Home News Microsoft Memblokir Semua Update Keamanan Windows 7 Kecuali Kalau Kamu Memiliki Antivirus

Microsoft Memblokir Semua Update Keamanan Windows 7 Kecuali Kalau Kamu Memiliki Antivirus

Microsoft memutuskan untuk menahan update keamanan dari pengguna Windows 7 yang tidak memasang antivirus di perangkatnya. Mengapa ini terjadi dan apa penyebabnya? Bagaimana mengatasinya?

Ini semua adalah akibat patch yang dirilis Microsoft untuk mengatasi Meltdown dan Spectre yang digulirkan melalui Windows Update. Microsoft mendapati bahwa banyak aplikasi antivirus yang tidak kompatibel dengan update tersebut serta menyebabkan blue screen.

Untuk mencegah sistem Windows menjadi tidak stabil, maka Microsoft kemudian memutuskan untuk menahan patch keamanan dari semua sistem Windows secara default. Microsoft meminta perusahaan-perusahaan antivirus agar menyesuaikan kompatibilitasnya dengan update. Jika ada key khusus (hasil penyesuaian perusahaan antivirus terhadap programnya), maka patch akan diinstal. Jika tidak, maka patch tidak akan diinstal. Ini memberikan perusahaan-perusahaan antivirus waktu untuk memperbarui dan menguji software miliknya. Secara singkat, tujuan Microsoft adalah menghindarkan mesin menjadi tidak stabil akibat update yang diinstal.

Mengapa pengguna Windows 7 terkena masalah akibat kebijakan ini?

Jika kamu menginstal antivirus, maka antivirus ini akan menetapkan registry untuk kamu, sehingga kamu dapat menerima update. Namun jika kamu menggunakan aplikasi antivirus lama yang tidak kompatibel, maka aplikasi menolak untuk menetapkan key tersebut. Microsoft akan menahan update keamanan untuk melindungi stabilitas sistem milik kamu.

Namun, untuk Windows 7, terdapat masalah: Jika kamu tidak memiliki antivirus terinstal, maka tidak ada antivirus yang akan menetapkan registry, dan akibatnya, maka Windows tidak akan menginstal update keamanan. Jadi ini seperti lingkaran setan. Kita memerlukan antivirus untuk menginstal registry key yang memungkinkan mendownload update untuk mencegah error akibat perangkat lunak antivirus yang buruk.

via howtogeek

Intinya, kamu harus menginstal antivirus yang bagus agar perangkat Windows 7 kamu mau menginstal update untuk mengatasi Meltdown dan Spectre.

 

Cara mengatasi masalah ini

Microsoft menyarankan untuk menginstal antivirus jika kamu masih menggunakan Windows 7. Microsoft Security Essentials adalah salah satu yang terpercaya. Meskipun tidak begitu powerful, setidaknya ini memungkinkan kita menginstal update untuk mengatasi Spectre dan Meltdown.

Situs dukungan Microsoft memberikan key yang perlu kamu atur. Buka Registry Editor dengan menekan tombol Windows + R, kemudian ketikkan Regedit. Kemudian buka lokasi berikut ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\QualityCompat

Klik kanan key QualityCompact, pilih New >DWORD (32-Bit) Value, dan masukkan value baru dengan nama berikut:

cadca5fe-87d3-4b96-b7fb-a231484277cc

Biarkan nilai barunya ditetapkan ke “0x00000000”. Setelah itu kamu dapat menutup Registry Editor.

via HowtoGeek

Nah, dengan menginstal antivirus lalu menetapkan key ini, maka kamu akan bisa download update keamanan guna mengatasi Meltdown dan Spectre tanpa membahayakan stabilitas perangkat kamu.

Ada tips lain untuk melakukan hal ini? Sumbangkan skill kamu di kolom komentar!

 

Sumber: How to Geek

  Headline: iPhone Dual SIM, macOS Dark Mode, iOS 12, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta