via MSPoweruser

Apakah kamu sudah mencoba perangkat VR? Semakin banyak game yang dapat dinikmati di perangkat ini dan penerimaannya juga ternyata cukup bagus! Laporan terbaru Survei Hardware dari Steam pada Agustus 2018 menunjukkan kondisi pasar untuk berbagai headset VR. Steam memang menjadi ‘jujugan’ banyak pengguna VR karena platform ini memiliki dukungan yang kuat bagi berbagai game VR dan aplikasi lainnya. Survei ini pun menunjukkan hal yang cukup menggembirakan, yaitu adanya peningkatan penggunaan perangkat VR!

Selama empat bulan berturut-turut, ada peningkatan untuk Windows Mixed Reality, yaitu perangkat headset khusus yang menjalankan VR melalui OS Windows 10. Perangkat ini mencapai puncak pangsa pasar yaitu sebesar 7,18%!

via MSPoweruser

Sayangnya, HTC Vive, salah satu perangkat VR favorit justru menunjukkan penurunan di bulan Agustus lalu, yaitu dari 44,4% di bulan Juli menjadi 42,48% di bulan Agustus.

Feb-18 Mar-18 Apr-18 May-18 Jun-18 Jul-18 Agustus-18
Pangsa Penggunaan WMR 5,36% 5,32% 5,04% 5,89% 6,25% 6,4% 7,18%

 

Oculus Rift bersuka cita karena adanya pertumbuhan pangsa pasar dari 46,2% menjadi 47,11% di pasar.

Angka dari Steam ini memang lebih menunjukkan ‘penggunaan’, dan bukannya ‘penjualan’. Jadi untuk masalah keuntungan, siapa tahu ada angka yang berbeda. Selain itu ada juga kemungkinan orang melengkapi perangkat komputasinya dengan VR, namun jarang menggunakannya.

Bagaimana dengan angka penjualan? Ini juga menunjukkan hasil yang positif. Penjualan perangkat VR terus tumbuh dengan HTC Vive dan Oculus Rift sebagai perangkat yang paling laris terjual.

Apabila memang perangkat VR sudah mulai diterima secara luas sebagai salah satu bagian komputasi, mungkin ke depannya Microsoft akan lebih mudah untuk menjual perangkat AR/VR yang tengah disiapkannya untuk dapat dinikmati oleh konsumen: HoloLens 2.0.

 

Sumber: MSPoweruser

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.