via MSPoweruser

Dalam peluncuran Surface Pro 6 dan Surface Laptop 2 yang lalu, Microsoft banyak dikritik karena belum menyertakan ‘port masa depan’, yaitu USB-C. Nampaknya Microsoft memang terlecut untuk menjawab kritik tersebut, namun sekaligus tidak mengganggu pengalaman pengguna yang sudah sangat baik di Surface. Salah satu ciri khas perangkat charging adalah skema charging magnetik yang sangat mudah dan relatif aman jika ada orang tersandung kabelnya. Nah, kelihatannya Microsoft mempertahankan skema ini dan menyiapkan sistem USB-C magnetik!

Rencana ini terungkap dari paten yang diajukan oleh Microsoft. Temuan ini menggunakan magnet di ujung kabel dan colokan (pada gambar di bawah ini, ditunjukkan dalam warna kuning). Selain mempertahankan skema magnetik, kabel ini nantinya akan menggunakan USB-C yang pasti memungkinkan lebih banyak fungsi dapat disematkan terhadap perangkat tersebut.

Dengan skema ini, pengguna dapat memasangkan kabel USB-C reguler ke port, akan tetapi juga nantinya dapat melakukan charging dengan USB-C. Skema ini mirip dengan magsafe Apple di masa lalu yang akan memudahkan pengguna menghindarkan diri dari kecelakaan yang lebih parah jika ada seseorang yang tersandung kabel saat melakukan charging.

Paten tersebut diajukan pada Mei 2018, dan baru saja diterbitkan beberapa hari lalu. Sepertinya Microsoft masih bekerja keras untuk mengeksekusi pelaksanaan sistem ini. Jika berhasil diwujudkan, sepertinya akan banyak pengguna yang setuju dan mendukung agar charger semacam ini menjadi standar baru Microsoft untuk semua perangkatnya.

 

Sumber: MSPoweruser

  RIP Windows Phone  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.