Beberapa waktu yang lalu, Winpoin sempat memberitakan bahwa support untuk Windows 10 Mobile adalah sampai Desember 2019 (dengan catatan mungkin diperpanjang). Akan tetapi blogger All About Windows Phone, Steve Litchfield, baru saja menemukan fakta bahwa Microsoft melakukan ‘penyesuaian’ terhadap halaman info dan supportnya, sehingga menunjukkan bahwa support Windows 10 Mobile adalah hingga April 2019!

Ini semua berawal dari sekitar enam bulan lalu, yang mana Microsoft menyebutkan “28 bulan” sebagai periode dukungan untuk setiap cabang Windows 10. Kalau kamu menganggap waktu itu terlalu singkat, maka bahkan sebelumnya lagi, waktu dukungannya adalah 42 bulan. Lebih buruk lagi, per Februari 2018, Microsoft melakukan ‘update’ pada halaman support tersebut dan mengubah lama dukungan menjadi ‘hanya’ 18 bulan.

Keterangan ini bisa kamu cek di Windows lifecycle fact sheet yang diperbarui pada Februari 2018, menyebutkan versi Windows 10 1709 (Fall Creators Update) akan berakhir dukungannya pada 9 April 2019.

Apa hubungannya ini dengan Windows 10 Mobile? Seperti yang sudah pernah diberitakan Winpoin sebelumnya, versi terakhir Windows 10 Mobile yang diterima sampai habis masa dukungan adalah 1709 (Fall Creators Update)! Windows 10 Mobile tidak akan menerima peningkatan versi setelahnya.

Lalu apakah bukti bahwa Microsoft mengutak-atik masa akhir dukungan ini? Kamu bisa memeriksa halaman tersebut sebelum dilakukan ‘pembaruan oleh Microsoft’ dengan memanfaatkan tool yang disebut Internet Archive. Beginilah screenshot masa akhir dukungan Windows 10 versi 1709 sebelum diubah oleh Microsoft.

via All About Windows Phone

Seperti yang kamu lihat, di screenshot tersebut Microsoft menampilkan versi 1703 (Creators Update) yang kini telah diperbarui menjadi 1709. Masa dukungan ‘asli’-nya adalah hingga 13 Oktober 2020. Dalam artian, harusnya perangkat Windows 10 Mobile yang resmi mendapatkan dukungan versi tersebut (dalam hal ini Lumia 950, Lumia 650, Alcatel Idol 4S for Windows, HP Elite X3, dan beberapa perangkat lain) harusnya mendapatkan dukungan hingga 2020, sebelum Microsoft menguranginya menjadi Desember 2019, dan kini dikurangi lagi menjadi April 2019!

Untuk mempelajari selengkapnya tentang dukungan Windows 10 Mobile, kamu bisa membuka halaman dukungan Microsoft khusus Windows 10 Mobile. Di situ dijelaskan berbagai cabang versi Windows 10 Mobile beserta tanggal akhir dukungannya.

Jika kamu memeriksa halaman FAQ (yang sepertinya belum diperbarui oleh Microsoft karena masih menampilkan versi 1703 Creators Update) maka kamu akan mendapatkan keterangan: “Mulai Windows 10 Mobile, Microsoft akan menjadikan update tersedia untuk OS di ponsel Anda, termasuk update keamanan, minimal 24 bulan setelah tanggal mulainya siklus masa pakai”.

Dari pembaruan keterangan ini, dapat disimpulkan adanya ‘perubahan rencana’ di pihak Microsoft, namun hal ini juga sudah kita perkirakan bersama sejak setahun yang lalu, karena memang tidak relevan memberikan dukungan terlalu panjang pada proyek yang sudah dihentikan. Jika kamu merupakan pengguna Windows 10 Mobile, maka memang kamu harus bersiap kapan saja jika terjadi ‘perubahan rencana’ semacam itu yang mengakibatkan makin singkatnya masa pakai perangkat Windows 10 Mobile.

Bagaimana pendapat kamu terhadap kabar (yang entah mengejutkan atau memang  sudah kita perkirakan) ini? Luapkan emosi kamu di kolom komentar! *Dan saya kabur

 

Update: Setelah mempelajari berbagai sumber yang disampaikan teman kita, Yepp.

Saya mengakui bahwa kesimpulan saya terlalu terburu-buru karena bisa jadi bahwa perubahan support pada build yang sama di Windows 10 belum tentu juga sama dengan Windows 10 Mobile. Untuk amannya kita bisa beranggapan bahwa support berakhir “April atau Desember 2019”. Untuk kebenarannya, hanya Tuhan dan Microsoft yang tahu. Untuk kesalahan persepsi tersebut, saya mohon teman-teman memaafkan.

via: All About Windows Phone

  Resiko Beli Nokia 8 di 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.