OneNote tidak disangkal lagi merupakan aplikasi catatan lintas perangkat yang powerful dan multiguna. Jika kamu sering menggunakan banyak perangkat, maka menggunakan OneNote akan sangat membantu kamu saat perlu untuk membuka catatan di perangkat lain secara berkelanjutan. Untuk kamu yang penasaran ingin memanfaatkan OneNote secara optimal, kamu bisa membaca artikel saya tentang cara menggunakan OneNote layaknya seorang Pro. Biasanya, selain dapat menginstalnya langsung dari Microsoft Store, kamu juga akan mendapatkan OneNote sebagai bagian dari paket Office jika menginstal seluruh paket secara utuh. Nah, untuk paket Office Desktop ini, sayangnya di edisi paket berikutnya, Microsoft berencana untuk tidak lagi menyertakan OneNote!

Microsoft mengonfirmasi bahwa untuk Office 2019 yang akan keluar pada akhir tahun ini, Microsoft tidak akan membuat versi desktop untuk OneNote. Ini menjadikan pengguna ‘didorong’ untuk langsung mengunduhnya dari Microsoft Store. Alasan Microsoft adalah, OneNote pada versi yang bisa kita unduh dari Microsoft Store rajin diperbarui dan selalu up-to-date. Sedangkan untuk versi desktop, tentu saja harus menanti rilisan software Office selanjutnya dari Microsoft. Tentu saja ini akan menjadikan versi desktop ‘ketinggalan jaman’.

Para blogger dan penggemar Microsoft tentu saja memprotes keputusan ini. Ada satu fitur utama dari versi desktop yang tidak dimiliki oleh versi Microsoft Store: local storage. Jika kamu membuat catatan di OneNote versi desktop, maka catatan tersebut selain disinkronkan dengan cloud, juga akan disimpan pada desktop kamu. Keuntungannya, jika kamu bekerja secara offline, maka kamu tidak perlu bingung karena semua catatanmu tetap diakses dengan mudah. Untuk versi Microsoft Store, meskipun sinkronisasi sangat ringan, tetap saja kamu memerlukan koneksi internet untuk dapat membuka catatannya. Jika demikian, maka OneNote tidak memiliki kelebihan lagi atas Evernote yang merupakan software catatan pesaing berat OneNote.

Bagaimana pendapat kamu tentang keputusan Microsoft ini? Apakah menurut kamu tidak mengapa jika OneNote versi desktop dihapuskan? Ungkapkan pendapat kamu di kolom komentar!

 

 

Sumber: HowtoGeek

  Stop Kontak Pintar, Sepintar Apa?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.