Microsoft: Edge Lebih Kencang dan Aman daripada Chrome (Video)

Beberapa Tahun belakangan ini Microsoft memang gemar mematikan berbagai produknya. Setelah Windows Phone (Windows 10 Mobile) dan Groove Music, kini giliran Edge yang bakal dimatikan. Menjadi browser bawaan Windows 10 sejak awal kemunculannya, Edge sampai saat ini memang kurang laku di kalangan pengguna Windows. Browser ini menggunakan rendering engine sendiri yang bernama EdgeHTML, dan kabarnya Microsoft menyerah dengan EdgeHTML dan tengah membuat browser baru berbasis Chromium — yang menggunakan rendering engine seperti di Google Chrome, yaitu Blink.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari.

Perkenalkan “Anaheim”, Browser Pengganti Edge

Browser baru Microsoft yang berbasis Chromium ini kabarnya memiliki codename “Anaheim”. Browser ini bakal menggantikan Edge sebagai browser bawaan Windows 10. Masih belum jelas apakah nantinya begitu dirilis “Anaheim” bakal tetap menggunakan nama Edge atau benar-benar memiliki nama baru, tetapi yang pasti riwayat EdgeHTML di Windows 10 dipastikan tamat.

Berbasis Chromium, Kenapa?

Opera 51 Dirilis: Lebih Kencang dari Firefox Quantum?

Sebenarnya tidak mengherankan kalau Microsoft bakal menggunakan Chromium untuk browser pengganti Edge. Seperti yang kamu tahu, Edge di iOS dan Edge di Android menggunakan rendering engine native dari kedua platform tersebut. Jadi bukan hal baru jika Microsoft menggunakan rendering engine milik pihak ketiga.

Dengan berbasis Chromium, maka browser besutan Microsoft ini jadi lebih punya peluang untuk bersaing dengan Chrome, Firefox, Opera, dll — atau setidaknya bisa kompatibel dengan berbagai ekstensi populer dari Google Chrome.

Team Microsoft sendiri juga diketahui sudah mulai terjun ke Chromium Project untuk membantu browser Chrome bisa berjalan di platform ARM. Nah bisa jadi ini juga upaya untuk memuluskan langkah dalam membuat browser baru berbasis Chromium yang bakal jalan di Windows 10 ARM.

Bagaimana pendapat kamu dengan dimatikannya EdgeHTML dan digunakannya Chromium untuk browser bawaan Windows 10?

Sampaikan pendapat kamu di kolom komentar.

via windowscentral