Belum lama setelah Patch Tuesday yang biasa dirilis oleh Microsoft tiap bulan, perusahaan yang berbasis di Redmond ini sudah menggulirkan update kumulatif untuk beberapa versi Windows 10. Update yang digulirkan sejak dua hari yang lalu ini diperuntukkan bagi para pengguna yang menjalankan versi 1803, 1709, 1703, dan 1607.

Untuk kamu yang menjalankan versi April 2018 Update, file yang diunduh nantinya akan berkode KB4346783 dan ini akan mengubah nomor build menjadi 17134.254. Apa saja perbaikan yang kamu dapatkan? Kamu bisa memeriksa changelog resmi berikut:

  • Mengatasi masalah di aplikasi Microsoft Foundation Class yang mungkin menyebabkan flicker pada aplikasi.
  • Mengatasi masalah yang mana sentuhan dan mouse akan ditangani berbeda dalam aplikasi Windows Presentation Foundation (WPF) yang sudah memiliki lapisan jendela overlay transparan.
  • Mengatasi masalah reliabilitas dalam aplikasi yang memiliki nesting Window
  • Mengatasi masalah dalam Universal CRT yang terkadang menyebabkan AMD64 FMOD mengembalikan hasil yang salah saat diberikan input besar.
  • Mengatasi masalah dalam Universal CRT yang menyebabkan _get_pgmptr() menghasilkan string kosong.
  • Mengatasi masalah Universal CRT yang menyebabkan isprint() menghasilkan TRUE untuk tab saat menggunakan C locale.
  • Mengatasi masalah yang mana Microsoft Edge atau aplikasi UWP lainnya tidak dapat melakukan autentikasi klien saat kunci pribadi disimpan dalam perangkat TPM 2.0.
  • Mengatasi masalah yang menyebabkan sertifikat atau pembaruan gagal dengan pesan kesalahan “Access denied” setelah menginstal April 2018 update. Masalah ini terjadi saat registry memproses dengan Process ID (ID Proses) selain semua proses kecuali SYSTEM.
  • Beberapa permasalahan lain, utamanya seputar registry.

Tapi sayangnya, ada masalah dengan patch ini. Jika kamu membuka Microsoft Edge dengan Application Guard Windows, maka kamu akan gagal membukanya. Membuka Microsoft Edge secara normal tidak akan terpengaruh. Jika kamu terkena masalah ini, maka alternatif bagi kamu adalah menunggu update selanjutnya yang akan diberikan dengan pemecahan masalah ini, atau sementara uninstal build KB4343909.

Oya, selain April Update, jika kamu menjalankan Creators Update, maka kamu akan mendapatkan file  KB4343889  yang akan mengubah nomor build menjadi 15063.1262. Masalah yang diatasi oleh update ini kurang lebih mirip dengan permasalahan pada April Update tersebut.

Untuk kamu yang menggunakan Windows Server 2016 atau Aniversary Update, maka kamu akan mendapatkan build KB4343884 yang akan juga memberikan solusi atas beberapa permasalahan yang mungkin kamu alami akibat update sebelumnya. Antara lain masalah penyedia layanan metadata musik yang menggunakan Windows Media Player dan beberapa permasalahan lainnya.

Jadi jika kamu belum mendapatkan update ini, maka kamu tinggal menuju Settings > Update and security, lalu kemudian klik Check for update untuk mendapatkan update yang kamu inginkan. Semoga update ini bisa menjadi salah satu upaya perbaikan bagi perangkat kamu. Oya, jangan lupa, untuk April Update 2018, kemungkinan masih ada bug sebagaimana yang saya sebutkan di atas, jadi kamu mungkin dapat berupaya untuk mengantisipasinya lebih dini.

 

Sumber: MSPoweruser

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.