Home PC Mengenal Focus Assist di Windows 10 — Fitur untuk Mencegah Gagal Fokus

Mengenal Focus Assist di Windows 10 — Fitur untuk Mencegah Gagal Fokus

Fokus adalah hal langka di tengah gempuran notifikasi yang makin merajalela

Mengenal Focus Assist di Windows 10 — Fitur untuk Mencegah Gagal Fokus

Focus Assist di Windows 10 terdengar seperti sebuah fitur baru, tetapi sebenarnya tidak. Focust Assist ini merupakan evolusi dari Quiet Hours yang selain berganti nama, juga mendapatkan beberapa tambahan konfigurasi baru.

Apa Manfaat Focus Assist?

Seperti yang kamu tahu, Windows 10 memiliki fitur notifikasi — yang meskipun membuat kita tidak ketinggalan berbagai hal penting, tetapi terkadang membuat kita sulit fokus dan terganggu saat bekerja ataupun bermain game.

Nah melalui Focus Assist, kamu bisa mematikan notifikasi dengan menyisakan yang prioritas saja, alarm saja, atau mematikan semuanya secara total — sehingga fitur notifikasi tidak sampai membuat kamu gagal fokus dan terdistraksi terus menerus.

Cara Mengaktifkan Focus Assist

Mengenal Focus Assist di Windows 10 — Fitur untuk Mencegah Gagal Fokus

Focus Assist bisa kamu temukan di Action Center Windows 10 Spring Creators Update. Jadi kamu tinggal buka saja Action Center dengan klik iconnya di pojok kanan taskbar. Lalu tekan expand untuk memunculkan semua tombol Quick Actions.

Nah disitu klik saja Focus Assist untuk mengaktifkannya, klik lagi untuk mengubah ke Priority Only, Alarm Only, dan Off.

Cara Konfigurasi Focus Assist

Agar bisa memanfaatkan fitur ini dengan lebih baik, kamu juga bisa melakukan konfigurasi lebih mendalam melalui Settings. Klik kanan saja Focus Assist > Go to Settings.

Setelah itu kamu akan mendapati berbagai macam opsi Automatic Rules. Ada opsi agar Focus Assist aktif otomatis di jam-jam yang kamu tentukan, saat presentasi (duplicate display), saat bermain game, dan saat di rumah.

Mengenal Focus Assist di Windows 10 — Fitur untuk Mencegah Gagal Fokus

Masing-masing opsi bisa kamu klik untuk mengatur lebih lanjut tentang mode Focus Assist yang kamu inginkan.

Mengenal Focus Assist di Windows 10 — Fitur untuk Mencegah Gagal Fokus

 

Manfaatkan Agar Tidak Gagal Fokus

Di era yang semakin penuh sesak dengan distraksi notifikasi, saat ini fokus merupakan hal yang sangat sulit untuk dicapai. Jika dulu gempuran notifikasi hanya bisa kita rasakan di smartphone, kini di laptop dan PC pun kita bakal mendapatkan gempuran notifikasi dan distraksi yang sama.

Karena itu pastikan kamu memanfaatkan fitur Focus Assist ini kapanpun kamu memerlukan fokus. Entah saat kamu mengerjakan tugas sekolah / kuliah, bekerja untuk mengejar deadline, atau sekedar pengen nge-game tanpa gangguan.

Semoga tips ini bermanfaat, dan kunjungi terus WinPoin untuk info terupdate seputar Windows.

  Headline: iPhone Dual SIM, macOS Dark Mode, iOS 12, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.