Sebuah fitur baru yang cukup penting kali ini telah ditambahkan Microsoft untuk Microsoft Defender (yang sebelumnya disebut dengan Windows Defender), dimana kabarnya kini aplikasi Antimalware tersebut akan mendapatkan UEFI Protections sehingga pengguna nantinya akan diperingatkan seandainya ada serangan malware pada firmware perangkat mereka.

Microsoft menjelaskan bahwa UEFI Scanner dalam Microsoft Defender ATP ini akan membaca file system firmware saat runtime dengan berinteraksi dengan chipset motherboard.

“The new UEFI scanner reads the firmware file system at runtime by interacting with the motherboard chipset” Microsoft mencatat.

Selain itu, untuk mendeteksi ancaman, fitur ini juga akan melakukan analisa dinamis menggunakan beberapa komponen seperti UEFI Anti Rootkit yang mencapai firmware melalui Serial Peripheral Interface (SPI), Full Filesystem Scanner, dan Detections Engine yang akan berfungsi untuk mengidentifikasi exploit dan malicious behavior.

Seandainya jika ada keanehan yang terdeteksi, system akan melaporkannya melalui aplikasi Windows Security dibawah bagian Virus & threat protection > Protection History. Dan dalam kasus pengguna Microsoft Defender ATP Enterprise, deteksi akan tampil sebagai peringatan di Microsoft Defender Security Center.

Nah hal ini tentunya adalah sebuah kabar baik bagi mereka pengguna Windows 10, terutama bagi mereka yang menggunakan Microsoft Defender (yang sebelumnya dikenal dengan Windows Defender) pada perangkat mereka. Karena dengan ini tentunya tingkat keamanan dan proteksi yang diberikan sangat jauh ditingkatkan dibandingkan sebelumnya.

Terkait hal ini kamu dapat mempelajari UEFI Protections ini pada halaman Microsoft berikut.

Nah bagaimana menurutmu mengenai fitur baru ini? silahkan berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.

Sumber : Microsoft

  NOSTALGIA BOS...!!! NOKIA 5310 XPRESSMUSIC REBORN! 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.