Bulan Oktober tahun 2019 lalu, Microsoft secara resmi memperkenalkan perangkat layar ganda mereka, Surface Neo dan Surface Duo, dan demi mendukung perangkat tersebut, Microsoft juga dikabarkan tengah mengembangkan dukungan layar ganda pada browser mereka, Microsoft Edge Chromium.

Seperti dikutip dari Windows Latest, dalam Chromium Gerrit menunjukan adanya “Dual Screen Emulations” di Chromium yang mengindikasikan dukungan untuk perangkat layar ganda. Dukungan ini tampaknya untuk sekarang difokuskan untuk mendukung Surface Duo dan perangkat Samsung Galaxy Fold. Untuk fungsinya sendiri, Microsoft menjelaskan sebagai berikut:

  • Device orientation spec is extended to include dual-screen mode.
  • Horizontal spanned and vertical spanned.
  • Device may have a hinge in dual screen mode, which is shown if provided.

“Emulation bar has an extra button to span: extending the device view from a single screen to dual screen,” catat Microsoft.

Sebagai contoh dari dukungan ini, nantinya ketika perangkat membuka Youtube misalnya, satu halaman akan memperlihatkan playback video, sedangkan satu layar lagi akan memperlihatkan komentar atau related video.

Ini tentunya merupakan sebuah langkah yang bagus dari Microsoft demi menambah pengalaman menggunakan browser mereka, terutama dalam perangkat layar ganda. Tetapi dari sudut pandang web developer, tentu nantinya mereka harus bekerja extra untuk menerapkan dukungan web mereka agar menyesuaikan dengan dual screen support ini.

Terkait hal ini, kamu bisa mempelajari Emulations Dual Screen Support Frontend pada halaman Chromium berikut.

Via : Windows Latest

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.