikan. Apalagi aplikasi ini bakal didukung penuh oleh Microsoft (karena Microsoft sudah mengakuisisinya).

 

5. Mencatat segala sesuatu di Windows Phone lebih mudah dengan OneNote!

Tips Produktif

Untuk kamu yang profesional, membuat catatan dengan cepat merupakan salah satu hal yang penting untuk mendukung pekerjaan kamu. Di sini Windows Phone sudah memiliki aplikasi OneNote yang terpasang secara default. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini secara optimal untuk mendukung aktivitas harian kamu. Winpoin sebelumnya juga membahas berbagai tips untuk menggunakan OneNote bagai seorang pro yang memungkinkan kamu mengelola seluruh data pencatatan kamu serta melihatnya dengan cepat untuk mendukung aktivitas! Selain OneNote, beberapa aplikasi pencatat alternatif seperti Evernote dan Perfect Note mungkin juga cocok dengan gaya kamu dan dapat dicoba.

 

Dengan berbagai tips di atas, kamu dapat memanfaatkan Windows Phone kamu untuk perangkat yang lebih produktif dan mendukung pekerjaan kamu. Dengan demikian, kamu dapat memperoleh manfaat optimal dalam memiliki smartphone, khususnya Windows Phone, yang mana sebenarnya sangat berguna untuk mendukung seluruh pekerjaan kamu, baik kamu bekerja secara profesional atau masih berstatus pelajar.

Punya tips lain dalam memanfaatkan Windows Phone untuk mendukung aktivitas keseharian kamu? Tuangkan pendapatmu di kolom komentar!

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta