Mulai di Windows 10 Insider Preview Build 20277 dan 21277, Microsoft telah menambahkan sebuah tool baru di folder system32. Tool ini adalah diskusage.exe yang dapat dijalankan melalui CMD atau Powershell dan memungkinkan pengguna untuk melihat dan menganalisis konten di hard drive yang pengguna miliki.

Image Via : DeskModder

Untuk kamu pengguna Windows 10 Insider Preview Dev, kamu bisa mencoba membuka tool ini dengan melihat opsi help nya terlebih dahulu dengan menggunakan perintah:

diskusage /?

Disana kamu akan melihat banyak sekali informasi mengenai cara penggunaan tools, termasuk dokumentasi lainnya.

Sebagai contoh seperti pada gambar diatas, untuk melihat dan menampilkan folder dengan ketentuan lebih besar dari 1 GB, pengguna bisa menggunakan perintah:

diskusage / minFileSize = 1073741824 / h C: \ Windows

Mengenai tool ini, tentu untuk beberapa pengguna ini akan cukup bermanfaat, terutama bagi mereka yang penasaran folder dan file apa sajakah yang cukup memakan storage perangkat yang pengguna gunakan.

Sayangnya untuk sekarang tool ini hanya tersedia di Windows 10 Insider Preview Dev Channel saja, namun meskipun begitu, meskipun tool ini sangat sederha, ini pantas untuk dicoba.

Nah bagaimana menurutmu mengenai tool ini? sudahkah kamu mencobanya?, silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah.

Via : DeskModder

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.