Windows 10 yang sekarang hampir menggunakan Fluent Design disetiap elemennya, yang sepertinya sudah mencapai tahap yang lebih maju, jika diperhatikan saat Windows 10 dirilis tahun 2015 lalu, tampilannya masih sedikit membawa Windows 8.1, sedikit, namun seiring berjalannya waktu, di Windows 10 Fall Creators Update, Microsoft memperkenalkan sebuah gaya baru, yaitu Fluent Design System.

Tentu saja perkembangannya makin terasa, karena bisa dibilang Windows 10 semakin lebih baik dibanding sebelumnya, meski harus saya katakan bahwa Windows 7 masih lebih bagus dalam hal kestabilan system, namun Windows 10, oke dan futuristik. Terkait dengan futuristik, beberapa minggu lalu, sempat muncul Rumor bahwa mungkin kedepannya Windows 10 akan memilki sudut yang membulat, ya kamu bisa membaca artikel yang saya tulis di (Windows 10 Fluent Design Akan Membawa Sudut Yang Membulat! Akhir dari Metro UI?), dan meskipun masih perencanaan, namun sebuah proposal untuk mengubah sudut runcing di Windows 10 menjadi bulat sudah ada di GitHub loh. Dan dengan itu, mungkin saja kedepannya memang benar Windows 10 akan membawa sudut yang membulat.

Windows 10 Fluent Design Akan Membawa Sudut Yang Membulat! Akhir dari Metro UI?
Sumber : Windows Central

Sudut Windows yang membulat mengingatkan saya pada Windows 7

Pengguna Windows 7 pasti masih ingat dimana Windows dengan Windows Aeronya, setiap Windows yang dibuka setiap sudutnya akan membulat, dan misalkan nih, Windows 10 akan kembali membawa design Windows yang membulat, maka mungkin nih mungkin.. pengguna Windows 7 lama akan kembali merasakan nostalgia.

Apa Yang Terjadi Jika Windows 7 Dimatikan.
Jaman Internet Susah!

Namun kawan kawan Winpoin semua, menurut pendapat saya pribadi nih, sudut yang membulat akan lebih cocok dengan tampilan transparan ala Windows Aero di Windows 7 yang jujur aja keren banget di masanya, lihat aja gambar diatas, jika Windows 10 dengan Fluent Designnya membawa Sudut membulat, saya rasa agak sedikit aneh aja.

Menurutmu Bagaimana Jika Windows 10 Memiliki Sudut Yang Membulat?

Fluent Design Lebih Cocok Dengan Sudut Tajam dan Gagah

Sekarang semejak Windows 10 dikabarkan akan menjadi Windows terakhir, banyak pengembang software yang menyesuaikan dengan memberikan User Interface yang senada dengan Windows 10, sebut saja Microsoft Office yang sejak Office 2013 sudah memberikan sudut yang runcing atau antivirus rata rata memberikan UI yang runcing dan gagah, dan masih banyak lagi software dengan User Interface yang disesuaikan dengan Windows 10.

Tutorial Lengkap Cara Aktivasi Microsoft Office 2016

Dan sekali lagi menurut saya pribadi, mengubah Windows menjadi membulat akan menjadikan beberapa software menjadi tidak senada, dan terkesan tidak konsisten, jadi jelek aja gitu. Ya meskipun Sravya Vishnubhatla Program Manager di Microsoft’s Windows Fluent Design team, mengatakan “Update default control styles with rounded corners and make them easy to customize. Developers should not have to retemplate the controls to “unround” the corners or round them further,” atau jika ditranslatekan “Mengubah gaya kontrol dengan sudut yang membuat akan membuatnya mudah untuk disesuaikan, pengembang tidak perlu meretemplate kontrol untuk meng “unround” sudutnya atau membulatkannya lebih jauh”.

Sudut Membulat Sedang Dalam Tahap Prototype!

Berdasarkan informasi dari News Softpedia, saat ini Microsoft sedang mengembangkan Sudut membulat ini, dan sekarang masih dalam phase Prototype, yang mana mungkin akan beneran dirilis di Windows 10 tahun 2020 nanti.

Bagaimana Menurutmu?

Saya sendiri lebih memilih gaya yang tajam dan tegas, jika Windows 10 masih menggunakan Fluent Design, beda halnya jika mungkin Windows 10 membawa Windows Aero, mungkin saya akan setuju dengan sudut membulat ini. Mungkin memang sebagian akan menyebutnya futuristik dan keren tentunya, tapi bagi pengguna Windows Xp, Vista, dan 7, sudut membuat itu udah biasa.

Bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah kawan kawanku semua, apakah kamu setuju jika Windows 10 memiliki sudut yang membulat? atau tidak setuju?

  Ada yang Aneh di Xiaomi Mi A3  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.