Winpoin sebenarnya sudah beberapa kali membahas tentang Windows Task Manager, namun ketika Windows 10 dirilis, sepertinya Winpoin masih belum sempat memperbarui tutorial tentang Task Manager ini. Dari Task Manager, kamu akan mendapatkan informasi yang bermanfaat mengenai penggunaan resource sistem kamu secara keseluruhan. Nah, untuk ‘update’ informasi Task Manager Windows 10 ini, saya akan berfokus menjelaskan aneka terminologi dan fungsi Task Manager, siapa tahu ini akan bermanfaat bagi kamu saat menggunakannya memantau sistem milikmu.

 

Cara membuka Task Manager

Windows menawarkan banyak cara untuk membuka Task Manager. Salah satunya adalah dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc. Kamu juga bisa klik kanan pada Windows task bar, lalu memilih Task Manager.

Masih penasaran dengan cara lainnya? Winpoin pernah menuliskan 9 cara untuk membuka Task Manager di Windows 10 sebagai referensi kamu!

 

Panel Task Manager

1| Tampilan Sederhana (Simple View)

Jika baru pertama kali membuka Task Manager, maka kamu akan melihat jendela yang kecil dan sederhana. Jendela ini menampilkan semua aplikasi yang berjalan di desktop kamu, dengan mengecualikan aplikasi background. Kamu bisa memilih aplikasi tertentu dan mengklik “End Task” untuk menutupnya. Ini bermanfaat jika sebuah aplikasi yang kamu buka mengalami freeze atau tidak bekerja dan kamu tidak bisa menutupnya dengan cara normal.

Kamu juga bisa mengklik kanan aplikasi yang dicantumkan untuk mengakses lebih banyak opsi:

  • Switch To: Beralih ke jendela aplikasi, memajukannya ke depan desktop dan menjadikan kamu bisa berfokus padanya. Ini bermanfaat jika kamu tidak yakin jendela mana yang dikaitkan dengan aplikasi tertentu. Misalnya kamu memilih Chrome, maka kamu bisa melihat apakah software Chrome ini yang benar-benar macet, atau software lainnya.
  • End Task: Mengakhiri proses. Ini bekerja mirip seperti tombol “End Task”.
  • Run New Task: Ini akan membuka jendela Create New Task, yang mana kamu bisa menentukan program, folder, dokumen, atau alamat website tertentu dan Windows akan membukanya untuk kamu.
  • Always On Top: Menjadikan Task Manager tampil selalu di depan di jendela lain desktop kamu, sehingga memungkinkan kamu lebih mudah memeriksanya.
  • Open File Location: Membuka jendela File Explorer yang menampilkan lokasi file .exe program yang kamu buka.
  • Search Online: Melakukan pencarian Bing untuk nama aplikasi dan nama file. Ini akan membantu kamu mengetahui program apa yang sedang dijalankan dan apa sebenarnya maksud program tersebut.
  • Properties: Membuka jendela Properties untuk file .exe program. Di sini kamu bisa melakukan tweak terhadap misalnya opsi kompatibilitas dan nomor versi program.

Saat Task Manager terbuka, kamu akan melihat ikon Task Manager di area notifikasi kamu. Ini menunjukkan berapa banyak resource CPU (central processing unit) yang saat ini digunakan di sistem kamu, dan kamu bisa menggerakkan mouse untuk melihat memori, disk, dan penggunaan jaringan.

Kamu juga bisa mengatur agar Task Manager mudah dilihat dari tray icon. Klik Options > Hide When Minimized dalam antarmuka Task Manager dan meminimalkan jendela Task Manager.

 

2| Tampilan Detail Lebih Banyak

Untuk melihat tampilan Task Manager yang lebih canggih dan menyeluruh, klik pada “More Details” di bawah jendela tampilan sederhana yang tadi terbuka. Maka kamu akan langsung mendapatkan interface dengan banyak tab. Task Manager akan mengingat preferensi kamu dan akan membuka ke tampilan yang lebih canggih nantinya. Jika kamu ingin kembali, cukup klik “Fewer Details.

Dengan memilih opsi More Details, Task Manager menyertakan tab sebagai berikut:

  • Processes: Daftar aplikasi yang sedang berjalan dan proses background yang berjalan di CPU, memory, disk, jaringan, GPU, juga informasi pemanfaatan sumber daya lainnya.
  • Performance: Grafik real-time menampilkan memori, disk, jaringan, dan GPU yang dapat digunakan oleh sistem kamu. Kamu bisa menemukan detail lainnya di sini, bahkan saking banyaknya, mungkin kamu tidak akan sempat merasakan itu semua.
  • App History: Informasi tentang berapa banyak resource CPU dan jaringan yang digunakan untuk akun pengguna kamu. Untuk sementara, ini hanya berlaku pada Universal Windows Platform (UWP) apps
  • Startup: Daftar program yang langsung otomatis aktif saat kamu login awal di Windows kamu. Jika ada program yang menurut kamu terlalu boros resource, kamu bisa mengecualikannya dari Startup dengan membuka Settings > Apps > Startup.
  • Users: Nama akun yang saat ini login ke PC. Task Manager juga akan mencatat berapa besar sumber daya yang digunakan dan aplikasi apa yang saat ini sedang berjalan.
  • Details: Informasi lebih terperinci mengenai proses yang berjalan dalam sistem
  • Services: Manajemen layanan sistem. Ini merupakan informasi yang diterima dari  services.msc. Konsol manajemen Services.

Nah, demikianlah cara membuka Task Manager beserta penjelasan tentang fitur-fitur yang ada di dalamnya serta bagaimana membaca keterangan pada panel Task Manager. Bagaimana cara mengelola proses di Task Manager, saya akan mengungkapnya di artikel selanjutnya!

  Secepat Apa Smartfren 5G..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.